Paid Stories Badge Paid Story
Ada 5 bab gratis lagi

Hola From Vihara

130K 5.4K 163
                                              

Hola! Vihara di sini. Terima kasih banyak kamu sudah berkunjung ke rumahku. Salam kenal dariku. Tanpa terasa ini adalah tahun kelima aku menulis cerita di Wattpad. Kalau ditanya apa yang paling menyenangkan dari perjalanan yang cukup panjang—dan semoga tidak akan berhenti—aku akan menjawab bertemu dengan banyak sahabat baru. Dari ujung timur hingga barat Indonesia. Dari Jakarta hingga di kota-kota di benua Eropa. Apalagi, pertemanan kita tidak terbatas di sini saja, tapi berlanjut di WhatsApp atau e-mail. Bahkan, aku pernah bertemu langsung dengan beberapa di antara mereka. Duduk makan es kelapa mochi di Surabaya, nongkrong di Tugu Jogja, dan macam-macam lagi. Setiap aku melakukan perjalanan ke luar kota, aku tinggal mengumumkan di Instagram dan aku tidak akan takut kesepian di tempat baru. Karena teman-temanku ada di setiap sudut negeri ini. Tanpa Wattpad, itu tidak akan pernah terjadi.

Tahun ini, Wattpad memberiku kesempatan untuk bergabung dalam program Paid Stories. Aku sama sekali tidak menyangka. Karena aku tahu belum semua penulis bisa bergabung tapi aku lebih dulu menjadi salah satunya.

Seperti yang selalu kusampaikan kepadamu, untuk menulis sebuah cerita diperlukan biaya. Tidak cukup hanya bermodalkan imajinasi. Aku harus mengeluarkan dana untuk riset—dengan berbagai macam teknik, mengasah otakku supaya tulisanku tetap tajam—dengan membeli banyak buku, mentraktir narasumber, membeli laptop, dan banyak lagi daftar pengeluaran. Dengan masuknya Geek Play Love dalam program Paid Stories, aku akan memiliki sumber pendanaan baru untuk penulisan cerita lainnya, yang bisa kamu nikmati dengan percuma.

Bagi beberapa di antara kalian, mungkin berat harus mengeluarkan sejumlah uang untuk menikmati cerita ini. Mungkin kamu harus memprioritaskan membeli buku kuliah atau membeli susu anak. Aku paham, sebab dulu aku juga meng-install Wattpad supaya bisa membaca cerita gratis. Hingga aku menjadi penulis dan, kembali pada ceritaku di atas, walaupun sebuah cerita bisa dibaca dengan percuma, penulis mengeluarkan biaya untuk menulisnya. It's okay. Hanya satu cerita ini yang berbayar, ceritaku lainnya masih bisa dibaca tanpa mengeluarkan biaya. Saat kondisi finansialmu sudah longgar, kamu bisa kembali ke sini untuk menikmati cerita Dinar dan Jasmine. Karena Dinar dan Jasmine akan berada di sini selama setahun ke depan.

Aku mengucapkan ribuan terima kasih kepadamu yang telah menyukai cerita ini dan menyisihkan sedikit rezeki—serta waktu—untuk membacanya hingga selesai. Dukunganmu amat berarti untukku karena memungkinkan diriku untuk terus bisa berkarya. Terus menghadirkan cerita-cerita yang tidak hanya menghibur, tapi juga menambah sudut pandangmu mengenai cinta dan kehidupan, memberimu pengalaman membaca romansa yang berkelas dan berkualitas, serta memantik keingintahuanmu mengenai beberapa pengatahuan yang kusajikan.

Kalau kamu mengalami kesulitan untuk membeli koin, menambahkan karyaku ke daftar bacaanmu, atau mengobrolkan apa saja, kamu bisa menghubungiku melalui pesan Wattpad, dinding, komentar atau WhatsApp 0895603879876, e-mail novel.vihara(at)gmail.com, dan Instagram/Facebook/Twitter ikavihara.

Tidak bertanya dan cuma ngobrol-ngobrol denganku juga boleh.

Love,

Vihara

GEEK PLAY LOVETempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang