Bagian 16 (mencari definisi bahagia)

73 8 5
                                    

POV Aldwin

Pada akhirnya aku tetaplah orang yang sama, lelaki bodoh yang menyedihkan. bahkan kini dengan pengecutnya aku tidak mampu untuk melihat orang yang kucintai hidup bersama orang lain.

Adakah yang lebih menyedihkan dari pada ditinggal nikah pas lagi sayang-sayangnya? Kutahu, ini bukan pilihan yang kami inginkan. Tapi mampukah aku melawan takdir Allah yang terlalu mustahil untuk kuraih?

Kawin lari? Jangan harap Rani mau melakukannya, kecintaannya pada mamanya terlalu sulit untukku gapai. Bahkan terhadap Fajar yang kuyakini sebagai salah seorang lelaki yang membuat Rani selama ini bertahan.

Ya, pada akhirnya aku bukanlah siapa-siapa tanpa Allah.

"pergilah ketempat dimana kamu bisa melupakannya, cinta terlalu konyol jika hanya merubahmu menjadi kacau...

Banyak hal yang harus kamu perbaiki, tentu saja untuk kebahagiaan dirimu sendiri"

Akhirnya aku menerima tawarannya pak Joko untuk melanjutkan S2 di Oslo, di universitas dimana beliau menyelesaikan program Thesisnya disana. Beliau yang tahu keadaanku yang semakin kacau akhirnya sedikit memaksaku agar berangkat secepat mungkin. Bahkan dihari pernikahan Fajar dan Rani.

Aku bahkan tak sempat mengucapkan selamat tinggalku secara langsung, atau lebih tepatnya aku memang tidak bisa menemuinya secara langsung. Aku tidak ingin dia tahu keadaanku yang semakin menyedihkan. Biarlah aku mengubur perasaanku sedalam mungkin, sedalam perasaanku.

Bahkan saat Fajar berulang kali menghubungiku melalui wa, aku lebih memilih mengabaikannya dan mengalihkan diriku dengan jalanan kota Jakarta yang sedikit padat. Aku tahu, pada akhirnya aku bukan lelaki yang pantas bersanding dengan Rani, kualitas diriku terlalu jauh jika dibandingkan dengan Fajar. Atau memang kebiasaanku yang selalu kabur dan menghindari setiap momen yang menyudutkanku, yang mengganggapku tak pantas dan merasa buruk.

Sekali lagi aku pergi untuk melindungi diriku sendiri, aku tidak ingin selamanya hidup dalam bayang-bayang masa lalu. Rasa trauma yang sejak dulu hadir takan pernah bisa mau berkompromi jika aku tak berusaha menyembuhkannya. Dan aku pikir, aku perlu waktu untuk itu.

Maka untuk terakhir kalinya aku memandang gedung-gedung pencakar langit itu sambil bergumam. Selamat tinggal Depok, selamat tinggal Indonesia, selamat tinggal cintaku...

Maharani dwi Pratiwi.

000

Aku mengeratkan tali trench coat berwarna biru gelap yang kupakai. Saat musim dingin begini, cuaca Oslo bisa sampai -20, setelah hampir seminggu aku terkena flu dan demam dan memlilih mengurung diri di dalam flat, akhirnya aku bisa menikmati kilauan salju putih sambil menenteng sepotong hot dog yang dijual di Coop Prix atau minimarket yang lumayan murah tak jauh dari tempatku tinggal.

"Hi, Aldwin... professor Haitami mencari kamu

When will you join the KBRI? Orang orang pada nanyain kamu loh, jangan lupa lusa kesana ya, katanya ada nasi liwet dan ayam bakar khusus buat mahasiswa Indonesia"

Aku melambaikan tanganku kearah Jess, saah satu teman kampusku yang saat ini tengah berteriak di dalam apartemennya yang berada di lantai tiga, kepalanya menyumbal dibalik jendela. Padahal cuaca lagi dingin begini, sempat sempatnya dia meneriakiku yang berjalan menuju gedung apartemen.

Aku memberinya kode agar kembali menutup jendela dan menyuruhnya berbicara menggunakan telpon genggam. Dia tersenyum sambil menutup jendela apartemennya.

Aku masuk ke dalam gedung dan menekan tombol 10 dimana aku bersama beberapa mahasiswa lain tinggal. Sesuai request pak Joko akhirnya aku memutuskan untuk tinggal dengan room mate lebih banyak. 5 orang mahasiswa dengan fakultas yang berbeda. Sesuai anjuran dokter pula untuk menyembuhkan traumaku. Aku harus tinggal dengan banyak orang dan menghindari kesendirian.

Pelabuhan Terakhir (Proses Cetak)जहाँ कहानियाँ रहती हैं। अभी खोजें