Teori politik ala alfiyah ibnu malik

119 5 1
                                    



        Di dalam syair alfiyah ibnu malik ternyata bukan hanya membahas tentang gramatika Arab namun juga membahasa teori politik, berikut dia teori politik ala alfiyah ibnu malik:
1.Pemilihan pemimpin
             Seorang pemimpin yang dicintai rakyatnya terlahir bukan dari hasil rekayasa politik belaka, namun ada usaha yang dinilai berharga sebagai bentuk pengabdian maupun pengorbanan yang akan didedikasikan kepada rakyatnya, sehingga rakyat memilihnya dengan hati nurani dan kepercayaan yang diberikan kepadanya. Hal ini seperti yang tertuang dalam syair Alfiyah yang berbunyi:

................#ورفعوا مبتدأ بالابتداء

Rakyat akan mengangkat seorang pemimpin yang sesuai dengan kerja nyata yang telah dilakukan sebagai bentuk pengabdian terhadap daerah yang akan ia pimpin.
2.Calon pemimpin ideal
          Di akhir masa kepemimpinan biasanya pemimpin telah menyiapkan beberapa calon pengganti yang berkualitas untuk menggantikan kepemimpinannya , dengan meneruskan gaya kepemimpinan yang masih relevan untuk dikembangkan sebagai terobosan baru, sehingga masyarakat mau untuk memilih salah satu calon pemimpin tersebut dan mengangkat nya sebagai pemimpin. Hal ini tertuang dalam potongan bait di bawah ini.

كذاك رفع خبر بالمبتداء#. ............... .........

Ada kalanya Calon pemimpin  itu telah di persiapkan oleh pemimpin sebelumnya.

3.memilih pemimpin yang jelas kinerjanya

وَلَا يَجُوْزُ اْلإِبْتِدَا بِالنَّكِرَةِ  #  مَالَمْ تُفِدْ كَعِنْدَ زَيْدِ نَمِرَةِ

       Ketika pemilihan pemimpin semisal presiden, gubernur atau yang lain-nya haruslah mengangkat pemimpin yang ma'ruf (di ketahui kinerjanya,  cerdas, dan dikenal oleh masyarakat). Jangan sampai mengangkat pemimpin dari orang yang nakiroh  (bodoh, belum dikenal masyarakat, dan juga belum di ketahui kinerjanya)  kecuali ketika dalam keadaan terdesak maka boleh mengangkat pemimpin yang belum dikenal oleh masyarakat (nakiroh)  asalkan pemimpin tersebut nantinya dapat bertanggung jawab dengan jabatannya dan dapat mengemban amanah dengan baik.

والله اعلم بالصواب

NAHWU QULUB Mengungkap Makna Tersirat Dalam Ilmu Gramatika Arab Where stories live. Discover now