[KSY] Catra

26.8K 3.8K 1.3K
                                    

Kwon Soonyoung
As
dr. Catra Surya Wirawan

Gue tuh gak mau jadi dokter, pengennya jadi Polisi atau Tentara biar gak usah sekolah lama-lama

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Gue tuh gak mau jadi dokter, pengennya jadi Polisi atau Tentara biar gak usah sekolah lama-lama. Salah banget emang kalo punya otak pinter, ikutan SNMPTN pas jamannya kelas tiga SMA dengan pilihan iseng masuk kedokteran gak taunya lolos beneran. Tadinya gue mikir, kalau gak mau kuliah, berarti gue harus pilih opsi jurusan yang paling mustahil buat ditembus. Bukannya gugur kayak puluhan teman gue yang lain, gue malah lulus bersama dengan adik gue dari kelas sebelah- Gatra Senja Wirawan.

Banyak yang nanya sama gue, kok bisa sih satu angkatan sama adik gue sendiri yang notabene lebih muda dua tahun dari gue? Jawabannya simpel, Gatra pinter banget sampe gue heran otaknya dibuat dari apaan. Masa pas SMP kelas satu dia ikut akselerasi, terus pas SMA juga ikutan akselerasi dan berhasil nyusul gue sehingga berakhir lulus di tahun yang sama. Meski kita berdua punya kelakuan yang sebelas dua belas malu-maluinnya, Catra-Gatra punya segudang prestasi yang bikin orang melongo gak percaya.

Kalau Gatra punya medali emas Kejuaraan Pencak Silat Walikota Cup, maka Catra punya medali emas Kejuaraan Taekwondo di ajang perlombaan yang sama. Kalau Gatra juara satu olimpiade Fisika di bangku SMA, maka Catra juga jadi juara satu olimpiade Kimia di ajang olimpiade yang sama. Mudahnya, kalau disana ada Gatra, maka disitu juga akan ada Catra. Ibarat film, gue sama Gatra tuh Upin-Ipinnya Indonesia. Bahkan banyak juga orang yang ngira kita kembar saking tak terpisahkannya kita berdua. Padahal boro-boro kembar, muka kita berdua aja jauh beda soalnya gue lebih dominan ke Mama, sementara Gatra lebih dominan mirip Papa.

Gue sama Gatra kuliah di kampus yang sama, hanya saja selama kuliah kita jarang aktif karena benar-benar memfokuskan diri pada pelajaran. Paling-paling waktu itu Gatra ikutan Stand Up Comedy Indonesia sampe viral karena berhasil bikin Raditya Dika ngompol, cuma gak menang karena lawan doi punya jokes-jokes yang lebih lucu lagi dari dia. Gue sama Gatra tuh kalo disatuin didepan anak-anak udah pasti bakal jadi monyet mereka semua yang menjadi sumber tawa serta kebahagiaan. Kata Johan, Tuhan itu adil. Catra-Gatra contohnya, otak boleh pinter, tapi masalah humor tetep jongkok biar kerennya gak diborong berduaan.

Bedanya gue sama Gatra cuma satu, kita dipisahkan pas ambil pendidikan spesialis karena ternyata kita berdua punya minat yang berbeda satu sama lain. Gatra suka anak-anak, dia juga suka bantu orang yang membutuhkan rehabilitasi secara fisik makanya mengambil jurusan Rehabilitasi Medik. Sedangkan gue lebih penasaran dengan kejiwaan manusia, terlebih gue yang merupakan salah satu anggota Gerakan Nasional Anti Narkotika punya tekad kuat buat membebaskan Indonesia dan lingkungan sekitar dari ketergantungan Narkoba. Makanya sekarang Catra Surya Wirawan punya gelar dokter kejiwaan yang kerjanya membantu proses rehabilitasi pasien-pasien ketergantungan NAPZA di Rumah Sakit Jiwa Provinsi Jawa Barat.

"YAHAHAHA TURUN BANG, ITU KUDA LU DIMAKAN ULER!"

Pekerjaan gue kalo lagi istirahat di Instalasi NAPZA adalah main uler tangga bareng pasien rehab di ruang bersama. Biasanya yang main uler tangga atau gapleh sama gue tuh kebanyakan pasien after care atau pasien yang sudah bebas dari ketergantungan obat dan tinggal menunggu kondisinya benar-benar pulih secara total. Tiap main uler tangga, pasti orang-orang pada ngumpul buat sekedar nonton atau ngedukung kuda favorit mereka. Padahal nih ya, kertas ular tangganya gue beli dari warung pinggir jalan yang harganya dua rebuan aja. Tau gak lo yang dadunya segede upil terus dikocok pake ember kecil? Yang kalo dadunya loncat kejauhan auto ilang alias gak ketemu lagi kemana juntrungannya?

TIGA BELAS JIWAWhere stories live. Discover now