Kesalahan 15: Bab Awal Paling Krusial

1.1K 109 4
                                    

Alhamdulillah karena antusias teman-teman, preorder akan dibuka kembali. Masih edisi terbatas, ya. Buku ini hanya bisa dipesan online. TIDAK ADA di toko buku dan hanya bisa dibeli saat preorder. Jadi, buruan beli! Jangan sampai ketinggalan lagi, ya. Yang sudah membeli buku ini saat preorder pertama bilang PUAS dengan buku ini.  

Preorder kedua ini sampai dengan tanggal 30 November. Ditunggu pesanan kamu. Dijamin nggak akan rugi!

Oh ya, ada GIVEAWAY, loh. Cek posting-an terbaru di Instagram saya (at)just_gita. Akan ada WRITING GUIDE dan WRITING CLINIC juga (info menyusul). Follow Instagram saya untuk info-info terbaru atau sharing soal kepenulisan, ya.

***

Bab awal! Beberapa penulis memiliki kesulitan dengan bab awal, bagaimana memulai suatu cerita dengan menarik. Padahal, bab awal yang menentukan apakah pembaca kamu akan berminat mengikuti cerita yang kamu tulis dari bab awal. Karena jika saja bab awal kamu tidak mampu menarik pembaca, sebagus apa pun ide kamu akan dipandang sebelah mata atau bahkan ditinggalkan begitu saja.

Bab awal juga yang menentukan nasib naskah kamu layak atau tidak untuk diterbitkan. Penilaian pertama penyunting pada sebuah naskah adalah bab awal. Ada yang menyeleksi dari tiga bab awal, ada juga yang menilainya hanya dari 10 halaman awal. Dan bahkan, jika awal ceritamu tidak mampu mencuri perhatian penyunting, mereka akan menyingkirkan naskah kamu begitu saja sebelum mencapai target baca penilaian.

Sebenarnya, kesalahan apa yang menyebabkan bab awal menjadi kurang menarik? Ada beberapa kesalahan, seperti misalnya pembuka ceritamu terlalu klise atau terlalu sering digunakan, inti cerita dimulai terlalu lambat, awal cerita terlalu bertele-tele sehingga membingungkan, dan sebagainya. Jika begitu, bagaimana cara agar bab awal terlihat menarik untuk dilirik pembaca, bahkan penyunting?

Salah satunya adalah dengan memerkuatkarakter tokohmu. Tokoh merupakan unsurcerita yang paling dicari pembaca pertama kali. Saat kamu menulis bab pertama,bangun situasi tokohmu. Apa yang mereka tahu dan lakukan? Apa yang akan merekapelajari ke depannya? Konflik apa yang sekiranya akan mereka hadapi? Ingatkarakter Harry Potter yang lemah, tetapi sangat kuat kehadirannya? Dia hanyaseorang anak yatim piatu biasa. Kematian orangtuanya dan sekolah Hogwarts-lah yang membuat peran Harry Potter menjadi kuat.

Selain itu, hal-hal apa saja yang bisa diterapkan ke dalam bab awal tulisan untuk menarik minat pembaca? Cari tahu lebih lanjut di buku, ya.

***

45 Kesalahan Penulis WattpadWhere stories live. Discover now