12. Buku Segel

10K 1.2K 13
                                    

"Ya," jawab Evert. "Tetapi saya tidak mengira Faenish menggunakan segel dari Kitab Segel."

"Sulit dipercaya bukan?" Pak Raizer menyempatkan diri untuk tersenyum ke arah Faenish. "Dikali pertamanya mengaktifkan segel, ia memilih segel yang sangat unik."

"Tetapi bagaimana Anda yakin buku itu sudah tidak ada?" tanya Evert.

"Kau mengira buku itu diambil Kelompok Pelindung?" Pak Raizer balas bertanya.

"Tidak. Magda tidak akan membiarkan buku itu berpindah tangan dengan mudah."

"Terima kasih sudah memuji istri saya. Dia memang orang yang mengagumkan. Setahu saya, ia menggunakan salah satu segel yang tertera dalam buku itu untuk mengikat dirinya sendiri dengan buku tersebut. Jadi, saat ia mati, buku itu juga musnah."

"Maksud Anda, Kitab Segel terbakar saat Magda tewas?" Evert memastikan.

"Kitab Segel kalau tidak salah akan berubah menjadi sejenis bom yang meledak di embusan nafas terakhir Magda."

"Jadi tidak ada yang tahu bagaimana kami bisa terbebas dari segel ini?" Kali ini giliran Faenish yang bertanya.

"Kalian masih bisa menemukan cara melepaskan segel itu dari ingatan Magda," jawab Pak Raizer.

"Ingatan?" gumam Faenish tidak mengerti.

"Terdapat sebuah segel yang memungkinkan seseorang untuk mengeluarkan ingatan dan menyimpannya dalam bentuk cairan. Jika Cairan Ingatan itu diminum orang lain, maka ingatan itu akan menjadi milik orang yang meminumnya.

"Istri saya memiliki banyak sekali kenangan dalam hidupnya yang begitu panjang, ada ingatan yang ingin dilupakannya dan ada yang ingin diabadikannya. Entah berapa banyak ingatan yang ia keluarkan dari kepalanya itu."

"Diabadikan?" Faenish kembali bergumam.

"Saat manusia menua, ia akan semakin kesulitan mengakses ingatan di masa yang sudah lama berlalu." Pak Raizer kembali menjelaskan. "Jika ingatan tentang hari ini yang masih begitu jelas di kepala kita diambil dan kita memasukannya kembali di kemudian hari, ingatan itu akan seperti ingatan baru."

"Apa ada kemungkinan Magda akan menyimpan ingatan tentang isi buku itu? Bukankah sama saja membuat dirinya menjaga dua hal sekaligus, buku itu sendiri dan ingatan tentang isinya?" tanya Evert.

"Magda pasti melakukannya," ujar Pak Raizer mantap. "Pengetahuan dan kekuatan mendatangkan godaan tersendiri. Lebih baik kita tidak mengetahui pengetahuan yang tidak bisa kita kendalikan."

"Sebenarnya buku apa itu?" tanya Faenish.

"Banyak orang berpikiran bahwa itu buku tertinggi dari semua buku tentang segel kerena judulnya adalah Kitab Segel," jelas Pak Raizer. "Namun sesungguhnya buku itu hanyalah satu dari sekian buku yang berisi segel-segel dengan kemampuan luar biasa. Kata segel yang tertera di sampul buku itu merujuk pada pengertian segel sebagai sesuatu yang mengikat. Isi buku itu secara keseluruhan adalah tentang bagaimana menghubungkan, mengikat bahkan mengunci hal-hal seperti seperti kekuatan, perasaan dan sebagainya. Buku itu dilindungi bukan hanya karena berharga, tetapi karena benda tersebut juga bisa sangat berbahaya."

"Kalau berbahaya kenapa tidak dimusnakan?" celetuk Faenish.

"Segala sesuatu membutukan ikatan, hanya saja porsinya yang harus diperhatikan. Buku itu berbahaya dan juga berguna."

"Lalu kenapa Nenek Magda yang menyimpannya? Bagaimana dengan Kelompok Pelindung?" tanya Faenish.

"Hanya sedikit yang tahu tentang buku itu," ujar Pak Raizer. "Saya bukan orang yang tepat untuk menceritakan kenapa buku itu ada pada Magda, kau akan tahu hal itu nanti jika memang kau ditakdirkan untuk mengetahuinya."

ATTACHEDWhere stories live. Discover now