Tips sebelum membangun bisnis starup

5 0 0
                                    

Pernahkah anda mendengar kata startup? Mungkin sebagian dari kalian tidak asing dengan sebutan starup. Disini saya akan menjelaskan apa itu startup.
istilah starup merujuk pada semua perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Banyak sekali starup di negara Indonesia yang mulai bermunculan.

Kemunculan starup ini dilatarbelakangi oleh munculnya aplikasi-aplikasi baru pada smartphone yang memudahkan para pengguna dalam berkomunikasi dan berbisnis. Starup diawali dengan sebuah ide lalu dirancang menjadi sebuah produk atau jasa sehingga produk atau jasa tersebut bisa dijual. Bagaimana tidak bisnis starup tidak menggiyurkan. Dalam satu bulan saja aplikasi yang berhubungan dengan starup bisa menghasilkan uang ratusan juta rupiah. Tentunya penghasilan tersebut diperoleh bukan hanya dari konsumen atau pembeli saja, melainkan penghasilan tersebut bisa didapatkan lewat aplikasi berupa iklan AdSense, endorsement dan penghasilan dari playstore itu sendiri. Semakin banyak orang atau netizen yang mengunduh atau mendownload aplikasi tersebut membangun starup adalah :

1. Membangun Ide

Ide bisa dicari dimana saja, saat kalian makan, bepergian bahkan pada saat anda buang hajat pasti akan terlintas ide apa saja yang liar. Dengan ide tersebut anda bisa membangun bisnis yang unik dan belum pernah ada di dunia sekalipun. Semakin unik bisnis yang kalian buat maka semakin banyak orang yang penasaran dan mencarinya.

Temukan ide dengan melihat persaingan bisnis yang ada saat ini, sedikit berbeda akan memberikan pengaruh besar terhadap bisnis anda. Belajarlah dari merk aqua, pada zaman dulu orang tidak pernah berpikir kalau air putih dalam kemasan harganya bisa lebih mahal daripada air biasa. Zaman dulu kemasan produk air minum aqua masih menggunakan botol kaca, namun seiring berjalannya waktu kemasan itu dirubah menjadi botol plastik. Adanya perubahan tersebut merupakan sebuah ide yang akan terus menerus memberikan inovasi baru terhadap suatu produk.

Mungkin awal mulanya orang merasa aneh dengan air putih yang dijual belikan, namun seiring berjalannya waktu apapun produk minuman kemasan pasti orang lebih mengenal merk aqua daripada merk yang lain. Terkadang malah mereknya bukan aqua tapi banyak orang yang menyebutnya itu aqua, saking melekatnya merek tersebut dibenak masyarakat aqua menjadi merek air minum terbaik sepanjang masa. Itulah pentingnya ide dalam membangun sebuah starup, mungkin pertama kali kalian mencoba anda akan dibilang gila dan mungkin terdengar aneh, tapi percayalah dengan ide-ide gila dan diluar nalar pikiran manusia akan tercipta sebuah produk yang luar biasa. Percayalah pada apa kata dirimu sendiri bukan apa kata orang lain.

2. Membuat Desain Produk atau Jasa

Setelah mempunyai ide bisnis yang akan anda lakukan adalah membuat desain produk. Apa itu produk? Produk merupakan barang atau benda sebagai bukti adanya transaksi antara penjual dengan pembeli sesuai dengan kesepakatan yang sudah disetujui kedua belah pihak. Produk bisa bermacam-macam jenisnya. Ada produk makanan, minuman, teknologi, IT dan lain sebagainya. Buatlah desain produk yang semenarik mungkin. Dengan adanya desain produk berupa merek, logo dan media promosi lainnya akan membuat starup yang akan dibangun mudah dikenal oleh banyak orang. Tanpa adanya sebuah desain produk, sebuah perusahaan akan kehilangan identitasnya, karena produk itu sendiri adalah jantung perusahaan.

Jika starup kalian berupa jasa, semisal gojek atau aplikasi jasa yang lain, maka penting buat kalian untuk membuat sebuah rencangan desain semenarik mungkin. Kemasan yang unik dan menarik dapat memikat banyak konsumen. Buatlah logo atau identitas visual yang menarik untuk mengembangkan bisnis anda, karena dengan adanya logo produk anda akan lebih mudah dipahami oleh seorang konsumen. Setelah logo sudah terbentuk maka perlahan akan tercipta sebuah branding dimana branding tersebut dihasilkan dari kesan pertama konsumen saat membeli produk atau jasa yang kalian jual.

3. Membuat aplikasi

Setelah terciptanya logo dan media promosi yang jelas, maka langkah selanjutnya adalah membuat aplikasi. Tentunya hal ini dibutuhkan seseorang yang ahli dibidang IT atau informatika. Aplikasi akan berperan sangat penting sebagai media atau wadah untuk memudahkan transaksi jual beli antara penjual dan pembeli. Dengan adanya aplikasi sebuah produk atau jasa, konsumen atau pelanggan tidak perlu bersusah payah untuk mencari segala macam info tentang produk yang akan disajikan.

Aplikasi memudahkan pelanggan untuk bisa mengakses segala macam produk dan memesan produk tanpa harus pergi ke pasar atau ke kios. Tentunya selain berfungsi sebagai media alat jual dan beli, aplikasi juga bisa menghasilkan pundi-pundi AdSense melalui iklan yang tersedia di dalam PlayStore. Semakin banyak orang yang mendownload aplikasi maka semakin baik rating dan penghasilan sebuah starup. Maka tidak heran jika anda pernah di antar oleh abang-abang gojek, lalu abang gojeknya meminta untuk diberikan bintang, itu tandanya abang gojek tersebut sedang mencari rating, semakin bagus rating dan penilaian dari penumpang, maka akan semakin banyak reward atau hadiah yang akan di dapatkan, begitupun dengan aplikasi.

4. Marketing / Penjualan

Langkah yang terakhir adalah langkah yang paling pokok dan yang sangat penting sekali. Jangan sampai langkah ini terlewati jika kalian ingin membangun sebuah starup. Sebagus dan secantik apapaun desain dan produk yang kalian buat maka tidak akan berguna jika marketingnya tidak berjalan dengan baik. Salah satu nyawa dan tonggak utama dalam berbisnis adalah marketing. Maka orang yang paling berjasa dan orang yang paling berdiri di depan adalah orang yang berhasil menjual produk-produknya.

Kalian mungkin punya ketrampilan dalam mendesain dan mengkonsep sebuah ide-ide bisnis. Namun ketrampilan itu tidak akan ada gunanya kalau kalian tidak mengerti ilmu tentang selling atau menjual. Hal ini menjadi sebuah persoalan yang sangat genting, mengapa sekarang banyak sekali starup yang gak bisa maju. Salah satu alasan dari mereka adalah tidak adanya orang yang berketerampilan khusus untuk menjual. Peran marketing atau sales sangat dibutuhkan untuk memasarkan sebuah produk, khususnya untuk staup yang baru. Kalau kata Helmy Yahya, orang yang paling kaya di dunia adalah orang-orang yang pintar dan mengetahui tentang segala hal dalam dunia marketing. Jarang kita temui orang kaya yang pekerjaannya cuma mendesain produk, membuat produk dan memikirkan ide dari produk itu sendiri. Pasti semuanya ujung-ujungnya adalah selling atau marketing.

Bagi kalian yang ingin membangun starup, tetaplah semangat meskipun dalam membangun sebuah bisnis itu banyak sekali rintangan dan halangannya. Susah kita temui orang yang sedang membangun bisnis langsung bisa sukses, semuanya berawal dari sebuah kegagalan. Teruslah mencoba ide-ide yang diluar nalar manusia, bangunlah sebuah bisnis yang sehat, terus berkomitmen dan jangan sampai kalian pesimis. Jadilah diri sendiri jangan sampai meniru orang lain. Kunci kesuksesan dalam membangun starup adalah berani mencoba dan berani untuk mengambil resiko.

Kaum Rebahan Bisa SuksesWhere stories live. Discover now