#7 Time - 2

4.2K 322 28
                                    

Jadi yang dibahas di chapter ini tuhya tentang 'Penulisan Tanggal'.

British Style

DI Britain Raya (UK), biasanya tanggal ditulis sebelum bulan. Kalo mau versi resminya, kita bisa nulis akhiran bilangan bertingkat setelah tanggal (st, nd, rd, th) dan kata depan sebelum bulan (of), juga koma sebelum tahun (,). Sedangkan kalo mau yang simpel, tiga hal itu gak dicantumin juga boleh, soalnya tiga hal tadi gak terlalu umum lagi sekarang.

Contoh:

14th of April, 1998 atau 14 April 1998.

(Promosi tanggal ultah - AHAHAHAHA)

American Style

Di Amerika (US), biasanya bulan letaknya ada di depan tanggal. Dan bentuk paling umumnya memakai angka. Untuk penulisan tahunnya, biasanya yang digunakan hanya 2 angka terakhir.

Contoh:

April 14, 1998 atau 04/14/98

Tapi, penulisan angka itu bisa bikin silap karena kadang kita gatau aliran bahasa inggris orang lain. Misalnya 1/2/14 itukan bisa jadi tanggal 1 Februari 2014 atau 2 Januari 2014. Supaya gak rancu, lebih baik di bagian bulan itu yang ditulis singkatan nama bulan. Misalnya 1/Feb/14 atau Jan/2/14.

Cara baca:

Sebenernya kalo buat nulis cerita ini gak ngaruh banget sih, tapi biar tau aja gapapa kaliya ahahaha._.

Jadi, kalo penulisannya misalnya 14th of April 1998, bacanya ya 'the fourteenth of April, nineteen ninety eight' atau 'fourteenth of April, nineteen hundred and ninety eight'. (Kalo disekolah aku biasanya gapake 'hundred and' juga udah bener.)

Nah, sedangkan kalo penulisannya April 14, 1998, bacanya 'April thefourteenth, nineteen hundred and ninety eight' atau kalo mau 'the' sama 'hundred and'nya ga dipake juga gapapa.

Dan ini cuma sekedar cara baca.

Tahun

Gak ada perbedaan antara British sama American masalah pengucapan tahun. Untuk hal ini, mereka punya aturan yang sama.

Mulai tahun 2000 ke atas, tahun dieja seperti bilangan biasa.

2000 - two thousand

2003 - two thousand and three

Untuk tahun 2000 ke belakang, tahun dieja berbeda: dua angka pertama adalah satu bilangan dan dua angka terakhir adalah satu bilangan. Kedua satuan bilangan ini bisa digabungin sama 'hundrend and', yang sebenarnya cuma perlu jika dua angka terakhir adalah 00 sampai 09.

1999 - nineteen (hundred and) ninety-nine

1806 - eighteen hundred and six / eighteen oh six

Vomment, loves? xx

AmE - BrE [ID] [✅]Where stories live. Discover now