#25 Basics of Grammar 1

1.6K 153 15
                                    

Hi! Sebelumnya makasih buat yang sudah mengkontribusikan suara kalian untuk menentukan bab mana yang akan di publish dulu, dan juga makasih juga buat kalian para yang udah voting chapter kemarin ataupun yang sebelum-sebelumnya.

Berdasarkan hasil voting, maka fix kita akan membahas Basics of Grammar.

Enjoy!

---------------------------------------------------------------------------------------------

 

Unedited.

 

WARNING. THIS CHAPTER CONTAINS SOME SCIENTIFIC TERMS. YOU MAY THROW YOUR PHONE IF YOU GET BORED OF IT.

Sebagian dari kalian mungkin sudah familiar dengan grammar atau dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Tata Bahasa.  Sebelumnya, mari kita bahas makna dari grammar itu sendiri

Apa itu grammar? Apakah kalian termasuk yang menganggap GRAMMAR = TENSES ? Maka jawaban kalian selama ini masih hampir benar.

Grammar adalah sekumpulan peraturan atau sistem mengenai struktur sebuah bahasa.

Tik, jangan ngomong pake bahasa alien dong….

OK folks, as I promised before, I’ll explain these things lightly.

Pernah gak sih kalian diomelin sama guru Bahasa Indonesia karena lupa menaruh titik (.) di akhir kalimat? Atau lupa menaruh huruf kapital pada awal kalimat atau pada nama-nama penting?

Sebenarnya guru kalian secara tidak langsung sudah mengajarkan unsur-unsur dari grammar itu sendiri, bedanya, beliau mengajarkan grammar / tata bahasa dalam Bahasa Indonesia.

English Grammar dan Tata Bahasa Indonesia sendiri sebenarnya tidak terlalu berbeda, namun perbedaan menonjol bisa dilihat dari penggunaan tenses dalam Bahasa Inggris.

Sekali lagi kembali ke budaya negara itu sendiri, yang sangat menghargai waktu, sehingga mereka mengkategorikan setiap ucapan mereka dengan keterangan waktu yang terikat.

Grammar sendiri memiliki cabang-cabang ilmu di dalamnya. Ada Fonologi, Morfologi, Syntax, dan satu lagi Semantics kalo gasalah, atau kalian mungkin lebih familiar dengan penyebutan Linguistik.

1. Fonologi, deals with pronounciation and spelling.

Pernah buka kamus English-english terbitan Oxford maupun Cambridge? Kalian pasti akan menemukan huruf-huruf ajaib seperti ɘ,ɒ, æ,ɵ, ɱ  dan sejenisnya ‘kan?  Huruf-huruf yang bernama Phonetic Transcription  itu adalah hal dasar yang dipelajari dalam fonologi, untuk memperlancar kita dalam hal dalam hal pengucapan dalam bahasa apapun. Contoh, symbol /ʃ/  dibaca ‘ch’ seperti pembacaan dua huruf awal ‘chair’.

 Jadi kalau misalnya kita menemukan sebuah kata,

Each = /i:tʃ/

Berarti dibaca dengan i  biasa dengan gigi bawah terlihat dan panjangnya pendek, lalu agak mengigit lidah untuk akhiran t, dan agak mengeluarkan udara untuk pengucapan /ʃ / atau ch.

Phonetic Transcription diakui secara internasional, jadi untuk bagi orang Perancis atau dari negara lain yang memiliki struktur bahasa yang berbeda dari  negara Inggris pun dapat mengerti cara mengucapkan ‘each’ dengan baik dan benar dari phonetic transcription.

Bingung? Tenang, wajar kok. Ini pelajaran anak sastra inggris semester 1, buahahaha *evil laugh*

2. Morfologi, deals with…. Ok berhubung gue masih memelajari mata kuliah ini di semester 3, maka langsung contohnya aja.

Di Bab sebelumnya, sebenarnya udah gue cantumin beberapa contoh hasil dan yang dipelajari di Morfologi, yaitu Fun Facts tentang Harry Potter adalah salah satu hasil dari belajar morfologi, begitu pula dengan Idioms, acronyms (TGIF, IKR, WTF, atau yang kalian sebut dengan ‘slang’), blend words (Motor+Hotel= Motel, Louis+Harry= Larry, dan lain lain.) dan masih banyak (banget) lagi. Intinya sih kalo menurut gue, morfologi lebih nyantai untuk dipelajari walau memang, kalo pengetahuan tentang Bahasa Inggris kalian enggak luas, bisa-bisa kalian agak terhambat memahami ilmu ini.

Untuk tahap selanjutnya, seperti Syntax dan Semantics, gue belum bisa menjelaskan dulu karena berhubung gue belum mempelajari ini. Yang pasti mereka akan lebih wow dan ajaib dibandingkan fonologi dan morfologi. Dan pastinya, harus menguasai tenses dulu baru bisa :’) *gue aja belom lulus* *curhat*                                                     

Nah gimana? Semoga pemahaman mengenai dasar dari Grammar bertambah nya :D pokoknya keep in mind, Grammar isn’t just about tenses, tetapi juga mengenai bahasa yang kita pergunakan sehari-hari, bahkan trend-trend yang ada.

Jadi, sebenarnya belajar Grammar itu menyenangkan kok, memang awalannya saja yang susah. But hey, everything started with tough beginning, isn’t it?

(Ah sok bijak lo tik, coba lo ngomong itu pas awal semester :’). )

Sip, gue rasa itu aja untuk bagian Introduction dari Bab Basics of Grammar kali ini.

Jangan lupa untuk

VOTE

dan

COMMENT

(Next chapter is TENSES by the way! Yippie!)

 

Questions? Ask me on my wattpad : atxios or comment below.

Don’t forget to follow deepdenim as well!

see you and thank you! xoxo

AmE - BrE [ID] [✅]Where stories live. Discover now