III. Sajian Penutup

1.3K 220 2
                                    


Waktunya sajian penutup. Dessert. Harusnya yang manis-manis ya. Setelah berpayah-payah menulis sampai naskah selesai, bukannya penulis tinggal menikmati hasilnya, baik tetap di Wattpad maupun diterbitkan dalam bentuk buku?

No. Tugas penulis justru berderet panjang setelah kamu mencantumkan kata TAMAT. Bahkan setelah buku terbit pun, masih ada kerjaan dan kewajiban yang dibebankan penulis.

Buku ibarat anak, kamu enggak cukup cuma melahirkan. Tapi juga harus merawat dan membesarkannya. Memikirkan dan menjamin kelangsungan hidupnya. Sambil terus produktif, menulis buku baru yang harus lebih baik dari sebelumnya. Karena setiap kalinya, pasti ada pelajaran yang bisa diambil. Menulis adalah belajar, sebuah proses neverending.

Sebagai sajian penutup, tugas-tugas penting "pasca-tamat" dibahas dalam beberapa part mendatang, yang mencakup:


Self Edit-Revise-Rewrite (ERR)

Setelah naskahmu selesai, proses menulis dengan hati stop di sini, dan tiba waktunya untuk menggunakan kepala.

Kamu kan ingin tulisanmu layak dibaca, bisa dinikmati sekalipun hanya di Wattpad.

Kalau mau terbit dalam bentuk buku, lebih-lebih lagi. Penting banget ada Self-ERR. Karena kalau kamu setorkan naskah apa adanya ke penerbit yang beneran penerbit, pasti dibalikin editor dengan coretan merah banyak. Disuruh revisi.

Yang kumaksud dengan penerbit tentunya penerbit serius, yaitu yang punya perangkat lengkap dan proses baku. Bukan penerbit abal-abal yang cuma memanfaatkan popularitasmu untuk mendulang keuntungan tanpa modal apa-apa.


Cover, Sinopsis, dan Blurb

Di Wattpad, cover sudah duluan kamu buat bersamaan part pertama lahir. Gimana mendesain cover, apa saja yang perlu ditulis di sana? Lalu kalau bukumu akan terbit dalam bentuk buku, gimana urusan cover ini? Apa penulis masih harus ikut campur?

Kalau kamu mau mencoba peruntungan melamar ke penerbit, kamu perlu menyiapkan sinopsis juga. Apa saja yang harus dicantumkan dalam sinopsis?

Lalu ada blurb. Dicantumkan dalam deskripsi cerita kalau di Wattpad. Diletakkan di cover belakang kalau di buku. Apa bedanya dengan sinopsis?  Siapa yang harus menyiapkan ini? Gimana caranya? Ini akan dibahas juga.


Personal Branding: Attitude and Dignity

So, kamu sudah jadi penulis Wattpad, dalam perjalanan jadi penulis buku (published author). Gimana caranya agar kamu dikenal orang? Atau yang lebih hakiki, kamu ingin dikenal sebagai apa oleh khalayak? General atau spesifik? Apa itu personal branding, dan apa yang diperlukan dalam nge-branding dirimu?


Preview, Publish, and Share

Di Wattpad ada fasilitas ini, apa gunanya?


Read, Vote, Comment, Rank

Seberapa penting sih keempat elemen ini, yang membuat Wattpad itu Wattpad? Haruskah kita peduli dan mengusahakannya mati-matian? Atau cuek saja, yang penting enjoy menulis?


Dari Wattpad ke Paper-Book

Akan terbit dalam bentuk buku! Rasanya bangga banget kalau bisa mencantumkan itu di deskripsi ceritamu. Tapi ada proses panjang di balik itu. Apa saja?


Kontrak Penerbitan

Penerbit yang serius, beneran penerbit, baik mayor maupun indie, pasti akan memberimu kontrak penerbitan yang jelas dan detail. Ada negosiasi untuk mencapai keuntungan dan kenyamanan bersama sebelum ditandatangani. Apa saja? Gimana caranya?


Edit, Revise, and Rewrite Again

Naskahmu sudah masuk dapur penerbit. Kamu diberi preview dari editor. Lah kok, masih ada proses ini?

Ada! Kenapa?


Promosi

Yay! Selamat. Setelah proses panjang, bukumu sudah akan terbit. Sit back, relax? TIDAK. Sejak awal kamu sudah harus promosi, tapi begitu buku mau terbit, promosi harus lebih ditingkatkan.


Pembaca dan Fans

Mereka ada bahkan sejak pertama kamu mempublikasikan bab pertama cerita di Wattpad. Bagaimana kultur dan kebiasaan pembacamu? Apa yang harus kamu lakukan agar mereka terus mengikuti dan tidak meninggalkanmu setelah buku terbit?


Demikian gambaran besar Bagian Ketiga ini. Aku akan coba update rutin, namun kemungkinan tidak secara berurutan. 


So stay tune. Be patient.

A Sweet Treat For Wattpad AuthorsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang