Chapter 3: Karier ilmiah (Episode 1)

142 13 0
                                    

Sepanjang hidupnya, Einstein menerbitkan ratusan buku dan artikel. Ia menerbitkan lebih dari 300 makalah ilmiah dan 150 makalah nonilmiah. Pada 5 Desember 2014, sejumlah universitas dan lembaga arsip mengumumkan perilisan makalah-makalah Einstein, yang terdiri dari lebih 30.000 dokumen. Prestasi intelektual dan orisinalitasnya menjadikan kata "Einstein" identik dengan "genius". Selain karya yang dikerjakannya sendiri, ia juga berkolaborasi dengan ilmuwan lain dalam proyek pelengkap, termasuk statistik Bose-Einstein, kulkas Einstein dan sebagainya.

1905 - Makalah Annus Mirabilis

Makalah Annus Mirabilis adalah empat artikel yang membahas mengenai efek fotolistrik (yang melahirkan teori kuantum), gerak Brown, teori relativitas khusus, dan E = mc2, yang diterbitkan Einstein dalam jurnal ilmiah Annalen der Physik pada tahun 1905. Keempat karya ini berkontribusi penting terhadap dasar fisika modern dan mengubah pandangan mengenai ruang, waktu, dan materi. Keempat makalah tersebut adalah:

Sudut Pandang Heuristik Mengenai Produksi dan Transformasi Cahaya. Efek fotolistrik. (18 Maret, terbit pada tanggal 9 Juni):
Menyelesaikan teka-teki yang tidak terpecahkan dengan menyatakan bahwa energi hanya dipertukarkan dalam jumlah diskret (kuanta).Gagasan ini sangat penting bagi pengembangan awal teori kuantum.

Gerak Partikel Kecil yang Ditangguhkan dalam Cairan Stasioner, sebagaimana Diperlukan oleh Teori Kinetik Molekul tentang Panas. Gerak Brown (11 Mei, terbit pada tanggal 18 Juli):
Menjelaskan bukti empiris teori atom, mendukung penerapan fisika statistika.

Elektrodinamika Benda Bergerak. Relativitas khusus. (30 Juni, terbit pada tanggal 26 September):
Menyelaraskan persamaan Maxwell untuk listrik dan magnet dengan hukum mekanika melalui perubahan pada mekanika, yang dihasilkan dari analisis berdasarkan bukti empiris bahwa kecepatan cahaya tidak bergantung pada gerakan pengamat. Mendiskreditkan konsep "eter luminiferous".

Apakah Kelembaban Tubuh Bergantung Pada Kandungan energinya?. Kesetaraan materi-energi. (27 September, terbit pada tanggal 21 November):
Kesetaraan materi dan energi, E = mc2 (dan implikasinya, kemampuan gravitasi untuk "membelokkan" cahaya), keberadaan "energi diam", dan dasar energi nuklir.

Histori: Kehidupan Si Jenius Abad 20 "Albert Einstein" Where stories live. Discover now