Horus

101 3 0
                                    

Horus, Heru, Hor
Nama Horus adalah bahasa Yunani. Di Mesir Kuno ia dikenal sebagai "Heru" (kadang-kadang Hor atau Har), yang diterjemahkan sebagai "yang jauh" atau "yang di atas" (dari kata depan "jam" yang berarti "di atas" atau "di atas"). Dia dianggap sebagai elang langit, dan karenanya namanya bisa menjadi referensi khusus untuk penerbangan elang, tetapi juga bisa dilihat sebagai referensi matahari yang lebih umum. Diperkirakan bahwa penyembahan Horus dibawa ke Mesir selama periode prakynastik .

Horus, hak cipta RemihDia tampaknya telah mulai sebagai dewa perang dan dewa langit yang menikah dengan Hathor , tetapi segera dianggap sebagai lawan Set , putra Ra , dan kemudian putra Osiris

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Horus, hak cipta Remih
Dia tampaknya telah mulai sebagai dewa perang dan dewa langit yang menikah dengan Hathor , tetapi segera dianggap sebagai lawan Set , putra Ra , dan kemudian putra Osiris . Namun, situasinya bingung oleh fakta bahwa ada banyak dewa Hawk di Mesir kuno dan beberapa dari mereka berbagi nama Horus (atau lebih khusus Har, Heru atau Hor). Selanjutnya, para dewa Ra , Montu dan Sokar semua bisa mengambil bentuk elang. Setiap "Horus" memiliki pusat kultus dan mitologi sendiri, tetapi seiring waktu mereka bergabung dan diserap oleh Horus paling populer, Horus Behedet (Horus dari Edfu).

Dia adalah pelindung dan pelindung firaun. Karena Horus dikaitkan dengan Mesir Hulu (sebagai Heru-ur di Nekhen) dan Mesir Hilir (sebagai Horus Behedet atau Horus dari Edfu) ia adalah pilihan yang sempurna untuk negara yang bersatu dan tampaknya ia dianggap sebagai dewa kerajaan bahkan sebelum penyatuan terjadi. Firaun sering dianggap sebagai perwujudan Horus saat masih hidup (dan Osiris begitu dia meninggal). Canon Turin, menggambarkan penguasa Predinastik Mesir sebagai "Pengikut Horus", dan mayoritas Firaun memiliki gambar Horus di bagian atas serekh mereka (fasad istana bergaya di mana salah satu nama raja ditulis ).

Horus, dari kuil Edfu, Namun, Sekhemhib (Seth Peribsen) memilih untuk menempatkan Horus berlawanan dan Set musuh pada serekhnya, sementara Khasekhemwy menempatkan Set dan Horus di atas serekhnya. Akibatnya, beberapa sarjana berpendapat bahwa pertempuran mistis antara Horus dan Set pernah benar-benar pertempuran antara pengikut Set dan para pengikut Horus. Jika ini masalahnya, tampaknya para pengikut Horus menang karena Horus tetap menjadi lambang populer kerajaan sementara Setsecara bertahap berubah menjadi simbol kejahatan. Firaun juga memiliki nama (dikenal sebagai nama "Horus Emas") yang didahului dengan gambar elang suci pada simbol untuk emas yang secara khusus menghubungkan Firaun dengan dewa. Namun, menarik untuk dicatat bahwa Set juga dikenal sebagai dia dari Nubt (kota emas), jadi simbol untuk emas sebenarnya bisa berhubungan dengannya.

 
Horus dan Set selalu ditempatkan saling bertentangan. Namun, sifat pasti hubungan mereka agak berubah seiring waktu. Set adalah perwujudan kekacauan dan kekacauan sementara Horus adalah perwujudan ketertiban. Demikian pula, Horus mewakili langit siang hari sedangkan Set mewakili langit malam hari. Namun, pada masa-masa awal keduanya juga terlihat ada dalam keadaan seimbang di mana Horus dan Set masing-masing mewakili Mesir Hulu dan Hilir . Mereka sering digambarkan bersama untuk menunjukkan persatuan Mesir Hulu dan Hilir dan bahkan ada dewa gabungan bernama Horus- Set, yang digambarkan sebagai seorang pria dengan dua kepala (satu elang dari Horus, yang lain dari binatang Set).

Horus hak cipta Borislav
Pada tahap ini Horus sering dianggap sebagai saudara Set dan setara dan pertarungan di antara mereka dianggap abadi. Namun, meningkatnya kepentingan Ennead mengakibatkan Horus dilemparkan sebagai putra Osiris dan dengan demikian keponakan Set . Ini mengubah sifat konflik di antara mereka, karena sekarang mungkin bagi Set untuk dikalahkan dan bagi Horus untuk mengklaim tahta Mesir sebagai miliknya.

The "Eye of Horus" adalah jimat pelindung yang kuat dan ketika itu rusak menjadi potongan-potongan (mengacu pada waktu Set merobek mata Horus'), potongan-potongan yang digunakan untuk mewakili enam indera (termasuk pikiran) dan serangkaian pecahan .

Fact Or Fake Dewa Dewi Makhluk MitologiWhere stories live. Discover now