PLOT TWIST

3.4K 159 16
                                    

Hola Darla. Udah lama ya Frienda gak publish di sini. Nah hari ini Frienda hadir bawa materi lho .... Materi kali ini sangat penting bagi kalian yang hobi memberi kejutan untuk doi, eh pembaca maksudnya. Hihi.

Daripada kelamaan, langsung aja yuk ... cekidoot!!

PLOT TWIST

Istilahnya memang sudah sangat sering kita dengar, tapi apa sih makna sebenarnya? Oke, sebagai pembuka aku kasih tahu pengertian plot twist nih ....

Plot twist adalah perubahan alur secara radikal dari alur yang sebelumnya sudah diekspektasikan oleh sebagian besar pembaca/penonton. Istilah kerennya adalah beyond expectation atau di luar dugaan.

Tentunya dalam membangun plot twist nggak semata-mata terjadi begitu saja. Salah-salah twist-nya malah gagal karena banyak plot hole alias ketidakkonsistenan plot sejak awal/sesuatu yang lupa dijelaskan di awal-awal cerita. Nanti pada akhirnya terkesan seperti karya yang prematur (belum siap dilahirkan) dan beresiko jadi bahan konyol-konyolan pembaca daripada disukai banyak orang. Tahu nggak, istilah yang dipakai untuk menyebut plot twist yang tidak jelas asal-muasalnya dan terjadi mendadak begitu saja? Namanya Deus ex Machina. Keren ya namanya? :)) Namun, seringkali efeknya jelek.

Jadi, plot twist itu sekalipun di luar dugaan, tetap harus disertakan juga alasan-alasan masuk akal kenapa hal tersebut bisa terjadi. Makanya dalam beberapa kasus kepenulisan cerita fiksi, biasanya penulis sudah menyiapkan petunjuk demi petunjuk yang tersembunyi atau agak bias (BUKAN KOREA!) untuk kemudian dipakai sebagai "senjata" mereka dalam membuat plot twist. Bisa juga petunjuk-petunjuk ini awalnya dianggap oleh pembaca sebagai suatu hal yang tidak penting, sampai akhirnya mereka terkejut jika sesuatu itu menjadi kunci dalam menyelesaikan konflik utama cerita.

Jadi, cara pertama agar bisa membuat plot twist yang sukses adalah dengan cara merancang keseluruhan cerita sebaik-baiknya. Mamas nggak bermaksud ngejelekin penulis yang menerapkan sistem nulis secara mengalir sesuai ide yang datang saat penggarapan novel (alias auto-writer). Nggak. Namun, secara jujur aku bilang, kebanyakan cerita yang ditulis dengan cara mengalir begitu saja memiliki lebih banyak kerugian daripada yang menulis dengan cara merancang plot terlebih dahulu.

Kerugian terbesar adalah ketidakkonsistenan. Pertama dapat ide dengan plot begini, digarap tanpa perancangan, begitu sampai di tengah muncul ide baru, plot-nya jadi berubah lagi, begitu seterusnya hingga tamat. Akhirnya, ketika dibaca ulang beresiko menemukan banyak plot hole yang teriak-teriak minta di-revisi. Belum lagi kalau ternyata plot hole-nya sangat fatal. Kalian akan sulit merevisi hingga akhirnya stres sendiri dan berakibat karya-nyaris-jadi itu teronggok begitu aja.

Lalu, apakah yang namanya plot twist hanya berlaku di akhir cerita? Jawabannya adalah tidak. Walaupun memang kebanyakan penulis menyiapkan plot twist untuk terbongkar di akhir cerita, tapi ada juga yang membongkarnya di pertengahan cerita dan kemudian membuat akhir cerita berdasarkan logika yang timbul dari efek pembongkaran twist tersebut. Plot twist yang ada di akhir cerita disebut sebagai Surprise Ending.

Kemudian, yang namanya plot twist tidak selalu hanya satu, bisa juga ada banyak dan mempermainkan pikiran serta emosi pembaca. Misalnya, A begini, kemudian nge-twist jadi B, di saat pembaca udah percaya jalan sesuai sama B, eh ternyata balik lagi ke A, dan seterusnya. Intinya penulis mengaduk-aduk pola pemahaman dan perasaan pembaca.

QnA

Q : Kadang ada gituu.. tiba2 si tokoh A yg aslinya mati. Tiba2 idup lagi. Krn sebenernya cuma becanda

Itu masuk plot twist ga?atau maksa plot twist? ._.

A : plot twist biasanya dipikirkan dengan matang dan dieksekusi secara dewasa. Kalau si A mati, terus idup lagi karena bercanda, itu keknya masuk ke plot hole dan males untuk me-revisi :)

Q : Contoh plot twist gimana?
Tapi berupa narasi, mau kirim link jg gapapa. Aku masih ndak terlalu paham.

A : aku kutip dari satu novel terkenal dari Donny Dirghantoro yg judulnya 5 cm. Kamu pasti udah pernah nonton filmnya.
Jadi ada tokoh namanya Zafran, Riani, Genta, sama Dinda, dll.
Empat orang tersebut sahabatan dan saling suka dan dari awal cerita novel memang sudah dijabarkan kalau si Zafran ngebet bangettttt dengan Dinda, dan Genta ngebetttttt sama Riani. Namun, di akhir-akhir cerita, Mas Donny ini bikin plot twist yg bikin jantungan.
Di mana pas Genta nyatain perasaan, si Riani nolak dan berkata, "Tapi bukan kamu, Ta. Bukan Genta yang ada di hati Riani selama ini. Tapi Zafran, Ta."
Terus di bagian chapter tersebut, dijabarkanlah petunjuk2 yg sebelumnya pembaca anggap gak penting. Semisal saat Zafran kakinya berdarah, Riani yg langsung nyamperin bukan si Dinda. Saat Riani cerita sedang kangen sama seseorang pada Zafran, ternyata org yg Riani maksud si Zafran itu sendiri. Nah itu contohnya. Semoga bisa menjawab pertanyaan kamu ya

Q : hal penting buat bangun plot twist apa aja mas?

A : yang pasti satu, kerangka cerita. Sebelum kamu susun utuh sebuah cerita alangkah baiknya kamu sisipkan petunjuk-petunjuk plot twist dan adegan dimana kamu pikir pembaca bakalan gak terlalu mikir banget dengan adegan itu. Buat se-samar dan se-transparan mungkin. Jadi pembaca gak bakalan berpikir yang kaya "oh ini mesti plot twist nih".

Q : Kalau buatnya tanpa kerangka. Ada kemungkinan berhasil ga ka??

A : bisa, tapi persentasenya kecil kalo kamu gak masukin petunjuk di chapter sebelum-sebelumnya. Kalo kamu bisa, jadikan plot hole itu jadi plot twist. Kok bisa? Nah itu tergantung si pengarang yang membuat dunia cerita itu sendiri.
Misalnya, si tokoh Indah ini kok nongolnya pas si Angga sakit terus, tapi gak dijelaskan kenapa. Nah di akhir, diceritakan kalo Indah ini adalah teman masa kecilnya Angga. Udah pernah janji ngerawat Angga meskipun ada perasaan yg nyantol, tp mereka udah berjanji tetep bersahabat dan ga bisa jadi pacar. Gitu

Q : Plot twist yang aku bikin suka tiba-tiba muncul aja. Kalau aku lagi ada kejadian di sekolah/bengong, kadang kadang suka dijadiin plot twist sama aku, tapi karena aku males nulis rangka, kadang kadang suka blank pas udah di depan monitor:(

Nahh, solusinya begimana yang seperti aku ini:(

A : kalau aku tiap ada ide nyelonong, langsung kucatat di note hape. Kwkwk sampe noteku isinya kek sampah semua. Tapi itu sangat membantu buat panjangin cerita loh dan juga kalo kepikiran bisa jadi plot twist gede.

Q : Kak kan misal kita pake plot twist tiba tiba sama pembaca tuhh udah tau akhirnya gmna yaa dia cuman nebak nebak aja kak. Kira-kira itu buat cerita kita bikin bosen gak sii kak kalo plot twist nya udah ketebak di awal hehe

A : ceritaku berulang kali bisa ditebak sama pembaca. Ya walaupun cuma satu tapi asli bikin sebel. Kek udah pedekate bertahun-tahun eh ditolak. Terusin aja gak papa. Toh yg nebak tadi perasaan dia pas ember plot twist-mu belum tentu benar. Pas kamu udah jabarin plot twist yg sebenarnya dia pasti komentar "ah benar kan" itu bukan berarti dia menang dan tebakannya bener. Dia masih mikir-mikir dan ngikutin jalan ceritamu dan berpikir "hmm bener gak ya akhirnya seperti yang gue kira". Syukur2 plot twist kamu berubah jadi plot twist lain lagi. Jadi gak bisa ditebak lagi :)

Q : Sekiranya cara menyusupi plot twist saat kerangka cerita udah jadi itu gimana, Om?

A : cari dulu patokannya, bang. Kalau mau patokannya tokoh, nah kasihlah kekurangan tokoh, misal penjabaran kamu kurangi tentang tokoh si Indah. Nanti di akhir, kamu jabarkan kenapa dan bagaimana. Begicu


Sekian dari Frienda, semoga ilmunya bermanfaat ya.
See you next time Darla :)

Sumber : http://animanga-oushiza.blogspot.co.id/2014/12/plot-twist.html?m=1

Je hebt het einde van de gepubliceerde delen bereikt.

⏰ Laatst bijgewerkt: Aug 30, 2017 ⏰

Voeg dit verhaal toe aan je bibliotheek om op de hoogte gebracht te worden van nieuwe delen!

Dapur KepenulisanWaar verhalen tot leven komen. Ontdek het nu