The Dream Traveller

By gemscribble

722K 28K 2.6K

Pernah memimpikan satu orang yang sama secara terus menerus di setiap malam? Kasusnya mungkin akan terdengar... More

[The Dream Traveller]
[1] He's Coming
[2] His 'Confession'
[3] A Pre-Talk
[4] Dream Traveller
[5] How Long?
[6] Unexpected Falling
[7] Weird Reaction
[8] Surprise and Her Fools
[9] The Painful Jenny
[10] Quality Time
[11] A Day Out I
[12] Promise and Pain
[13] Midnight Convo
[14] Another Weirdness
[15] The Fault Of Being Dream Traveller
[16] That Question
[17] His Main Reason..
[18] Discover More
[19] Hopes and Truth
[Extra Chapter] #1
[20] The Hidden Truth
[21] The Missing Memory
[22] That One Heartwarming Talk
[23] The Adelio
[24] Deepest Secret
[25] Pain and Heartbeat
[26] Weird, Warm Feeling
[27] Flip In The Mind
[28] Right Words and Time
[29] Click
[30] Distracted Mind
[31] A Day Out II
[32] Stay In The Mind
[33] About Time (And Memories)
[Extra Chapter] #2: Six Years Ago...
[My Dream Traveller]
[Extra Chapter] #3: Always By Your Side

[34] Beautiful Goodbye

12.6K 663 175
By gemscribble

[34] Beautiful Goodbye

Loooong-ish chaps, jadi harap maklum ngupdatenya jadi telat dibanding biasanya kemaren-kemaren HAHA .-. Happy reading!

▂ ▂ ▂ ▂

Ada beberapa garis besar obrolan yang gue punya sama Landon – dan orang-orang lain selain Landon juga sih, tapi sama pentingnya buat gue – dalam beberapa hari belakangan yang dengan daya ingat gue yang teramat memprihatinkan, gue bela-belain nyoba tetep inget sebisa gue karna ini precious dan.. yah, ini hari-hari terakhirnya disini.

Gue bakal nyoba inget dan appreciate semuanya.

(H-5)

“Jadi, apanya yang menarik?”

Gue nanya terlalu to the point, gue tau itu. Ga heran juga Landon jadi kaget trus mandangin gue dengan mulut nyaris ternganga bingung. “Maksud..nya?”

Pengen ngakak sih liatnya, tapi gue tahan.

“Lo pernah bilang kalo mimpi gue menarik. O..ke, ga cuman mimpi gue sih tapi juga mimpi orang-orang lain yang sebelumnya lo datengin. Lo muncul ke mimpi dan kehidupannya karna mimpinya menarik dan..” demi apapun, gue menceracau ga jelas cuman gara-gara dengan gampangnya envy sama fakta kalo Landon juga pernah muncul di mimpi dan kehidupan orang-orang sebelum gue, ck. Iya gue tau dia nyari gue tapi tetap aja tau kalo dia muncul dikehidupan cewek lain dan ngabisin waktu (yang bisa jadi) sedeket kayak yang dia habiskan sama gue disini.. gue ga demen demi ya Tuhan. “...Intinya, emangnya mimpi gue.. menariknya.. dari sisi apa?”

Landon mengerutkan matanya samar, mikir sejenak. “Susah untuk dijelasin.”

“Kok?”

“Inget waktu gue ngasih tau tentang hal-hal yang lo punya yang ngingetin gue sama.. yah, lo sendiri, Jen, pokoknya yang ngingetin gue sama dia-yang-gue-cari waktu itu. Lo inget?”

“Inget. Hubungannya?”

“Ga ada hubungannya sih.”

Elah?

“Becanda, Jenny.” Landon nyengir sambil ngacak rambut gue sebelum kembali melanjutkan. “Cukup gampang buat gue untuk jelasin beberapa hal yang menarik dari lo yang lo bahkan ga sadari. Tapi kalo lo minta gue jelasin tentang mimpi lo dan hal-hal menarik yang ada didalam sana, itu.. sama aja kayak lo minta gue untuk mendeskripsikan tata surya tepat ke semua galaksi-galaksinya. Atau untuk contoh yang lebih simpel; sama aja kayak minta gue jelasin apa yang gue tau tentang cewek.”

Kesel sih ga dapet jawaban yang gue mau, tapi ga urung tetap aja gue refleks menyeringai. “Terlalu rumit?”

“Tepat.”

Great.

“Tapi ada hal menarik lain dari lo yang sebenernya belum pernah gue kasih tau sebelumnya.”

“Apa?”

“Mata lo, Jenny. Warnanya, dan caranya mandangin gue.”

Well, itu juga hal yang sama yang gue suka dari Landon.

Dan– oh. Caranya mengucapkan kalimat barusan. Gue sungguhan suka.

***

(H-4)

“Hubungan lo sama Landon.”

Tangan gue terhenti sejenak dari prosesnya menyendok ice cream, walaupun cepat kembali gue lanjutin seakan ga ngefek apa-apa. Sok fokus makan tanpa mandangin Kieran. “Apanya?”

“Lo tau yang gue maksud.”

Iya, tau. Tapi gue ga mau jawab, kaykayy.

“Lo nanyain pertanyaan yang lo tau jawabannya apa, Ki.” gue bahkan juga memutar bola mata untuk menambah gaya sok males gue. “Gue sepupu sama L–”

“Please. Gue juga sepupu dan gue ga mandangin dia kayak cara lo mandangin dia.”

“Karna lo cowok, plis.” gue ga bisa untuk ga meringis ngeri, ngebayangin Kieran mandangin Landon dengan cara yang dia bilang keliatan dari cara gue mandangin Landon.. Ew.

“Dan Keira cewek. Kayak lo. Tapi dia enggak.”

Jleb.

Gue menyesap ice cream dimulut gue tanpa minat, mendadak ngerasain mules yang gue tau penyebabnya sama sekali ga ada hubungannya dengan apa yang lagi gue makan.

“Kenapa lo mendadak pengen tau banyak tentang Om Chris sama Tante Laura?”

Mulesnya semakin parah.

“Cuman.. ki..ta, gue maksudnya, kan udah lama ga ketemu sama Om.. Chris sama Tante Laura, jadi..” gue menelan ludah singkat. “Gue pengen aja nanyain kabar mereka. Atau.. apa mereka punya rencana pulang kesini atau– ah! Kita kesana, mungkin? Liburan?”

Kieran berdecak sadis. “You wish.”

Fine. Gue emang ga dapet banyak info dari Kieran tapi gue dapet banyak dari bokap. Sesi tanya jawab yang sukses gue lakuin sambil pasang muka badak untuk semua celotehan puas bokap tentang gimana dia happy seneng asdfghjkl nya buat ngeliat perubahan arah hubungan gue sama Landon kearah yang lebih baik, blah.

Gue dapet info tentang orangtuanya Landon; Papanya yang British asli dan Mamanya yang campuran British-France.

Dia berapa bersaudara; Tiga, kakak cewek tiga taun diatasnya, lalu Landon, trus adek cewek sepuluh taun dibawahnya. Dalam arti lain: He’s surrounded by a woman. Check.

Dan info-info lain yang gue kayaknya jadi udah tau banyak tapi tetap aja gue pengen tau lebih lebih jauh. Tapi too bad bokap ga punya jawaban buat semua pertanyaan gue dan gue harus berbesar hati untuk tau beberapa aja, which is sebenernya sama pentingnya dengan dua info diatas tapi ga pengen aja gue jelasin lebih lanjut karna terlalu precious sekaligus terlalu simpel-tapi-penting yang meaningful yang gue pastikan udah tersimpan rapih diingatan gue tanpa bisa lupa sampe kapanpun.

Gue cuman, gue harus ngumpulin info sebanyak mungkin sebelum keluarga gue keburu lupa. Sebelum Landon keburu pergi.

Sementara dari Kieran.. well, info paling penting yang gue dapet dari dia adalah.. oke bukan info sebenernya karna gue baru juga mau nanya pas Kieran udah bikin gue terdiam duluan waktu dia langsung motong dengan nada kalem, tapi menyelidik level ‘abang-yang-lo-pikir-ga-peduli-tapi-jauh-lebih-peduli-dari-yang-lo-kira’.

“Lo sayang sama Landon, Jen?”

Pertanyaan yang gue ga segitu beraninya untuk jawab dengan lantang didepan Kieran. Ga dengan tatapan ‘if looks could kill’ nya itu, seakan kalo gue iyain sebegitu salahnya.

No, thanks. Gue ga mau mati ditangan kakak gue sendiri. Err seenggaknya ga sekarang.

***

(H-3)

“Ada yang mau gue tanyain, dan lo harus jawab.”

Gue mendelik, heran, tumben ga biasa-biasanya Landon nanya tapi maksa begini. “Apa?”

“Janji dulu.”

Gue meringis. “Gue sumpah prefer ‘promise first’. ‘Janji dulu’ kesannya kayak kita lagi umur lima taun trus lo punya ide ngajak gue kabur ke taman bermain padahal mama lo nyuruh kita pulang sooo–”

Jen.”

Sigh.

“Fine. Apa, Landon?”

Dia menatap gue lurus, lalu mengucapkan pertanyaan itu.

“Gimana perasaan lo ke Haykal sekarang?”

Gue refleks terdiam.

Gue cukup tau jawaban untuk pertanyaannya cuman dalam hitungan detik begitu pertanyaannya dia suarakan, tapi tak urung gue terdiam cukup lama untuk kilasan wajahnya yang refleks muncul diingatan gue dengan cepat. Gue inget terakhir ketemu dia dikelas pagi sebelumnya, dan hari-hari sebelumnya dimana kadang gue menemukan diri terpaku menatap punggungnya dengan perasaan yang, gue ga tau cara paling tepat untuk mendeskripsikannya gimana.

I feel bad for him, dan gue lebih dari cukup tau kalo dia juga feel bad ke gue untuk apa yang akhirnya gue ketahui dan untuk apa yang udah terjadi antara gue sama dia. Yang ga cuman tentang kecelakaan itu, tapi juga efek kedepannya yang akhirnya berefek ke hubungan gue sama dia. Tembok tak kasat mata yang bikin gue semakin jauh sama dia, dengan jarak yang masih sedekat sekelas dan satu Klub Film..

Yang I guess tentu bukan perasaan yang sama lagi dengan sebelumnya kalo semuanya yang tertinggal cuman canggung, dan perasaan bersalah yang ga ada habisnya untuk gue sama dia. Satu sama lainnya.

***

(Masih H-3)

Landon nanya apa yang gue rasain untuk semua yang terjadi dalam hidup gue belakangan ini. Kemunculannya, lalu rahasia tentang masa lalu yang akhirnya gue ketahui, lalu perasaan gue ke Haykal, juga tentang Alan, dan–

Landon sama sekali ga nyebutkin nama Keira tapi entah kenapa justru namanya yang refleks gue inget untuk pertanyaannya itu. You know, membahas tentang Alan tapi ga bahas tentang Keira terasa sama impossible nya dengan membahas Alan tapi ga bahas Haykal; mengingat gimana keduanya berkaitan erat sama Alan. Dan mengingat Keira sementara kenyataannya sampe detik ini dia masih menolak ngomong sama gue ga peduli mau sekuat apapun gue nyoba untuk deketin dia, bikin gue terdorong untuk ngelakuin hal yang gue udah janji untuk ga ngelakuinnya lagi tapi– gue lakuin bukan untuk Landon, gue janji ga ngelakuin cuman untuk hal-hal yang berkaitan sama dia, so.. gue kemudian ngebiarin semuanya tumpah tanpa terkecuali. Sepuasnya.

Gue nangis dibahu Landon yang sama sekali ga nyuruh gue berhenti, ngebiarin gue nangis sepuasnya sampe bahunya basah gara-gara gue. Satu perhatian yang gue tau simpel, tapi begitu membekas ke gue untuk satu gumaman dan rangkulan yang dia ucapkan sewaktu gue masih nangis dengan payahnya.

“Gue pergi, tapi gue ga bakal bener-bener pergi, Jen. Oke? Gue selalu disini..”

***

(H-2)

Kebiasaan gue untuk bisa-bisanya baru nyadar sama satu hal penting pas udah lewat beberapa waktu kembali kambuh pas gue bisa-bisanya baru konek untuk nanyain:

“Jadi umur lo berapa sebenernya, Lan?”

Yang ga gue duga malah direspon sama tepukan tangan dari Landon dengan tampang, uh, kaget? Shock? Amazed? – dan menggelengkan kepalanya dengan dramatis.

“Akhirnya lo nanyain pertanyaan itu juga, Jen.”

Daaaaamnnn.

“Jawab aja bisa kali.”

Landon menyeringai evil. “Lo ga kangen sama kata satu itu, hm?”

“Kata apa?”

“Tebak.”

Anjrit.

Gue misuh-misuh kesel, niat mau tetep maksa Landon ngejawab tanpa gue musti tebak yang astaga– gue udah cukup sama semua tebak-tebakan yang udah dia lakuin selama ini pas mendadak otak gue tumben jadi mau memproses jawaban ga langsung yang sebenernya ada didalam penjelasan Landon dulu pas membahas jeda waktu gue sama dia itu. Juga umur gue sama dia pas gue datengin kehidupan dia waktu itu..

Dan pas gue klik sama jawabannya, gue refleks ternganga dan Landon yang dengan kuranghajarnya malah merespon kekagetan gue dengan ketawa. Lebar. “Jadi?”

Gue kecelakaan umur dua belas dan pas itu Landon bilang umurnya empat belas taun, which is means dia tuaan dua taun dari gue, tapi dia seumuran sama Kieran Keira. Dan gue sekarang delapan belas tapi berhubung dia yang sekarang adalah Landon tiga taun yang lalu, cowok ini bukan dua puluh, sama sekali bukan..

“Lo tujuh belas.”

“Sekarang, tapi harusnya gue–”

“Iya, gue tau tapi–” gue meringis, nyoba untuk bener-bener ‘ngeliat’ Landon untuk ngeliat tanda-tanda dia emang berumur tujuh belas sekarang tapi.. gue bisa apa? Sejauh gue ngeliat.. oke, ada sesuatu dari raut wajah dan sorot matanya yang emang nunjukin kalo dia emang.. muda. Asdfghjkl kesannya gue tua banget elah. Tapi juga kalo diliat tampangnya juga pas sih untuk umur dua puluh taun, tau sendiri tampang bule suka rada boros dibanding umur aslinya.. duh.

Tapi ga deng, iya sih keliatan juga muda nya Landon. Dikit doang, dikit banget.

“Trus ngapain lo pake ngibul segala bilang kalo lo udah kuliah?”

“Gue ga boong juga sih..” jeda sejenak, sebelum kemudian dia menjelaskan kalo dia sebenernya udah lulus SHS sekitar dua bulan yang lalu. Tapi, dia belum kuliah bcus dia sekarang lagi konsen di A Level nya aja, udah taun keduanya. Ini sotoy nya gue dari penjelasan Landon dengan otak ceteknya gue; jadi A Level itu tingkatan kayak diatas SMA tapi dibawah kuliah. Dua taun doang, abis itu baru deh kuliah. Bentar lagi sih dia artinya masuk kuliahnya ya..

Eh tapi intinya tetep aja sih ya dia emang ngibul?

Kesel, tapi tetep gue refleks senyum pas gue kembali mandangin Landon dan bener-bener ngeliat wajahnya.. ngeliat raut wajah mudanya, kalo boleh gue tambahkan.

“So, yang gue liat sekarang adalah Landon berumur tujuh belas taun..”

Landon ikut tersenyum, menyeringai lebih tepatnya sambil mengangkat sebelah alisnya, nge-tease. “Dan yang gue liat sekarang adalah Jenny berumur delapan belas taun..”

Ew.

Entah, gue juga ga tau ‘ew’ gue barusan buat Jenny nya, atau buat tuanya gue.

.

.

Ew.

***

(H-1)

Gue cukup tau, kalo dibalik senyum dan tingkah sok biasa Landon beberapa hari belakangan, dia sebenernya masih memikirkan tentang hal itu, tentang time travellernya. Dia mungkin emang ga ngomong ke gue, tapi gue bisa liat dari gimana dia kadang keliatan kayak space-out, ga disini dan larut sendiri dalam pikirannya.

So then gue putusin untuk nanyain ke dia. Dan bener-bener nanya I mean, gue ga bakal pergi sebelum gue bener-bener dapet jawabannya juga.

“Keduanya terasa berhubungan, tapi sekaligus juga saling lepas satu sama lainnya.”

Keduanya yang dia maksud tentu aja adalah; tentang kehidupannya yang lagi dia tinggalkan dan juga kenyataan bahwa dia taunya juga time traveller.

Landon juga menjawab pertanyaan gue yang lain tentang kehidupannya yang lagi dia tinggalkan sementara. Yang demi apapun, gue sumpah bingung gimana caranya dia ngebiarin kehidupannya terus berjalan disana selagi dia kesini pas kemudian dia ngasih jawabannya. Jawaban yang, to be honest, ga se-sensasional yang gue bayangkan sebelumnya – you know, imajinasi tinggi gue udah ngebawa gue mikir kalo Landon bisa jadi seorang penyendiri super freak yang bisa berada dikamarnya berbulan-bulan tanpa sekalipun keluar kamar dan siapapun yang ingin berinteraksi sama dia cuman bisa nitip pesan via voice mail dan ga ada cara lain selain itu, sama sekali (haha so cool imajination, Jen, ck) – karna kenyataannya cuman sesimpel; orangtuanya tau kalo dia dream traveller dan.. begitulah. Mereka tau, lalu mereka ngebiarin, lalu mereka menunggu. Selalu begitu.

Weird or cool or– apa sih kata yang paling tepat buat ngegambarin orangtuanya Landon?

Dan– lo kepo ga sih sama gimana-caranya-dia-seenak-udelnya-ninggalin-sekolah-sesuka-dia?

Gue udah nanyain itu tapi gue ga dapet jawabannya. Jawabannya langsung, I mean, karna Landon cuman ngasih jawaban ga langsung sambil mengulum senyum aneh, menjawab singkat. “Lo bakal tau nanti, tapi ga sekarang.”

Gue juga tau kali kalo nanti ya udah pasti ga sekarang, please.

Mood Landon keliatan sedikit membaik begitu menjawab pertanyaan itu. Tapi tetap aja tentang time traveller itu.. dia emang udah jawab tapi gue ga ngerti maksudnya apa. Gue ga ngerti apa yang begitu salah dari time traveller sampe Landon harus sekaku ini..

Gue cuman bisa berharap semoga semuanya baik-baik aja.

***

(Masih H-1)

“Gue ga pernah inget gue mimpi apa sebulan belakangan.”

Gerakan Landon yang lagi memainkan stick PS terhenti. As I expected, dia terlalu nangkep sama maksud dari pernyataan gue barusan.

“Inget waktu gue pertama kalinya bahas ini?” gue nanya, niatnya sok kesel tapi yang ada gue malah nostalgia ke waktu-waktu itu; jaman-jaman pas Landon baru dateng dan gue masih bingung setengah mati sementara dia malah pewe setengah idup di hidup gue. Yang dulu mungkin kadang ngeselin, tapi tetap aja gue tau sekesel-keselnya gue pas dia lagi kambuh ngeselinnya, gue tau kalo dia toh udah bikin kehidupan gue terasa jauh lebih baik dibanding sebelumnya.

“Yap. Dan inget jawaban gue apa?”

“Lo ga jawab, plis.” gue bikin cakar sama jari-jari gue sambil ngelanjutin ngomong penuh penekanan per kata. “Lo. Bilang. ‘Tebak’. Doang.”

And of course, seperti pas tiap kali gue keliatan gregetnya sama dia, Landon malah ketawa puas. Kayak bahagia banget ngeliat gue greget..

Tapi untungnya metode sok kesel sambil mengerucutkan bibir dan ngasih tatapan terkiller yang gue punya plus ga nanggapin apapun tiap kali Landon ngalihin pembicaraan akhirnya mempan juga. Dan jawabannnya.. referensi jawabannya maksud gue, well.. lagi-lagi bukan jawaban yang gue pikirkan sebelumnya.

“Lo inget alat pemutar balik waktu yang dipunya Hermione di Harry Potter? Prisoner of Azkaban? Inget hukum mutlak untuk pemakaian alat itu?”

Gue inget mampus saking seringnya baca ulang bukunya, plis;  they can’t be seen. Alias, dia ga boleh berada didua tempat secara bersamaa–

Tunggu bentar.

Itu?

Landon tau-tau tersenyum seakan bisa membaca isi pikiran gue, menyeringai lebar. “Udah ngerti sekarang?”

Demi.

Lawak banget ga sih? Jadi mentang-mentang dia lagi disini, dikehidupan gue, jadi gue ga boleh mimpiin dia sama sekali?

Teganya.

***

(Today)

Emily patah hati sama Landon. Gara-gara gue.

Err gue juga tau sih kalo patah hatinya Emily bukan patah hati yang bener-bener patah, karna dia paling juga cuman crush doang ke Landon dan ga bener-bener cinta juga kayak yang dia rasain ke mantan terindahnya, tapi tetep aja..

Dan gue akhirnya ceritain ke Emily semuanya. Yang gue tau ini mungkin telat banget karna gue ga dari awal ceritain ke dia.. Tapi kan lebih baik telat daripada enggak sama sekali. Gue ceritain semuanya, gimana gue taunya pernah kecelakaan waktu gue kecil dulu. Juga tentang Alan, dan hubungannya sama Haykal.. tapi ga dengan gue tanpa sadar dream traveller. Juga ga dengan gimana Landon sebenernya bukan sepupu gue. No. Terlalu susah untuk diterima sama logika dengan gampang. So that’s why gue ngebiarin Emily stuck dikesimpulan kalo; gue tipe sepupuan yang bisa jadian sama Landon yang taunya bahkan jauh sebelum ini gue ‘rasain’ sebut saja bokap gue sama orangtuanya Landon udah rencana jodohin kita berduatapi taunya gue sama dia udah ‘inisiatif’ duluan.. begitulah.

Kesannya apa banget ya. Sigh.

Kalimat terakhir jelas ngibul doang tapi gue putuskan kalo Emily cukup dengan fakta satu itu tanpa harus gue luruskan. Juga apa yang pernah dia ceritain dulu kalo dia pernah kesini tapi ga ketemu gue gara-gara gue (ceritanya) lagi sakit padahal enggak (you know what I mean), itu aja Landon ga pernah ngasih tau sampe sekarang yang gue asumsikan dia emang lupa.

O..ke. Gue juga ga tau poinnya apa gue mendadak bahasin tentang hal barusan, duh.

Padahal kenyataannya ada poin lain yang lebih penting untuk gue kasih tau sekarang. Poin yang bener-bener penting, yang mau gimanapun gue belagak lupain tetap aja gue tau hari ini bakal dateng, lama kelamaan..

Landon bakal balik hari ini.

***

Gue serasa jadi penonton yang lagi menonton dari layar tivi saking diemnya gue dan cuman fokus peratiin interaksi dihadapan gue tanpa bener-bener bersuara.

Ngeliat Landon berinteraksi sama bokap, juga sama Kieran, Keira..

Gue udah cukup sering ngeliat pemandangan ini sebulan belakangan. Walaupun lebih seringnya dengan ga ada bokap didalamnya, tapi tau kalo ini hari terakhirnya Landon disini, kali terakhir keluarga gue berinteraksi sama Landon sebelum nanti mereka bakal lupa dan ga bakal punya memori apapun tentang Landon, ga ada lagi sepupu dari London yang udah menginap disini dalam sebulan belakangan, bikin gue lebih meng-appreciate apa yang lagi gue alamin sekarang lebih dalam dibanding biasanya.

Gue udah nanyain pertanyaan yang masih tertinggal yang gue masih belum nemu jawabannya dalam beberapa hari belakangan. Semuanya, termasuk keanehannya tanpa sadar taunya juga time traveller, juga gimana nanti misalnya kalo keluarga gue ketemu dia lagi one day didunia nyata beneran tanpa perantara mimpi, juga kemungkinan kapan gue bisa ketemu dia lagi, bener-bener terasa kayak udah gue tanyain semuanya tapi tetap aja gue ngerasa ada yang kurang. Ada yang lupa.

Yang– entah gue juga ga ngerti. Apa emang gue kelupaan sesuatu atau ini cuman perasaan ketakutan untuk kepergian Landon, yang ga lagi sekedar kemungkinan karna dia emang bakal pergi, dalam itungan jam, ngilang dari kehidupan gue disini. Ninggalin kelupaan ingatan buat keluarga gue yang lain tapi enggak untuk gue..

Dan gue tau, ke-sok-tenang-an dan sok gapapa yang berusaha gue tunjukkan dalam beberapa hari belakangan, bakal bisa fail dalam hitungan jam kedepan..

***

Gue membuka mata, tanpa bener-bener tertidur pas gue denger hape gue diatas meja deket bed berbunyi, yang ga perlu ngeliat display nya gue tau itu siapa.

Janji yang dia bikin sama gue tadi.

Bahkan gue belum bener-bener udah keluar kamar pas pandangan gue cepat mengabur tanpa bisa gue tahan sedikitpun. Dan gue butuh untuk menggigit bibir kuat-kuat biar nangis gue ga keburu pecah bahkan disaat gue belum bener-bener ketemu Landon, ngomong sama dia, say goodbye untuk terakhir kalinya..

Rumah udah gelap pas gue melangkah keluar kamar. Nyaris mendekati tengah malam dan gue tau kalo peluang Kieran, Keira, maupun bokap untuk masih keluar kamar jam segini bener-bener kecil. Waktu yang sengaja dipilih Landon untuk pergi. Waktu dimana dia bisa say goodbye ke gue tanpa harus diinterupsi siapapun. Dan waktu yang tepat untuk Kieran, Keira, dan bokap untuk terakhir kalinya ketemu Landon tadi sebelum mereka bangun besok paginya dengan ingatan akan Landon yang bakal udah terhapus tanpa sisa.

Pintu balkon udah terbuka pas gue melangkah mendekat. Gue ngeliat Landon, berdiri dengan kedua belah tangan bertumpu dipagar balkon dengan tubuh memunggungi gue. Tubuh yang perlahan berbalik pas gue ikutan berdiri disebelahnya, membentuk senyum khas dia dengan keliatan tanpa beban sama sekali.

“Udah tidur?”

Gue cuman mengedikkan bahu pendek. “Nyaris.”

“Ah. Masih bisa tidur?”

“Mm. I wish sih.” gue menatap Landon, berusaha membentuk senyum biasa sambil ngomong, atau bertanya sebenernya, memastikan satu hal yang penting buat gue.. “Dan nanti lo bisa muncul dimimpi gue lagi kalo.. lo udah pergi.”

Iya kan?

Untuk sesaat gue bisa ngeliat sorot matanya meredup, walaupun kemudian pas gue bener-bener mandangin dia untuk memastikan Landon udah mengubah raut wajahnya cepat. “Apa masih ada pertanyaan lain yang masih belum lo tanyain?”

Gue mengangguk, terlalu tau kalo gue bakal refleks mengangguk tanpa harus bener-bener menyimak pertanyaannya.

“Apa?”

Gimana caranya lo bisa menemukan mimpi gue?

Gue pengen nanyain itu, tapi dengan cepat gue juga enggan untuk bertanya karna entah kenapa gue ngerasa tau jawabannya. Landon toh udah bilang kalo dunia mimpi itu luas, dan ga gampang untuk bisa ketemu mimpinya orang yang dia mau; mimpinya gue.. Dan gue cukup tau kalo jawabannya paling juga jawaban yang sama untuk pertanyaan lain yang juga sempat gue tanyain beberapa hari yang lalu, tentang apa yang menarik dari mimpi gue sampe dia kepikiran untuk masuk kedalam mimpi itu..

So that’s why gue milih untuk nanyain pertanyaan lain.

“Sebelum lo muncul disini dulu, gue inget dimimpi terakhir gue..” gue menggumam, mengerutkan kening sambil berusaha nginget mimpi terakhir gue tentang dia. Dan– gue tau yang gue maksud dengan terakhir itu baru sebulan yang lalu tapi rasanya beneran udah lama saking udah terasa match nya keberadaan Landon disini sama kehidupan gue.. “Lo ngilang ke balik pintu rumah dan pas gue bukain pintu besok paginya, lo.. tau-tau emang ada.”

Weird, weird. Gue mungkin nyaris lupa sama mimpi terakhir gue tentang Landon tapi gue masih begitu inget sama perasaan ngeri pas ngeliat dia muncul dibalik pintu waktu itu..

“Jadi?”

Gue menelan ludah, mengucapkan pertanyaan itu nyaris seperti bisikan. “So that’s mean gue bakal inget juga gimana caranya lo pergi dari kehidupan gue nanti..?”

“Jen.” Landon berdecak, untuk beberapa saat dia cuman menatap gue seakan pertanyaan gue barusan apa banget. Seakan gue nanyain hal yang ga cukup penting untuk ditanyain, seakan pertanyaan gue kedengeran silly buat dia–

Pikiran gue refleks terhenti pas Landon tau-tau mengulurkan tangannya kebalik bahu gue, menarik gue jadi lebih mendekat kearahnya. “Kemunculan lo dikehidupan gue waktu itu cuman seminggu, gue udah pernah bilang kan? Waktu yang relatif jauh lebih singkat kalo dibandingin sama waktu gue disini, dikehidupan lo sekarang..

“Dan waktu yang relatif singkat itu udah ngajarin gue satu hal, lo tau,” dia menyunggingkan senyum kecil, menatap gue hangat. “Kalo gue bakal selalu menghargai setiap detik yang gue punya, menikmatinya tanpa berpikir berlebihan yang ‘sebaiknya’ ga gue lakuin. Yang juga gue terapkan sekarang, sejak sebulan yang lalu, pas gue muncul disini, dikehidupan lo..

“Dan gue mau lo juga ngelakuin hal yang sama sekarang, Jen. Ataupun nanti, pas gue udah ga lagi disini.” dia tersenyum lagi, sebelum tau-tau menutup matanya sejenak – seakan bener-bener memaknai kalimatnya. “Gue ga bakal jawab pertanyaan lo lagi, karna gue mau lo, Jen,” membuka matanya lagi, menatap gue dengan sudut matanya yang berkerut samar. “Maukah lo untuk menikmati waktu-waktu ini tanpa ada pertanyaan lagi? Jangan bebani pikiran lo untuk hal-hal yang ga penting, oke? Lo harus tau kalo apapun yang terjadi nanti.. lo ga harus tau semuanya sebelum hal itu terjadi. Kadang, lo butuh untuk membiarkannya terjadi begitu aja tanpa banyak berpikir..”

Membiarkannya terjadi begitu saja.

Gue mencerna sebaris kalimat itu lebih lama dibanding seharusnya, sebelum akhirnya mengangguk masih dibawah tatapan Landon yang berusaha untuk bikin gue ngerti. “Fine.”

“Karna gue pergi, tanpa bener-bener pergi..”

Thump.

Gue mandangin Landon yang menggumamkan kalimat barusan dalam nada yang masih terasa sama dengan waktu dia pertama mengucapkannya ke gue beberapa hari yang lalu. Dia lalu mempererat genggamannya dibahu gue, ngucapin sebaris kalimat yang refleks bikin gue mengulum senyum. “Apa menurut lo aneh kalo gue pengen terus-terusan ngucapin kalimat itu, hm?”

“Ga sama sekali.”

“Dan.. apa aneh kalo misalnya gue bilang gue selalu suka tiap kali lo menyebutkan kata ‘kita’ untuk menggambarkan gue sama lo?”

Gue refleks mengangkat pandangan dengan jantung yang semakin berantakan pas nyadar gimana jarak wajah gue sama Landon yang terlalu dekat saat ini– bikin gue terpaku buat beberapa detik sebelum kemudian menarik wajah gue mundur, tapi masih sepenuhnya kaget dengan yang dia bilang tadi–

Dia juga suka kata ‘kita’? Demi apa?

“Dan lo bahkan lebih duluan ngomong ‘kita’, Jen, daripada nyebut nama gue duluan.”

Gue ketawa, tapi tawa yang bahkan buat gue sendiri terasa aneh dengan mata yang malah terasa menghangat. “Seriusan?”

“Yep.”

“Ga aneh kok.” gue menjawab, masih aja sok meletin lidah padahal mata gue masih aja belum berubah kembali normal. “Lebih anehan gue sekarang. Sok ketawa, sok becanda, tapi mata gue begini.”

Kita aneh keduanya.”

Gue menggeleng, entah untuk apa, sebelum kemudian memutar tubuh untuk masuk kedalam lingkupan lengannya Landon, memeluknya seerat yang gue bisa, seerat yang gue mampu. Landon balik memeluk gue, mendekap begitu hangat yang dengan gampangnya sukses bikin gue untuk bener-bener nangis tanpa butuh waktu lama.

“Nangis?” Landon nanya dengan gerakan bibirnya yang terasa dirambut gue.

Gue menggeleng, menjawab sarkas tanpa perlu mikir. “Nggak. Ketawa.”

Gue bisa denger dia mendengus sekilas sebelum kemudian malah menggumam, tanpa paksaan tapi serasa begitu ingin gue patuhi kalo aja gue bisa. “Jangan pernah ketawa lagi, kalo gitu. Gue ga suka ketawa lo, Jenny.”

“Wow. That’s cruel.”

“Emang.”

“Bangga?”

“Nggak. Gue cuman bakal bangga kalo dengan gue ngomong barusan secara ajaib emang bisa bikin lo untuk ga pernah ketawa lagi, Jen.”

Gue nyaris tersedak gara-gara bisa-bisanya ketawa dalam nangis gue sendiri saking mirisnya sama kalimatnya barusan. “Gue sumpah mulai mikir kalo lo bahas ketawa gue beneran dan bukannya ‘ketawa’. Gue bener-bener ga boleh? Sama sekali?”

Landon menarik tubuhnya mundur, mandangin gue dengan mata menyipit. “Ketawa pake kutip. Oke, Jenny?”

“Jenny ga pernah oke, oke.”

Landon berdecak, tapi tak urung tetap aja gue liat sudut-sudut bibirnya tertarik keatas, bikin mood nya keliatan lebih baik dari sebelumnya. Dan gue refleks ngelakuin hal yang sama juga, walaupun masih ga begitu baik dibanding–

My Jenny.”

Senyum gue terasa membeku dengan cepat, terpaku ke Landon yang tersenyum lebar.

Dia ngomong apa.. tadi? ‘My’?

Landon masih tersenyum, tapi senyum yang perlahan berubah jadi senyum miring. Senyum yang bahkan belum sempat gue tanyain lebih jauh karna tanpa gue duga tangannya yang sebelumnya masih memegang kedua belah bahu gue tau-tau turun dan meraih jemari gue dengan lembut.

Gue terpaku kaget, ngeliat Landon yang taunya ga menunjukkan reaksi aneh apapun, sedikitpun; meringis, kesakitan, atau apa. Dia masih tersenyum sebelum kemudian mendesah kecil. “Gue bener.”

“Apa sih–?”

Senyum anehnya kemudian terasa begitu melarutkan dengan mata birunya yang ikut terlihat berkilau dalam cara yang aneh. Tapi– bukan aneh yang mengerikan, tapi aneh dalam cara yang, dalam cara paling indah yang pernah gue temui.

Genggamannya ditangan gue yang tau-tau menjadi lebih erat cepat menyadarkan gue untuk menyuarakan keheranan gue yang mengubun-ubun– “Lo kenapa bisa–”

“Sesuatu yang selalu terjadi tiap kali waktu gue tinggal sebentar lagi.” Landon menjawab gampang, terlalu tau untuk pertanyaan yang belum gue suarakan. “Juga ini.” dia lalu mengangkat tangannya yang menggenggam tangan gue, tersenyum happy nyaris kayak lebih untuk dirinya sendiri. “That’s why.”

“Tapi– tapi kemaren-kemaren ini lo enggak tapi sekarang lo bisa– jadi,” kedua belah tangan gue terkepal, bikin gue untuk beberapa saat otomatis juga meremas tangannya Landon yang berada ditangan gue lebih erat dibanding sebelumnya, yang ga peduli senyaman apapun rasanya menggenggam tangannya gue kemudian milih untuk melepaskan tangannya dan mengkonfrontasikan keheranan gue tanpa interupsi pengalih perhatian sekecil apapun. “Lo harus jelasin semuany–”

“Simpel, Jen. My time has come.”

What?

“I need to go now.”

No.

Landon meraih tangan gue lagi, mengusapnya begitu perlahan seakan tangan gue terbuat dari porselen yang gampang pecah. “It really feels good to touch you without any suffer anymore.”

Gue masih dalam kekagetan yang luar biasa, tapi tetap aja denger intonasi suaranya terlalu bisa untuk bikin mata gue refleks memanas.

“But it feels bad to leave you..”

Dammit.

Gue mengepalkan tangan dan memukulkannya sekuat yang gue bisa kebahunya Landon, sama sekali ga berniat untuk bikin pukulan sok mellow kayak cewek-cewek kebanyakan tapi pure mukul karna gue benci. Yang– cukup sukses karna Landon kemudian meringis, memegang bahunya cepat sambil ngasih pandangan ga percaya ke gue.

“If it’s feel bad, then, don’t! Bodoh!”

Gue mengepalkan tangan lagi, siap untuk penyerangan kedua pas Landon kali ini bergerak lebih cepat dan menahan tangan gue, dengan gampangnya membungkam niat gue untuk kembali berusaha melepas tangan gue dari tangannya pas dia akhirnya mengucapkan kata itu. Tiga kata yang belum pernah bener-bener disuarakan Landon sebelumnya..

“I love you, Jen.”

Dengan nada suaranya yang terasa mampu bikin gue seketika membeku, seakan ga ada bantahan yang bakal bisa gue lakuin untuk menolak pernyataannya itu.

“Don’t make it hard for me to leave you. Hey,” bibirnya terlihat sedikit menyunggingkan senyum walaupun jejak serius dari tiga katanya tadi masih terlihat membekas diwajahnya. “Gue udah bilang sebelumnya.. I won’t leave you. Gue udah janji sama lo, Jen. You can keep my words on it. Can you just, trust me?”

Seriously? Dia minta gue buat percaya sama dia?

“Is it that hard to do?”

“Gue percaya lah, Lan! Please." emosi gue terasa semakin menumpuk denger pertanyaan tambahan Landon yang terasa semakin nunjukin kalo cowok ini ini emang bodoh– “Lo bahkan ga harus minta itu ke gue– Lo apa sih? Gue percaya. Gue cuman, ga bisa. No. Gue bisa. Gue, bisa.”

God, gimana dia bakal percaya kalo bahkan gue sendiri ga bisa ngeyakinin diri gue sendiri?

Gue ga bisa lagi yakin. Keyakinan gue yang sebelumnya emang ga seberapa terasa semakin terkikis habis saat ini dengan kengerian yang terasa semakin menumpuk dengan gimana Landon bilang kalo waktunya udah deket. Gue ga bisa kalo Landon pergi. Siapa yang bakal nemenin gue lagi? Siapa yang bakal selalu ada untuk gue disini?

Gue ga yakin gue bisa kalo dia udah ga ada lagi disini nanti..

“Yea, you’re right. Lo pasti bisa, I know that.” Landon menyentuhkan jarinya ke bawah dagu gue lembut, memaksa gue untuk mau ga mau kembali mengangkat wajah. Dan– sama seperti waktu-waktu magical sebelumnya dimana gue menemukan diri nyaris larut dalam matanya Landon, detik ketika gue bener-bener memandang matanya dengan sebaris kalimatnya tadi yang masih terasa bergaung di pendengaran gue saat ini, gue seketika tau kalo dia bener.

Mau se-impossible apapun kedengerannya, gue tau kalo harusnya gue bisa. Gue pasti bisa kalo nanti Landon udah ga ada lagi disini. I’m not that clingy.. Gue pasti bisa.

Dan seakan tau dengan kesadaran apa yang udah gue dapatkan, gue bisa ngeliat Landon kemudian tersenyum puas. But still pikiran gue dengan gampangnya kembali tersendat untuk bekerja pas gue nyadar sama gimana minimnya jarak antara gue sama dia sekarang, terasa semakin memarah pas dia kembali bergumam perlahan.

“I’ve said this to you and you really should trust me..” dia mandangin kedua mata gue bergantian, dengan tangan yang masih menarik gue mendekat seakan kealpaan jarak antara gue sama dia sebelumnya masih belum cukup sama sekali buat dia. “I would never really leave you.. Ever.”

Menggumamkan satu kata terakhir sambil menekankan bibirnya dikening gue lembut, menghapus jarak yang ada sama sekali.

.

.

.

.

Tapi sekaligus ninggalin memori terakhir yang justru ga akan pernah terhapus sama sekali.

Sampai kapanpun.

▂ ▂ ▂ ▂

AN. Demi, udahtamataja :O

.

.

.
Gadengmasih ada epilog sih, tapitetepajaudahtamat :O haha akhirnyah!

Tapibingungmaungomongapaantapipengenngomongjuga..

Emmunek-unekselagingebacaceritaini? Kritik saran? Pertanyaan yang masihbelumkejawab?

Post dikomenajayaaknantibakaldijawabin :3

Makasibangggeeeeeettudahmaubaca The Dream Traveller! Epilog nyanyusulsecepatnya <3 <3

– 011114, 4:37pm

Continue Reading

You'll Also Like

868K 6.2K 10
SEBELUM MEMBACA CERITA INI FOLLOW DULU KARENA SEBAGIAN CHAPTER AKAN DI PRIVATE :) Alana tidak menyangka kalau kehidupan di kampusnya akan menjadi sem...
465K 35.2K 43
"Seru juga. Udah selesai dramanya, sayang?" "You look so scared, baby. What's going on?" "Hai, Lui. Finally, we meet, yeah." "Calm down, L. Mereka cu...
784K 57.7K 62
Namanya Camelia Anjani. Seorang mahasiswi fakultas psikologi yang sedang giat-giatnya menyelesaikan tugas akhir dalam masa perkuliahan. Siapa sangka...
285K 11K 40
"bego ini obat perangsang bukan antimo" #lapakbxb Top : gamma Bot : nelv (mpreg) (BxB)