Kesalahan 5: Bisakah Menulis Tanpa Sinopsis?

3.3K 274 4
                                    

Buku ini sudah terbit

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Buku ini sudah terbit. Silakan ikut preorder-nya. Masa preorder 15 September - 15 Oktober. Harga buku 78.000. Tiap pembelian buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD bonus:

2 bookmark Eiffel dari kertas dan mika

3 bookmark origami (ini asli buatan saya sendiri)

Bonus terbatas untuk 100 orang pembeli pertama. Jadi, jangan sampai kehabisan bookmark-nya, ya. Kirim format pemesanan ke:

Oh ya, selain buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD, ada juga novel fantasi, MASK OF JANUS karya Quinheillim

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Oh ya, selain buku 45 KESALAHAN PENULIS WATTPAD, ada juga novel fantasi, MASK OF JANUS karya Quinheillim. Sudah pada tahu, kan? Yuk, dipesan sekarang.

***

Kata beberapa penulis Wattpad, sinopsis itu yang terpajang cantik di muka cerita—untuk spoiler isi cerita agar pembaca tertarik membeli. Atau jika bukunya sudah terbit, sinopsis itu yang ada di balik kover buku. Namun, kamu salah! Itu bukanlah sinopsis, melainkan blurb. Jangan sampai keliru karena pengertian sinopsis dan blurb sangat berbeda jauh.

Menurut KBBI, sinopsis adalah ringkasan cerita yang berisi cuplikan seluruh adegan sehingga membentuk tema cerita. Yang perlu digarisbawahi adalah seluruh adegan. Ini poin utama perbedaan sinopsis dengan blurb.

Dari penjelasan makna sinopsis di atas, sinopsismerupakan ringkasan ide yang akan dituangkan ke dalam bentuk novel ataugambaran isi dari suatu cerita secara garis besarnya. Sinopsis ditulis sebelumpenulis memulai proses menulis cerita sebagai acuan agar saat menulis tidakmenemui kendala yang membuat penulis stuckdi tengah jalan. Tepatnya, ketika ide itu muncul mulai dari bagian awal yangberisi pengenalan para tokoh dan informasi secukupnya yang akan menuntut kejalan cerita. Lalu bagian tengah yang berisi inti cerita, konflik hingga kepuncak, dan pengembangan karakter. Dan bagian terakhir yang berisi penyelesaiankonflik. 

Fungsisinopsis sendiri selain untuk mengingat ide atau gagasan yang sudah terbentukdan mengatur alur dari awal sampai akhir cerita, juga sebagai penentu suatuwajah dari karya yang akan menjadi pertimbangan pihak penerbit untuk terbitatau tidak. Penerbit yang membukalowongan penerimaan naskah selalu meminta sinopsis juga untuk persyaratan pengiriman naskah.

Jika begitu, seberapa banyak biasanya penerbit meminta sinopsis? Bagaimana cara menuliskannya? Temukan jawabannya di buku, ya.

***   

45 Kesalahan Penulis WattpadTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang