Kesalahan 7: Sesuaikah Nama Si Tokoh?

2.1K 196 5
                                    

Buku ini sudah terbit

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Buku ini sudah terbit. Silakan ikut preorder-nya. Masa preorder 15 September - 15 Oktober. Harga buku 78.000. Tiap pembelian buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD bonus:

2 bookmark Eiffel dari kertas dan mika

3 bookmark origami (ini asli buatan saya sendiri)

Bonus terbatas untuk 100 orang pembeli pertama. Jadi, jangan sampai kehabisan bookmark-nya, ya. Kirim format pemesanan ke:

Oh ya, selain buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD, ada juga novel fantasi, MASK OF JANUS karya Quinheillim

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Oh ya, selain buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD, ada juga novel fantasi, MASK OF JANUS karya Quinheillim. Sudah pada tahu, kan? Yuk, dipesan sekarang.

***

Bagi beberapa penulis, proses mencari nama untuk para tokoh adalah kegiatan yang rumit. Hingga akhirnya memilih jalan termudah, memakai nama sesuai dengan nama yang disuka atau diinginkan dan mengabaikan identitas si tokoh yang kabur hanya karena pemilihan nama. Sebagai contohnya, ada cerita berjudul XYZ yang berlatar di Indonesia, tepatnya di Bandung. Nama si tokoh utama cowok adalah Justin, sedangkan nama tokoh utama cewek adalah Claire. Dan keduanya orang asli Indonesia, asli Bandung.

Ada yang ganjil? Ya, nama! Justin dan Claire pastinya bukan nama asli Indonesia karena tidak mungkin nama Justin tetap dilafalkan Justin, melainkan huruf u dilafalkan menjadi a. Ini ciri paling mencolok jika Justin bukan nama asli Indonesia. Indonesia tidak punya pelafalan nama seperti itu. Kecuali, kalau memang mereka punya riwayat keluarga—orangtua atau kakek-nenek—yang bukan orang asli Indonesia. Lalu, kenapa harus pakai nama yang bukan asli Indonesia jika latar belakangnya orang Indonesia tulen?

Perlu ditekankan sekali lagi bahwa nama adalah identitas pemiliknya. Jika mendengar nama Lee Minho, apa yang ada di benak kamu? Tentu kamu bisa langsung menganalisis nama Lee Minho merupakan nama khas orang Korea karena tidak ada yang memakai nama dengan model seperti orang Korea kecuali orang Korea. Lalu, Lee Minho termasuk nama yang dipakai oleh laki-laki. Marganya Lee. Dan sebagainya.

Coba jika orang Indonesia namanya Lee Minho, pastiakan ada banyak pertanyaan. Lee Minho orang mana? Dia siapa? Dan seterusnya.Selain akan dicibir juga oleh warganet dan berakhir menjadi viral. 

Jika begitu, harus bagaimana menentukan nama yang sesuai dengan tokoh cerita yang ditulis? Temukan jawabannya di buku, ya.

***   

45 Kesalahan Penulis WattpadTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang