Tips!

9.6K 379 9
                                    

Happy 3K views! Makasih banget buat kalian yang rela ngeluangin waktu buat baca cerita abal-abalku ini :') Ini pertama kalinya ceritaku dibuka 3 ribu kali (entah dibaca atau engga) dan dapet vote sebanyak ini. Once again, big thanks for you guys!

Di part ini aku mau ngasih tips dan saran buat kalian yang pengen bikin cerita bertemakan dunia penerbangan atau aviasi. Devair memang masih kecil banget dibandingin sama cerita yang lain, aku menulis cerita ini buat orang-orang awam yang pengen tau seperti apa dunia aviasi yang sebenarnya.

Nah, buat kalian yang pengen bikin cerita bertemakan dunia aviasi tapi belum pernah punya pengalaman sebagai crew (pilot, pramugari, ground staff, dll) kaya aku, bisa pake tips-tips ini nih :D

1. Belajar

Apapun yang pengen kamu buat, kamu pasti belajar dulu. Pertama yang kamu harus pelajari adalah penulisan yang sesuai EYD. Besar kecil huruf, spasi, paragraf, dan lain-lain. Bisa dipelajari dari internet atau tanya ke guru Bahasa Indonesia di sekolah. :D

Yang kedua adalah belajar sedikit mengenai dunia penerbangan. Misal kamu mau membuat cerita yang secara garis besar menceritakan tentang kehidupan pramugari, kamu bisa memulai dengan membaca blog-blog pramugari yang ada di internet. One of my favorite is Radinna Nandakita's blog. Di sana aku banyak belajar tentang kehidupan pramugari low cost, bagaimana cara mereka bekerja, dan kebiasaan mereka. Masih banyak lagi blog pramugari yang bisa kami cari di google. Begitu juga kalau kamu pengen menulis cerita mengenai pilot.

2. Jangan Mengada-ada

Dunia penerbangan itu sensitif. Pernah ada salah satu pembaca yang berkomentar tentang kesalahan dalam tulisanku sampai hampir buat cerita sendiri (saking panjangnya). Dari kejadian itu (yang gak cuma sekali) aku belajar untuk membuat cerita tentang penerbangan yang lebih masuk akal, up to date.

Dunia penerbangan itu selalu berubah dan kamu harus ikuti itu. Contoh kasusnya adalah seperti ini

'...pramugari Garuda Indonesia itu memperagakan alat-alat keselamatan dalam penerbanganku dari Jakarta ke Bangkok...'

Tahu apa kesalahannya?

Yup, hampir semua pesawat Garuda Indonesia sudah menggunakan IFE (In Flight Entertainment) sebut saja tv ya :D jadi tv ini sudah mencakup hiburan termasuk video keselamatan sebelum penerbangan dan pramugari tidak perlu lagi untuk memperagakan alat keselamatan (terkecuali jika terjadi sesuatu dalam penerbangan sehingga pramugari harus memperagakannya secara langsung tanpa IFE).

Nah, kelihatan gak masuk akal. Perlu diingat, pasti ada sekian persen dari pembaca cerita kalian yang mengerti dunia aviasi dan kalian harus bisa memuaskan hasrat mereka dengan cerita yang masuk akal.

Gimana caranya? Balik lagi ke poin nomor 1, belajar.

3. Masuk ke Lingkungan Penerbangan

Maksud dari poin ke 3 ini bukan berarti kamu harus bekerja sebagai pelaku di industri penerbangan.

Cara lain adalah berteman dengan orang-orang yang mengerti dunia penerbangan sehingga kamu bisa mendapat update dan ide baru untuk melanjutkan ceritamu :D memfollow akun-akun pramugari, pilot, dan pelaku industri penerbangan lainnya. Kalau perlu juga menambah list bookmark dengan blog-blog penerbangan yang ada,.

4. Aktif Bertanya

Malu bertanya sesat di jalan. Itu yang menggambarkan poin ke 4 ini.

Jangan malu buat bertanya untuk menambah kualitas ceritamu. Banyak kok pramugari, pilot, dan lainnya yang terbuka dalam menerima pertanyaan mengenai pekerjaan mereka.

Bertanya juga kepada author-author berpengalaman yang kamu kenal. Minta saran dan kritik dari tulisan yang sudah kamu buat.

5. Jangan Salah Informasi

Sekali lagi, dunia penerbangan itu sensitif, terutama mengenai informasi.

Kalian sebagai author, tulisan kalian dibaca ribuan orang, bahkan dibaca sampai jutaan kali. Kalian juga harus bertanggung jawab dengan informasi yang kalian berikan di dalamnya.

Contohnya :

'...hari Senin kemarin aku diajak oleh kedua orang tuaku untuk terbang dengan pesawat terbesar di dunia, orang menyebutnya Triple Seven...'

Orang awam yang tidak mengerti akan memberikan informasi tersebut kepada orang lain padahal apa yang kalian tulis itu salah. Triple Seven bukan pesawat terbesar di dunia. Jadi, kuncinya adalah mencari informasi yang akurat dan benar.

Jujur aja aku belum bisa dibilang berhasil nulis cerita dengan latar belakang aviasi, aku juga gak punya pengalaman kerja di dunia penerbangan. Tetapi gak ada salahnya untuk berbagi dan memperbanyak cerita-cerita yang berhubungan dengan dunia penerbangan dan membuat semakin banyak orang cinta dengan dunia penerbangan khususnya di Indonesia.

Thanks for reading!















Devair (Completed) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang