SHINee

4.4K 107 1
                                    

SHINee adalah boyband beranggotakan 5 orang yang dibentuk oleh SM Entertainment. Mereka terdiri dari Onew, Jonghyun, Key, Minho dan Taemin. SHINee debut pada tanggal 23 Mei 2008 dengan album mini pertama Noona Neomu Yeppeo (Replay). Namun, debut paggungnya pada tanggal 25 Mei di panggung SBS Inkigayo membawakan lagu "Reply". Pada bulan Juni, SHINee mendapatkan penghargaan pertamanya dalam ajang "Cyworld Digital Music Awards" untuk kategori 'Rookie of the Month'. Kemudian dibulan Agustus, mereka kembali mendapatkan penghargaan kategori "Hot New Star" di Mnet 20's Choice Awards 2008. Sukses besar, SHINee langsung mengeluarkan album penuh pertamanya bertajuk The SHINee World yang di rilis pada tanggal 1 September 2008. Pertengan bulan November, mereka kembali menyabet penghargaan diMnet Asian Music Awards yang ke-10 untuk kategori "Best New Male Group"

Setelah sukses dengan album pertamanya dan meraih banyak penghargaan, SHINee kembali merilis album mini kedua Romeo pada 25 Mei 2009 dan album mini ke-3 '2009, Year Of Us' pada 19 Oktober 2009 dengan pemimpin track "Ring Ding Dong". Di akhir tahun, mereka kembali meraih penghargaan category "Popularity"di Golden Disk Awards bersama dengan Super Junior dan di bulan Februari 2010, mereka mendapatkan "Bonsang Awards" di Seoul Music Awards ke-19.Pada tanggal 19 Juli 2010, mereka comeback dengan album penuh kedua yaitu Lucifer dimana lagu "Lucifer" merupakan pemimpin lagunya. Beberapa dirilis, album mereka merajai beberapa tangga musik di Korea. Tiga bulan kemudian mereka promosi lagu "Hello" yang merupakan bagian dari repackage album sebelumnya. Tak hanya di Korea, SHINee juga debut di Jepang pada tahun 2011. Album mini keempat Sherlock diluncurkan pada 21 Maret 2012.Album penuh SHINee ke-3 dirilis dengan 2 versi. Pertama, Dream Girl - The Misconceptions of You pada 19 Februari 2013. Sedangkan bagian keduanya, Why So Serious? - The Misconceptions of Me baru dirilis pada 29 April 2013.

Kurang lebih satu setengah tahun, SHINee tidak merilis sebuah lagu baru karena kesibukan masing-masing anggota, akhirnya SHINee kembali merilis album keempat berjudul Odd yang rilis pada 18 Mei 2015 dengan pemimpin track "View". Kemudian, album mini repackagenya 'Married to the Music' baru diluncurkan pada tanggal 3 Agustus. Di album ini total lagunya ada 15 lagu, 11 lagu dari album 'Odd' dan empat lagu baru.Pada tanggal 5 Oktober 2016, SHINee akhirnya comeback dengan mengeluarkan album ke-5 berjudul 1 Of 1. Album ke 5 ini berisikan total 9 buah lagu, dengan lead track "1 Of 1".
Nama Grup : SHINee (샤이니)
Label : SM EntertainmentJumlah Anggota : 5 Orang
Debut : 25 Mei 2008
Lagu Debut : Reply
Fanclub : SHAWOL
Warna : Pearl Aqua

Biodata Boyband dan Girlband Korea (Revisi)Where stories live. Discover now