Ada Lovelace "Enchantress of numbers"

17 0 0
                                    

Profil & Biodata Ada Lovelace

Ada Bryon Lovelace diakui karena dia diterima sebagai ahli matematika dimana banyak wanita pada zamannya tidak mampu melakukannya. Dia mulai bergabung dan dikenal luas melalui bukunya 'Enchantress of numbers'

Masa – Masa Awal

Ada Lovelace lahir dengan nama Augusta Ada Byron pada tanggal 10 Desember 1815 dari pasangan Lord Gerorge Byron dan ahli matematika Anne Isabelle Milbanke yang dikenal sebagai "princess of parallelograms"

Pada usia 8 tahun, Ada mampu merancang model perahu. Pada usia 13 tahun, dia mampu mendesain mesin yang dapat diterbangkan. pada waktu yang sama dia sudah bertalenta dalam musik dan mampu memainkan piano, violin, dan harpa, dan memiliki semangat dalam berlatih menari, senam, dan berkuda.

Meskipun Anne ibunya, tidak terlalu menyukai ide Ada Lovelace dalam pencarian karir pada dunia puisi dan bidang seni, jadi dia memastikan sistem pendidikan yang tidak seperti biasanya disampaikan dengan batasan – batasan untuk wanita didalam rumah, Ada menerima pendidikan luar biasa. Dia mendapat pendidikan tinggi dalam matematika, musik, dan pengetahuan alam semata-mata untuk mengurangi latihannya dalam seni syair.

Dia belajar ilmu matematika dan alam bersama William Frend yang bergerak di dalam bidang pembaruan sosial, lalu bersama William King yang akhirnya menjadi suami Ada, dan juga bersama Mary Sommerville dan Augustus De Morgan yang keduanya terkenal di bidang matematika.

Kontribusi

Dia bekerjasama dengan Charles Babbage dan menciptakan program komputer yang dia namakan "The Plan", dan kemudian dikenal sebagai "The Analytical Engine of 1843". Babbage banyak mengisi dalam seminar di "University of Turin" dimana matematika Menabrea diterjemahkan dalam bentuk bahasa Perancis, kemudian diterjemahkan kembali dalam bahasa inggris oleh Ada Lovelace sesuai permintaan Babbage yang tertarik dengan pemikiran dan ketrampilan Ada dalam bidang matematika.

Catatan yang sama yang dihasilkan Ada sesudah periode satu tahun termasuk dalam kontribusinya dalam matematika, jadi mereka bersama-sama menciptakan banyak pengetahuan sesudah ilmu Menabrea

Catatan yang dibuat Ada dialokasikan pada huruf alphabet dari A sampai G. Keajaiban dari mesin analisanya direncanakan dan dipikirkan sebelumnya. Ini terlihat dari gagasan munculnya dasar-dasar dari logaritma (dimulai pada huruf G pada catatan Ada) yang membantu Bernoulli mengurutkan nomor.

Selain itu, Ada juga memperlihatkan bagaimana mesin tersebut mampu menciptakan musik lengkap dan juga dapat membuat grafik. Namun demikian, mesin ini jenisnya akan diubah sesuai dengan kebutuhan pengguna computer.

Baca Selengkapnya "External Link"

TeknosainsWhere stories live. Discover now