Part 1

155 0 0
                                    

Dulu waktu memutuskan untuk menikah sambil kuliah, sebenarnya g kepikiran akan sampai serungsing ini ngurusin skripsi sambil momong anak. Mikirnya ya udahlah kalo hamil, hamil aja. Praktik ngajar sambil hamil kan bisa, skripsian sambil hamil kan bisa. Eh ternyata tidak semudah itu ferguso.

Semua dimulai bahkan sebelum tau bahwa aku hamil. Jadi sebelum aku tau kalo aku hamil itu sekitar 2 mingguan sebelum test, aku udah mulai sakit sakitan. Gejalanya masuk angin, mual mual badan meriang dsb. Pokoknya badan g enak banget. Tapi aku ga ngeh kalo lagi hamil. Nah mulai tuh orang orang sekitar pada bilang " Kayaknya hamil deh.. " cuman waktu itu belum percaya. Ditunggu.. tunggu, kok meriangnya kelanjutan ya. Yowes beli testpack, eehh ternyata negatif. Fix ini mah sakit.. yowes kita ke dokter aja. Waktu ditanya tanya tentang gejalanya, dokter bilang ini mah hamil. Dan ternyata di tes beberapa minggu kemudian eikeh hamil bok.

Masya Allah hamil khalid itu luar biasa. Gak pernah membayangkan ternyata hamil tuh kayak gini. Sakit kepala, meriang, muntah sana sini. Makan dikit muntah, minum dikit muntah. Nyium bau micin dikit mual. Ngeliat gerobak bakso aja udah mual apalagi nyium kuahnya. Ditambah harus PPL ke cimahi, setiap hari berangkat jam 6 dengan sarapan gorengan + diantar oleh si AA yang sholeh . Dan hampir tiap pagi mertua dengan baiknya nyiapin sarapan, kadang masakin air hangat buat mandi. Dan kadang saking meriangnya .. saya tidak mandi sodara sodaraaa. Bahkan kalo libur PPL, eikeh g mandi bisa ampe 3 hari. Dan alhamdulillah ternyata yang hamil dan males mandi g cuma gw doang.. wkwk.

Nah udah dulu curhatnya, walhasil dengan kondisi kayak gitu, boro boro mau ngerjain skripsi yak. PPL aja alhamdulillah. Ngajar juga disekolah dipaksaain, kalo udah beres ngajar biasanya ngungsi ke uks sambil tiduran. Untuk anak PPL pada ngerti dan baik baik. Alhasil, selama masa semester 8 skripsi g aku sentuh. Sempet hampir mau ambil data cuman g memungkinkan karena mepet dan belum siap akhirnya ambil data ditunda. Padahal aku dan Aa dengan ilmu dkvnya udh sempet bikin media skripsi yang masih ada bangkainya sampai sekarang. Cuman ujung2nya g dipake.

Menjelang kehamilan ke 5 bulan dan ppl selesai. Mabok pun menghilang dan saya berubah menjadi kebo. Karena badan semakin besar, makan semakin banyak, dan tenaga juga oke. Tapi masalah skripsi berlanjut. Apa itu ? skripsi ku harus ganti judul.. Whaat ? ya Allah ujian apalagi ini. Rasanya udah lemes. Dan waktu bapak dosen bilang ganti judul, seenak itu ngomongnya ya Allah T.T. Ya udahlah. Akhirnya selama sekitar 2 minggu itu aku mikir ganti judul apa yang enak. Sesudah bikin proposal baru, eh diganti lagi Allahuakbar. Akhirnya 1 bulan itu .. saya habiskan waktu untuk nyari judul aja. orang lain mah udah persiapan sidang, lah uwe masih nyari judul...

Sempet banget ngedown. Ketika ngeliat teman teman lagi sidang dan diriku masih judgment, masih nanya nanya dosen tentang penelitian. Tapi ya sudahlah mau gimana lagi. Syukuri, Jalani, Nikmati. kadang kesel sama diri sendiri kok g bisa maksimal ngerjain skripsi waktu PPL. Tapi kalo difikir-fikir lagi, yaah karena aku mabok hamil.. mau gimana lagi ? Ini Qadha. Dan aku ga boleh sedih atau nyalahin anak. Aku pun bertekad bismillah meski mulai dari awal agustus, insya Allah desember 2017 wisuda. Itulah doa yang aku panjatkan hampir setiap shalat.. Desember 2017 Wisuda. Saking seringnya mungkin lebih sering daripada aku mendoakan kelancara lahiranku.

Dan akhirnya bismilah di usia kehamilan 8 bulan alias hamil besar aku bolak balik kampus, judgment, nyari sekolah dsb. Dan bahkan H-2 lahiran aku masih sempet ke sekolah untuk ambil data.."abis lahiran masih bisa lanjutin kok penelitiannya". Aku prediksi seminggu pasca lahiran aku udh siap lanjut k sekolah lagi

Kehamilan minggu ke 40 pun aku melahirkan dede. Bukan lahiran yaa tepatnya operasi SC. Aku ga nyangka ternyata SC, padahal posisi udh di jalan lahir. Tapi yaaa sekali lagi qadha Allah itu luar biasa dan benar benar menguji keikhlasan. Yang pernah SC pasti tau sakitnya kayak apa. Mau berdiri aja susah, belum adaptasi begadang, nyuci, menyusui dll. Walhasil awal awal punya khalid lumayan stress. Stress karena adaptasi baru ditambah aku pusing gimana cara lanjutin penelitian yang harusnya seminggu pasca lahiran harus dilanjutin. Sedangkan 10 hari pasca SC aku bru bisa jalan jalan leluasa bekas jahitan.

Ya sudah.. Akhirnya aku berusaha belajar untuk menerima keadaan. Aku brusaha belajar ikhlas semuanya. Aku berusaha melapangkan dada untuk mengutamakan anak dan fisik yg Allah titipkan kepadaku dibanding impian wisuda Desember 2017. Jujur sebenarnya g mudah. Tapi aku berusaha percaya Insya Allah nanti akan ada jalan ketika aku ikhlas menjalani semuanya

Part 2 soon

You've reached the end of published parts.

⏰ Last updated: Apr 05, 2019 ⏰

Add this story to your Library to get notified about new parts!

Menjemput Wisuda bersama Anak ?Where stories live. Discover now