Kamu Perlu Tahu

1.1K 162 9
                                    

Hai! Seperti biasanya, mungkin kamu perlu tahu beberapa hal di bawah ini.

Erotomania:

ini adalah syndrom yang dialamani oleh Zea. Makanya dia tuh ngerasa Dipa sangat cinta sama dia, begitu pun ketika dia dipacu oleh perilaku Chen yang "menurutnya" sangat memperhatikannya. Jadi itu perasaan ke Dipa, bisa teralih ke Chen.

Kalau menurut istilah kedokteran/medisnya sendiri, penderita erotomania memiliki keyakinan yang kuat bahwa dirinya sedang disukai oleh seseorang. Orang tersebut bisa siapa saja, umumnya orang terkenal, seperti orang dengan posisi sosial yang tinggi, misalnya pejabat, selebriti, konglomerat atau mungkin tokoh politik, sekalipun mereka belum pernah bertemu sama sekali. Keyakinan ini bukanlah timbul dari kenyataan yang ada. Berkhayal, mendengar berita, atau menonton TV saja sudah cukup untuk memicu timbulnya erotomania. Erotomania, Meyakini Seseorang Mencintainya Padahal Tidak Nyata.

Penderita erotomania ini rela melakukan apa saja untuk orang yang dicintai. Mereka bisa menguntit, mengintip, berhalusinasi, dan melakukan tindakan berbahaya demi orang yang diyakini mencintainya.

Lalu, apakah sebutan bagi penderita erotomania adalah erotomanian? Enggak sih, itu cuma istilah buatan Chen aja buat Zea. 😁

Skizofrenia :

Nah kalau ini adalah apa yang dialamin Puri. Lumayan berat sih, sampai akhirnya Chen mengirim cewek yang pernah dia cintai ini ke rumah sakit jiwa.

Menurut hasil baca dan browsing-browsing sendiri, skizofrenia adalah gangguan mental yang terjadi dalam jangka panjang. Gangguan ini menyebabkan penderitanya mengalami halusinasi, delusi atau waham, kekacauan berpikir, dan perubahan perilaku. Gejala tersebut merupakan gejala dari psikosis, yaitu kondisi di mana penderitanya kesulitan membedakan kenyataan dengan pikirannya sendiri.

Selain itu, mereka cenderung tidak mampu mengingat dengan baik dan tidak bisa mengendalikan pikirannya sendiri. Hal tersebut menyebabkan mereka menjadi dihiraukan dan diasingkan oleh orang lain di lingkungannya.

Contoh gejala:

Halusinasi: Memiliki keyakinan yang sangat kuat terhadap halusinasinya sendiri tanpa ada bukti eksak yang bisa menguatkan realita halusinasi orang tersebut. Meskipun sudah dinyatakan dengan bukti, orang yang menderita skizofrenia tetap memiliki keyakinan atas halusinasinya.

Delusi: Merasa mendengar suara dan melihat sesuatu yang berada disekitarnya. Padahal, orang lain tidak bisa mendengar atau melihat hal tersebut.

Gangguan proses pemikiran: Berbicara dengan dirinya sendiri, menangis atau tertawa secara tidak terduga, kurangnya logika dan akal sehat. Penderita akan mulai berbicara dengan dirinya sendiri, mudah menangis, dan tertawa pada momen-momen tertentu yang tidak terduga.

Mudah marah dan cepat emosi

Sering tertawa sendiri terhadap hal-hal yang tidak lumrah

Menghiraukan kebersihan diri: jarang menjaga kebersihan diri seperti tidak ingin mandi, menggosok gigi, dan sebagainya.

Merasa tidak ada kebahagiaan yang bisa dirasakan.

Kurangnya motivasi untuk memulai atau melaksanakan suatu kegiatan, Paranoia atau
kecemasan berlebihan, Ketakutan melihat tempat umum yang ramai, Memiliki suasana hati yang tertekan atau menjadi sangat sensitif

Dermatopathia pigmentosa reticularis (DPR) :

Siapa kemarin yang kaget, ketika tahu kalau Chen memiliki kelainan ini? Cung! Hehehe.

Nah, ini memang langka. Kalau dari beberapa artikel yang aku baca, bahkan "katanya", yang mengidap kelainan ini di dunia enggak sampai 20 orang. Dan biasanya diturunkan pada garis keturunan perempuan.

Loh, kan Chen cowok, kok bisa? Baiklah, ceritaku inikan fiksi. Dan semua artikel menyebut "biasanya". Biasanya artinya, mungkin aja ada cowok yang mengidap ini, tapi tidak tercatat, dilaporkan atau diketahui, bukan? 😁

Istilah lain dari DPR adalah Adermatoglyphia.

Penderita kelainan ini biasanya tidak memiliki kelenjar keringat, sehingga tidak bisa berkeringat lebih baik. Mereka juga bakal kesulitan memegang benda-benda licin, kayak gelas misalnya.

Btw, ini adalah murni kelainan genetik yang enggak ada sangkut pautnya dengan hormon atau psikis.

Butterfly Hug:

Istilah ini aku ketahui setelah menonton Its Okay to Not be Okay. Ughh! Kalian nonton enggak? Kece ya?! 😍

Gerakan ini sebenarnya untuk orang dengan gangguan kecemasan. Bisa untuk menstabilkan emosi, menjadi penenang ketika emosi membuncah hingga bisa meringankan amarah juga trauma.

Gimana cara melakukan gerakan ini? Nih caranya:

Silangkan kedua tangan di dada

Tepuk kedua tangan secara seperti mengepakkan sayap pada kupu-kupu 

Gerakan tersebut sambil dilakukan dengan menarik napas pelan-pelan dan menghembuskan napas secara perlahan

Lakukan gerakan tersebut berulang-ulang sampai merasa tubuh dan pikiran kita rileks.

Nah, paham, 'kan kenapa Chen menyilangkan tangan Puri di dada ketika gadis itu mulai meracau dan emosi? Dan kenapa Cato nyuruh Chen melakukan gerakan ini ketika psikolog ini mulai marah-marah?

Nah, untuk kali ini segitu dulu ya. Kalau ada istilah baru lagi, nanti kita bahas again!

Btw, dukung cerita ini di #GMGChallenge. Doakan juga supaya aku bisa menulis cepat, karena harus selesai sebelum tanggal 17 Juli ini.

Terima kasih!

Sumber:

https://www.alodokter.com/erotomania-meyakini-seseorang-mencintainya-padahal-tidak-nyata

https://www.google.com/amp/s/m.klikdokter.com/amp/3424256/waspada-gejala-erotomania-dalam-diri-anda

https://www.google.com/amp/s/www.sehatq.com/artikel/erotomania-adalah-delusi-merasa-dicintai-orang-lain/amp

https://www.alodokter.com/skizofrenia

https://www.bethsaidahospitals.com/gangguan-skizofrenia-dalam-dunia-medis/

https://www.google.com/amp/s/www.kompasiana.com/amp/gustaafkusno/dpr-penyakit-tak-punya-sidik-jari_5500aead813311c91afa7ab0

https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/sidik-jari-setiap-orang-berbeda/%3famp

http://m.erabaru.net/2017/07/19/keluarga-ini-tidak-memiliki-sidik-jari-sejak-lahir-akibatnya-mendatangkan-banyak-masalah-ternyata-tidak-punya-sidik-jari-adalah-fenomena-langka-yang-hanya-terjadi-pada-kurang-dari-20-orang-saja-di-d/

https://linisehat.com/buang-rasa-cemas-dengan-3-gerakan-butterfly-hug/

https://www.google.com/amp/s/www.popmama.com/amp/life/health/putri-syifa-nurfadilah/mengenal-butterfly-hug-dan-manfaatnya-untuk-kesehatan-mental





KEEP SILENT (Completed) - TerbitWhere stories live. Discover now