That Simple Act

530 48 4
                                    

"Tumben lo ngga balik bareng Nana." komentar Chanyeol waktu Kai lagi masukkin buku asal-asalan ke dalem tas. "Lo lagi berantem?"

"Hah? Engga tuh." bales Kai. Sejujurnya dia juga bingung sih.. udah hampir semingguan ini Nana kaya ilang-ilangan mulu dan selalu ada alasan tiap Kai ajak pulang. 'Gue ada rapat!' 'Eh gue harus piket ternyata hari ini..' 'Gue mau ketemu Bu Diah dulu.' gitu katanya.

Tapi Kai kira itu karena Nana beneran lagi sibuk aja.

"Masa lo ngga ngerasa aneh sih, kan hampir tiap hari kalian balik bareng?" ujar Chanyeol lagi dengan skeptis.

"Biasa aja, emang dia lagi banyak kerjaan kali."

"Hmm, feeling gue dia menghindari lo.."

Kai natap Chanyeol dengan kening berkerut, "Ngehindarin gue kenapa?"

"Ya gatau, feeling doang sih." bales Chanyeol dengan nada cuek bebek, ngga nyadar udah bikin temennya itu jadi berpikir keras.

Emang gue melakukan suatu kesalahan ya? pikir Kai. Rasanya ngga mungkin alesan Nana menghindari dia karena marah, karena Nana lebih suka ngomong langsung atau ngga mukulin dia (ngga kenceng sih) kalo lagi marah.

Kai geleng-geleng kepala, "Ngaco lo ah."

Tapi pas pulang Kai masih kepikiran tentang omongan Chanyeol. Kai jadi mulai sadar bahkan selama di sekolah, Nana berusaha berinteraksi seminim mungkin sama dia. Waktu papasan di koridor misalnya, biasanya mereka saling sapa terus bakal ngomongin apa kek yang terjadi di kelas.. atau ke kantin bareng walaupun rame-rame ya ngga berdua doang. Tapi akhir-akhir ini sapaan Kai paling cuma dibales 'Hoy!' terus si Nana langsung berlalu tanpa banyak ba-bi-bu lagi.

Lusa kemarin juga Nana ngga nonton sparing, alesannya dia besok ada ulangan jadi mau belajar. Ini sih yang menurut Kai paling aneh, sejak kapan Nana jadi ngebet banget pengen belajar?

Ah, mikirin beginian lebih pusing daripada mikirin jawaban soal latian sbmptn. Kai mampir dulu ke alfamart deket rumah, mau beli jajanan karena stok cemilan di rumah udah menipis. Tiba-tiba pas dia mau masuk, dia liat sosok yang familiar lagi berdiri di depan kasir.

"Selamat datang di alfamart!" ujar mas-mas yang berdiri di belakang mesin kasir.

Pelanggan yang lagi dia layanin ga mengalihkan sedikitpun perhatiannya dari ponsel yang lagi diketik-ketik. Nana masih pake baju seragam yang sama kaya yang sekarang Kai pake. Entah kenapa Kai yakin temennya ini pulang jalan kaki dari sekolah, karena kalo dia naik ojek atau apapun dia pasti udah nyampe rumah daritadi.

Nana kayanya fokus banget sama ketikannya sampe ngga sadar kalo Kai udah diri di sebelahnya dan menatap dengan aneh barang belanjaannya. Di dalam plastik alfamart Nana ada kotak pocky rasa vanilla dan susu rasa stroberi.. kok stroberi?

"Lah, kok susu stroberi sih?"

Nana langsung noleh ngedenger suara protes yang familiar itu. Duh, kenapa juga harus ketemu di sini sih. "Ih kok lo ke sini juga?"

"Ya mau jajanlah, kan alfamart di komplek rumah kita cuma ini doang." bales Kai, "Lo kenapa beli susu stroberi? Bukannya gasuka?"

"Ya mau nyoba aja.." bales Nana entah kenapa jadi pelan gitu suaranya, kaya abis ketangkep basah ngapain gitu.

Kai kaya diem sebentar gitu menimbang-nimbang, terus dia nengok ke mas-mas kasir, "Bentar mas jangan ditotal dulu," dia jalan buat ngambil beberapa snack dan minuman, terus balik lagi ke meja kasir. "Tambahin ini ya mas."

"Dih kan gue belom selesai bayar jajanan gue!"

"Barengin aja siih. Gue mager ngantri-ngantri lagi." bales Kai sambil ngeluarin dompet. Dia bayar semua belanjaannya dan jajanan Nana. "Balik bareng aja yuk."

Yah, kalo kaya gini mau ngasih alesan apa? Gabakal bisa nolak. "Yaudah deh.."

"Eh gue mau nanya deh Na," ujar Kai tiba-tiba pas mereka lagi jalan menuju parkiran motor. "Lo lagi ngehindarin gue ya?"

"HAH?!" Nana langsung tutup mulut, merasa bego kelepasan teriak karena kaget. Anjir kok dia nanyanya gitusih, mana to the point banget. "Kenapa nanya gitu?"

"Yaa gapapa," ujar Kai, menggaruk belakang leher yang tidak gatal karena bingung juga alesan kenapa dia nanya gini, "Chanyeol bilang gitu terus gue kepikiran aja. Terus kita juga jarang ketemu kan akhir-akhir ini."

Ya iyalah orang gue lagi gamau ketemu lo dulu. Chanyeol gitu-gitu peka juga ya orangnya.. "Ohh, ada-ada aja si Chanyeol."

"Lo ngga lagi marahkan sama gue?" tanya Kai lagi.

Nana naikkin sebelah alisnya, "Kenapa gue harus marah?"

"Siapa tau, lo ngehindarnya gara-gara marah sama gue," bales Kai. "Tapi gamungkin sih, lo kan anarkis-"

"Enak aja lo!" spontan Nana mukul lengan Kai.

"Tuhkan!!!"

Lalu beberapa menit mereka habiskan cuma buat memperdebatkan apa aja hal anarkis Nana yang udah Kai rasain ditambah denial dan berbagai alasan dia berlaku begitu dari Nana. Akhirnya mereka memutuskan buat pulang, Kai nganterin Nana balik tapi dia mampir sebentar ga langsung pulang.

Sekarang mereka lagi duduk di teras depan sambil makan jajanan yang Kai beli barusan. Setelah perdebatan ngga penting mereka tadi, Nana jadi merasa lebih bisa me-maintain perasaan campursari nya.

"Nih susu stroberi lo," kata Kai naro kotakan itu di pangkuan Nana. "Kok lo tiba-tiba beli susu stroberi sih? Kan yang suka susu stroberi tuh gue?"

"Yee emang yang boleh suka susu stroberi lo doang?" bales Nana.

Sejujurnya alesan Nana buat beli susu stroberi juga random banget sih. Daridulu Kai dan Nana selalu punya preferensi rasa yang berbeda. Nana suka susu coklat, Kai suka susu stroberi. Nana suka semangka, Kai suka melon. Nana suka popcorn asin, Kai suka popcorn caramel.. dan ketidaksukaan mereka selalu sebaliknya (kaya Nana gasuka susu stroberi, Kai gasuka susu coklat and so on).

Nah, kembali ke alesan Nana nyobain susu stroberi adalah karena dia mau membuktikan.. sesuatu. Kata seseorang, kalo kita lagi suka sama seseorang maka kesukaan orang itu bakal jadi kesukaan kita juga..

Oke ini emang alesan yang sangat freak, aneh, lemah dan Nana sendiri bahkan gapunya faktor pendukung lain buat menopang alesan ini. Emang simply karena kepo aja apakah pernyataan itu benar.

Jadi Nana mulai nyeruput susu stroberi itu dan mengecap rasanya perlahan..

"Bhwek!"

"HAHAHAH muka lo kenapa jir?!" seru Kai waktu liat ekspresi Nana asem kaya abis nyium bau kecut.

"Ih aneh banget rasanya! Kok lo doyan sih?"

"Anehan muka lo barusan sumpah," Kai masih ngakak, terus tangan dia ngerogoh ke dalem kantong alfamart. "Nih!"

Kai nyodorin susu kotakan lagi tapi dengan rasa yang lain, rasa coklat. "Tukeran sama gue, lagian sok-sokan pake nyoba-nyoba segala."

"Kok lo beli susu coklat?"

"Ya soalnya lo doyannya ini, bukan susu stroberi." jawab Kai sambil ngambil susu stroberi di tangan Nana yang dia ganti pake susu coklat. "Terus lo kalo gadoyan pun kan gabisa ga ngabisin, mubazir lo bilang. Jadi daripada lo maksain mending kita tukeran, ya ngga?"

Nana ngga jawab. Dia justru ngeliatin Kai yang sekarang udah minum susu stroberi sambil ngecek hp nya. Entah kenapa tindakan Kai barusan malah bikin hati dia jadi ngga karuan. Just a simple act, pikirnya. Cuma karena Kai beli susu coklat karena tau Nana ngga akan suka susu stroberi sampe bumi jadi datar.

Dan sore itu Nana udah dapat pembuktian. Dia bahkan ngga butuh suka susu stroberi buat ngebuktiin perasaan ini bener atau ngga. Yang jelas Nana sekarang sadar, dia memandang Kai lebih dari sekedar teman.

Temen Tapi DemenTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang