Empat Hari Tanpa Gita.

302 72 13
                                    


 "Ciyeeh, yang el-de-er letoy amat kayak bakwan basi" sebentuk suara riuh lagi familiar menyapa telinga Iqbal. Membuatnya seketika menoleh dengan muka gahar.

"Fak" kata Iqbal datar.

"Anjir, gue difak" kata si pemilik suara lagi, kontras dengan wajahnya yang malah cengengesan. Ecan, yang barusan diumpat, mendudukan diri di sebelah Iqbal.

"Kagak faedah amat hidup lo nongkrong disini" kata Ecan menyadari Iqbal kurang kerjaan nongkrong di pinggir lapangan. Padahal gorengan Bude Yati juga masih krispi.

"Ya udah lo sono ke kantin. Gue lagi nunggu Bang Joni"

"Ngapain?"

"Urusan futsal. Nggak ngerti deh lo, lo kan mainannya bekel"

"Anjir lo. Ditinggal Gita jadi asin banget" rutuk Ecan yang membuahkan kekehan Iqbal. Ketika itu, saat si Ecan baru saja hendak berdiri, sosok jangkung Bang Joni terlihat berlari kecil menghampiri mereka. Rambutnya yang gondrong poni, mengibas asoy mirip iklan shampoo.

"Rambut gue kapan secakep itu ya Bal?" ucap Ecan nggak sadar.

"Bal, sori, sori, lama lo nunggu?" kata Bang Joni setelah sampai di hadapan mereka.

"Nggak kok Bang" jawab Iqbal berdiri menyejajari posisi Bang Joni.

"Gue cuma mau ngasih jersi baru buat sparing ntar sore. Gue nggak bisa dateng soalnya ada tre-ot bimbel" jelas Bang Joni sambil mengulurkan jersey warna merah yang masih dibungkus plastik.

"Rajin amat Bang ikut tre-ot nya dari sekarang" ini Ecan yang bilang. Padahal dia nggak kenal-kenal amat sama Bang Joni.

"Males sih. Tapi bisa digorok emak gue kalo gak ikut. Sayang nyawa" kelakar Bang Joni yang sok asyik aja ke Ecan. Ecan jadi ikutan nyengir.

"Iya Bang, emak-emak emang suka gitu"

"Ya udah nih, gue balik kelas ya?" pamit Bang Joni setelah nyengir basa basi.

"Yok Bang" jawab Iqbal.

"Eh iya Bal, gue mau minta pe-je an dong" kata Bang Joni lagi, tidak jadi beranjak pergi.

"Pe-je apaan ya Bang?" Iqbal mengernyitkan dahi.

"Lah lo kan ada pacar baru"

"HAH? Pacar baru??" lagi-lagi, ini Ecan yang bilang. Tapi tanda tanya di wajah Ecan itu juga diaminkan oleh kernyitan dalam di dahi Iqbal.

"Pacar baru gimana Bang? Pacar gue kan Gita"

"Lah, lo masih sama Gita? Kirain udah putus. Abis kemarin gue kayak liat lo jalan gitu ama cewek" jelas Bang Joni yang makin menimbulkan kerutan di dahi Iqbal.

"Ah ya udah deh. Mata gue aja Bal yang siwer" pungkas Bang Joni menengahi.

"Ya udah, balik ya gue" lalu Bang Joni beneran pergi. Meninggalka Iqbal dan Ecan yang sama-sama mikir keras.

"Oh, maksudnya Mbak Tasya" kata Iqbal lirih, akhirnya terkoneksi dengan apa yang dimaksud Bang Joni.

"Mbak Tasya siapa?" tanya Ecan yang dengar monolog Iqbal.

"Tetangga gue" jawab Iqbal sambil lalu keluar lapangan, meninggalkan Ecan cengo sendirian.

"Heh bentar, ini Mbak Tasya yang gebetan lo jaman SMP bukan?" tanya Ecan dengan kaki seribu menyusul Iqbal. Barusan otaknya tiba-tiba terkoneksi dengan cepat menemukan history 'Mbak Tasya' ditimbunan memorinya. Sementara yang ditanya, cuma mengedikkan bahu sambil lalu. Sok asyik banget dah.

"Wa anjir! Kok bisa lo ketemu Mbak Tasya lagi?" sergah Ecan.

"Ya bisalah, orang tetangga gue. Gimana sih lo?"

"Tau bosku, maksud gue, doi kuliah di Semarang bukan?"

"Bandung kali," ralat Iqbal. "Kuliahnya doang di Bandung, rumahnya kan tetep disitu-situ aja"

"Iya sih," gumam Ecan sambil garuk-garuk kepala. "tapi aneh Bal, aneh asli. Lo lama gak ketemu doi, eh ketemu lagi pas lagi kayak gini" sergah Ecan heboh.

"Apanya yang aneh??" tanggap Iqbal sambil mengernyit.

"Ya aneh, lo mah kagak sadar keadaan," Ecan menoyor bahu Iqbal, disusul dengan menegakan posisi tubuhnya agar terlihat seperti kaum cendekia yang mau ngasih kuliah singkat. "Lo kan lagi el-de-er kan sama Gita, terus tiba-tiba Mbak Tasya muncul lagi itu lo nggak mikir ada suatu kejanggalan?"

Iqbal tercenung sesaat mendengar prasangka Ecan sebelum ia mengibaskan tangan dan kembali jalan ke kantin. Keburu keabisan soto ayam yang lima rebu dapat es teh sekalian.

"Kebanyakan dicekokin drakor lo sama Arin, drama abis"

"Lah, kagak Bal. Ini murni intuisi gue nih. Intuisi gue nggak pernah salah"

"Intuisi apaan emang?" Iqbal menelengkan kepala sekilas kepada Ecan. Niatnya mau ngegodain.

"Sekolah kagak sih lo, intuisi aja gak tau" sergah Ecan membela diri setelah lima detik mikir-mikir tapi tidak menemukan padanan kata intuisi dikamus otaknya. Heu ngeles aja lu Can. "Ya pokoknya kurang-kurangin deh Bal"

"Apanya?"

"Itu, jam terbang lo ketemu Mbak Tasya. Runyam mampus lo ntar"

"Kagak jelas lo!" rutuk Iqbal dengan muka berkerut.

"Pokoknya gue udah bilangin lo ya Bal, inget kata orang Bal, kucing mana sih yang kagak doyan dikasih pindang?" wanti-wanti Ecan sok implisit.

"Gue bukan kucing"

"Itu pengibaratan elah. Maksud gue, cowok mana sih yang nggak bakal kegoda kalau dipepet terus sama cewek. Apalagi yang modelnya kayak Mbak Tasya"

"Kurang-kurangin Bal"

Iqbal cuma melalukan ocehan Ecan dari telinga kanan ke telinga kiri. Tapi waktu Mbak Tasya nge-chat selepas maghrib dan nanyain udah makan apa belum, Iqbal jadi kepikiran omongan seorang Ecan.

 Tapi waktu Mbak Tasya nge-chat selepas maghrib dan nanyain udah makan apa belum, Iqbal jadi kepikiran omongan seorang Ecan

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.


Update-nya kalem-kalem bae ya bor, wekaweka

Have a naiseu Monday!

Iqbal, 10 Hari Tanpa Gita ✓Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang