6. Book Two : Earth

122 11 0
                                    

|#6 - 722 words|

Tim Avatar kini pergi untuk mencari teman masa kecilnya yaitu King Bumi dan memintanya untuk melatih Aang agar menjadi pengendali tanah. Mereka tiba di kota Oma Shu dan menyadari kalau kotanya telah diambil oleh negara api dan King Bumi telah tertangkap. Di tempat yang berbeda, Zuko dan Iroh didatangi Azula dan meminta mereka agar kembali ke negara api. Mereka menyadari kalau hal itu hanyalah perangkap Azula dan mereka kemudian berhasil kabur.

Singkat cerita, tim Avatar berhasil menyelamatkan King Bumi tetapi King Bumi berkata kalau dia sengaja menyerahkan dirinya karena saat ini ia sedang menunggu saat yang tepat untuk menyerang negara api.

Tim Avatar melanjutkan petualangannya di kerajaan bumi dan kembali mencari guru untuk melatih Aang mengendalikan tanah. Mereka menonton sebuah turnamen pengendali tanah, dimana mereka melihat seorang gadis buta pengendali tanah yang bernama Toph Beifong (kita panggil saja Ta). Tim Avatar meminta tolong agar Ta menjadi gurunya Aang.

Tetapi orang tua Ta terlalu protektif dan tidak mengijinkan Ta untuk menjadi gurunya.

Ta memutuskan untuk kabur bersama tim Avatar, tetapi orang tua Ta mengira kalau dia diculik oleh tim Avatar. Kemudian orang tua Ta mengirim dua anak buahnya untuk mencari Ta dan membawanya kembali.

Aang memulai latihannya bersama Ta, tetapi Aang cukup kesulitan mengendalikan tanah karena elemen tanah merupakan lawan dari elemen udara.

Di tempat yang berbeda, Iroh melatih Zuko untuk mengendalikan petir yang merupakan elemen tingkat lanjut dari elemen api. Zuko kesulitan menguasai tehniknya, jadi Iroh kemudian mengajarinya sebuah tehnik untuk mengalihkan petir.

Tim Avatar melanjutkan perjalanan, dan kini mereka tiba di perpustakaan tersembunyi yang terletak di sebuah gurun. Mereka masuk kedalam perpustakaannya terkecuali Ta karena dia tidak suka membaca buku. Mereka bertemu dengan burung hantu penjaga perpustakaanya dan dia berkata untuk tidak menggunakan ilmu dari perpustakaannya untuk perang.

Sayangnya, Sokka kemudian mengetahui informasi tentang gerhana matahari yang akan membuat pengendali api menjadi sangat lemah.

Si burung hantu yang mengetahui hal itu, akhirnya berusaha menghentikan mereka untuk kabur dengan mengubur perpustakaannya. Sementara itu, Appa berhasil diculik oleh para pengendali pasir karena Ta gagal untuk menyelamatkannya. Tim Avatar kemudian pergi ke kota Basingsei untuk mencari Appa sekaligus untuk memberitahu kerajaan bumi tentang gerhananya.

Mereka bertemu dengan pemandu wisatanya yang bernama Joo Dee. Joo Dee memberitahu mereka tentang aturan-aturan di kota Basingsei. Mereka juga bertemu dengan pasukan kepolisisan yang bernama Daily dan juga pemimpinnya yaitu Long Feng yang kelihatannya mengetahui sesuatu tentang penculikan Appa.

Tim Avatar melanjutkan pencarian Appa dan mereka mengungkap tentang Long Feng yang ternyata dia melakukan pencucian otak untuk mengontrol basingsei. Zuko yang juga sedang bersembunyi di Basingsei akhirnya mengatahui kalau Aang juga sedang berada di sana dan dia berniat untuk menggunakan Appa sebagai umpan.

Zuko berhasil menemukan Appa tetapi untungnya Iroh datang untuk menasihati Zuko agar mau melepaskan Appa. Appa kembali bersama tim Avatar dan kini mereka menemui raja kerajaan bumi untuk memberitahunya tentang Long Feng.

Singkat cerita Long Feng tertangkap dan sang raja setuju untuk bekerja sama melawan negara api. Sementara itu Zuko kini sedang sakit dikarenakan konflik batin yang terjadi dalam dirinya.

Kembali ke tim Avatar, mereka kini berpisah untuk menyiapkan penyerangan terhadap negara api. Aang pergi menemui guru patik untuk belajar menguasai mode Avatarnya.

Setelah kepergian Aang, di tempat yang berbada Azula bersama teman-temannya menyamar sebagai pasukan Kyoshi untuk menyusup ke kerajaan bumi. Sedangkan Ta diculik oleh dua suruhan ayahnya. Tetapi dia berhasil kabur setelah berhasil mengendalikan elemen bumi tingkat lanjut yaitu elemen logam.

Kembali ke kerajaan bumi. Zuko kembali bersama Iroh yang sekarang baik kini membuka sebuah toko teh. Katara melihat Zuko yang berada di tokonya dan kemudian Katara memberitahu prajurit Kyoshi yang sebenarnya adalah Azula yang menyamar.

Aang akhirnya meninggalkan latihannya bersama guru patik setelah mendapat penglihatan kalau Katara dalam bahaya. Azula kini melepaskan Long Feng dari penjara dan menangkap Katara dan juga Zuko. Katara kemudian mengobrol dengan Zuko dan menyadari kalau Zuko tidak seburuk itu.

Aang yang dibantu Iroh kemudian pergi untuk menyelamatkan Zuko dan juga Katara. Iroh berusaha untuk menasihati Zuko agar dia tidak menyerang Aang, tetapi sayangnya Zuko tidak mendengarkan pamannya dan Zuko kemudian menyerang Aang.

Aang kemudian berusaha untuk memasuki mode Avatarnya tetapi Azula tiba-tiba datang dan membunuh Aang. Iroh bertarung dengan kedua keponakannya agar Katara bisa membawa Aang kabur.

Iroh kemudian dibawa ke penjara, sedangkan Aang berhasil dihidupkan Katara dengan air yang dia dapat dari kolam Tui dan La.

*****
Thanks for reading❤️🤗

Sinopsis Avatar : The Legend of Aang (Tamat)Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang