Sobek ( Dewa Sobek)

72 0 0
                                    

Kalian pasti tau Dewa Sobek yang ada di cover cerita di wattpad ini.

 Sobek (juga dikenal sebagai Sebek, Sebek-Ra, Sobeq, Suchos, Sobki, dan Soknopais) adalah dewa buaya kuno. Dia pertama kali disebutkan dalam Teks Piramida dan penyembahannya berlanjut sampai periode Romawi . Beberapa sekte percaya bahwa Sobek adalah pencipta dunia yang muncul dari "Air Gelap" dan menciptakan keteraturan di alam semesta. Sobek adalah dewa Sungai Nil yang membawa kesuburan ke negeri itu. Sebagai “Penguasa Perairan” dia dianggap telah bangkit dari perairan purba Nun untuk menciptakan dunia dan menjadikan sungai Nil dari keringatnya. Salah satu mitos penciptaan menyatakan bahwa Sobek bertelur di tepi perairan Nun sehingga menciptakan dunia. Namun, juga sebagai kekuatan untuk penciptaan, ia dilihat sebagai dewa yang tidak terduga yang kadang-kadang bersekutu dengan kekuatan Chaos.

Sobek pertama kali muncul di Kerajaan Lama sebagai putra Neith dengan julukan "The Rager". Menurut beberapa mitos ayahnya adalah Set , dewa guntur dan kekacauan, tetapi ia juga memiliki hubungan dekat dengan Horus . Dia dipasangkan dengan sejumlah dewi di lokasi yang berbeda, terutama Hathor , Renenutet , Heqet dan Taweret , dan kadang-kadang disebut sebagai bapak Khonsu , Horus atau Khnum .

Di beberapa daerah, buaya jinak disembah sebagai perwujudan Sobek di bumi sendiri, sementara di tempat lain buaya dihina, diburu dan dibunuh. Sepertinya Sobek dimulai sebagai dewa gelap yang harus ditenangkan, tetapi kualitas perlindungan dan kekuatannya dihargai ketika mereka digunakan untuk membela Firaun dan rakyat. Dia bisa melindungi orang mati yang dibenarkan di dunia bawah, memulihkan penglihatan mereka dan menghidupkan kembali indera mereka. Karena keganasannya, ia dianggap sebagai pelindung tentara.

Sobek kadang-kadang dianggap sebagai aspek Horus karena Horus mengambil bentuk buaya untuk mengambil bagian-bagian tubuh Osiris yang hilang di Sungai Nil. Namun Sobek juga dianggap telah membantu Isis ketika dia melahirkan Horus. Dia juga menyelamatkan empat putra mummiform dari Horus (Imsety pelindung yang dikepalai manusia dari hati, Hapy si babun yang menjadi pelindung paru-paru, Duamutef, kepala pelindung kepala serigala dan Qebehsenuef, elang yang berkepala elang dari pelindung usus) dengan mengumpulkan mereka di jaring ketika mereka naik dari air dalam mekar teratai. Namun, ia juga dikaitkan dengan Set , musuh Osiris. Dia juga disembah sebagai perwujudan Amun-Re dan sering digambarkan mengenakan hiasan kepala Amun atau cakram matahari Ra .

Kekuatan dan kecepatan buaya dianggap sebagai simbol kekuatan Firaun, dan kata "penguasa" ditulis dengan hieroglif buaya. Diperkirakan bahwa Sobek dapat melindungi Firaun dari sihir gelap. Selama Dinasti Keduabelas dan Ketiga Belas , kultus Sobek diberi keunggulan khusus dan sejumlah penguasa memasukkannya ke dalam nama penobatan mereka, termasuk firaun wanita yang sepenuhnya terbukti pertama - Sobekneferu .

 Selama Dinasti Keduabelas dan Ketiga Belas , kultus Sobek diberi keunggulan khusus dan sejumlah penguasa memasukkannya ke dalam nama penobatan mereka, termasuk firaun wanita yang sepenuhnya terbukti pertama - Sobekneferu

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Dia digambarkan sebagai buaya, buaya mumi atau seorang pria dengan kepala buaya. Dia sering mengenakan hiasan kepala berbulu dengan cakram matahari bertanduk atau mahkota daging (mengaitkannya dengan Amon-Ra) dan membawa tongkat kerajaan (mewakili kekuasaan) dan Ankh (mewakili nafas kehidupan). Buaya mumi yang mewakili dewa telah ditemukan di banyak makam kuno. Orang-orang Mesir memumikan buaya bayi dan dewasa dan bahkan telur dan buaya jantan dikawinkan dengan almarhum untuk meminta perlindungan Sobek di akhirat.

Sobek dikenal sebagai Tuan Faiyum, dan diperkirakan bahwa penyembahannya berasal dari daerah itu. Secara khusus, ia sangat populer di kota Arsinoe (dikenal sebagai Shedyet oleh orang Mesir) di dekat Faiyum, menyebabkan orang-orang Yunani mengganti nama kota Crocodilopolis. Ada kuil dinasti kedua belas di Medinet Madi yang didedikasikan untuk Sobek, istrinya Renenutet (dewi ular yang merupakan pelindung panen dan lumbung padi), dan Horus .

Fact Or Fake Dewa Dewi Makhluk MitologiWhere stories live. Discover now