I.3. Niat

9K 2.1K 541
                                    

Segala sesuatu tergantung pada niatnya.


"Oh, kamu menulis di Wattpad? Niat banget, sih."

Abaikan kalau ada suara-suara begitu. Ya jelas dong, harus ada niat.

Where there's a purpose, there's a will, and there's a way.

Kamu punya niat, yang bisa diartikan sebagai alasan atau tujuan kamu melakukan sesuatu. Jadi apa niatmu membuka akun di Wattpad? Sekadar jadi pembaca? Atau memang ingin menjadi penulis juga? Dua-duanya oke kok.

Kalau sebagai pembaca, ini tips untuk kamu:

Carilah cerita yang bagus. Terlalu banyak bacaan di dunia ini, dan terlalu sedikit waktu yang kita miliki. Karenanya, berikanlah waktumu yang berharga hanya pada cerita-cerita yang layak mendapatkan perhatianmu.

Cirinya antara lain:

1. Bahasa yang baik, keterbacaan tinggi, mudah dipahami.

2. Page-turner, bikin kamu ingin terus membaca sejak bagian pertama.

3. Plot tidak klise atau pasaran.

4. Karakter yang kuat dan orisinal.

5. Memberi kamu pengayaan batin.

6. Menginspirasi dan mengaktifkan pemikiranmu. 

7. Sudut pandang (POV) yang rapi dan konsisten.

8. Logika cerita yang solid. (Tidak membuat kamu berkerut kening sambil ngedumel, masa begini sih.... kok tiba-tiba begitu....)

Berhubung Wattpad adalah ajang belajar, mungkin tidak mudah menemukan cerita yang memenuhi semua syarat itu. Pasti banyak kelemahan di sana sini. Maka, berilah kesempatan pada cerita yang kamu pilih, mungkin sampai 3-4 bagian, kalau kamu tidak mendapatkan apa-apa dari sana, don't waste your time. Kalau mau berbaik hati, berikan komentar atau kritik membangun, lalu move on. Cari cerita lain. Saat kamu menemukan yang memenuhi sebagian syarat di atas, berilah vote dan komentar untuk mendukung penulisnya agar terus berkarya.

Jika kamu sudah berniat untuk menjadi penulis, bulatkan tekad, dan segera mulai. Sulit? Tidak.

Ini tips dan penyemangat buat kamu yang baru akan memulai.

1. Just write. Tulis saja. Jangan terlalu ribet memikirkan teori ini itu dulu. Ada waktunya nanti saat self-editing, sebelum dipublish. (akan lebih banyak tips di bab khusus tentang ini nanti)

2. Jadilah dirimu sendiri. Kamu tidak perlu menulis dengan gaya penulis lain yang sudah popular. Penulis itu seperti penyanyi, punya suara sendiri-sendiri. Kalau kamu menyanyi meniru gaya dan suara penyanyi yang sudah terkenal, Simon Cowell pasti bakal menendangmu dari panggung. Anggap pembaca itu kayak Cowell. Mereka ingin mendengar suara yang berbeda. Suara kamu pasti khas dan cocok buat cerita kamu sendiri. Banggalah dengan karakter dan latar belakang kamu. Jangan karena yang popular adalah bahasa gaul Betawi lalu kamu yang berasal dari Timur Indonesia ikut-ikutan ber-lo-gue. Aku bisikin ya: editor akuisisi penerbit mencari yang fresh, bukan yang klise dan pasaran.

3. Menulis di Wattpad perlu disiplin. Sedikit sedikit asal teratur lebih baik ketimbang posting banyak setelah itu kamu menghilang. Sebelum publish di Wattpad, kamu bisa menulis draft di Word dulu. Bisa sampai selesai. Atau minimal bisa buat 2-3 bagian ke depan. Jadi kalau sudah publish satu bagian di WP, kamu masih punya cadangan untuk publish bagian berikutnya secara periodik.

4. Jangan membayangkan jutaan pembaca yang harus kamu raih. Satu dua pembaca pun tidak masalah. Undanglah mereka untuk membaca ceritamu. TAPI SOPANLAH. KAMU BACA DULU CERITA MEREKA. VOTE DAN KOMEN DULU DI TEMPAT MEREKA. BARU UNDANG MEREKA UNTUK MEMBALAS KUNJUNGANMU.

Sengaja kapital agar diperhatikan benar. Karena trend di Wattpad soal ini terus terang sangat menjengkelkan. Ujug-ujug ada yang menulis di wall kamu, meminta kamu baca cerita mereka, kenal juga enggak, follower juga bukan, dan lucunya, boro-boro membaca ceritamu. Ini sama saja dengan tukang obat menawarkan obat dagangannya ke apotek sambil menutup mata. Kira-kira laku enggak? Coba deh, ketuk pintu baik-baik, bertamu, baca-baca cerita orang yang kamu kunjungi, lalu ajak kenalan, dan ajak baca ceritamu. Itu so sweet. 

Lebih efektif mendapatkan dua orang dengan cara begini daripada kamu melemparkan spam random, dan berharap ada peri baik hati menyambut kamu. No way.

Tapi berarti banyak membuang waktu dong? Tidak. Kamu memang harus banyak membaca, kan? Jangan sungkan membaca karya orang lain dalam rangka belajar. Jangan merasa tulisanmu pasti lebih baik dari tulisan orang lain sehingga hanya mereka yang harus baca punya kamu sementara kamu tidak mau meluangkan waktu untuk mereka. READ FOR READ, istilahnya.

Ya, sudah bom vote saja? NO WAY. Mereka akan membalas kamu dengan cara yang sama. Lalu apa hasilnya? Itukah niatmu dari awal? Mendapatkan bintang sebanyak mungkin? Tidak peduli bahwa ceritamu belum tentu dibaca?

Balik lagi ke niat ya.

Semoga niat kamu menulis di Wattpad memang untuk meningkatkan kemampuan diri, mengasah life skill  dalam menyampaikan pemikiran secara tertulis, dan sebagai bonusnya, tulisan kamu memberi manfaat buat orang lain.


Okay?

Masih semangat dan menjaga niat, kan?



----------------------------------

Hai, pembaca yang baik

Sejauh ini masih senang membaca karyaku ini dan mendapatkan manfaat?

Terima kasih.

Mumpung kamu lagi buka Wattpad,

mohon dukungannya untuk PELIK, karya author di  beliawritingmarathon

mohon dukungannya untuk PELIK, karya author di  beliawritingmarathon

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Dukung aku dengan memasukkan ke library-mu, baca dan vomment. Ada hadiah dari Penerbit Bentang untuk pembaca aktif berupa langanggan novel terbitannya.

Aku tunggu.

Terima kasih.

A Sweet Treat For Wattpad AuthorsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang