05. Hidup itu Hanya Rangkaian Penderitaan dan Bunga-Bunga Kebahagiaan

68 0 0
                                    

Cucu-cucuku, diantara kalian siapa yang sudah berkeluarga? Mudah-mudahan kalian semua selalu diliputi kebahagiaan, baik yang sudah berkeluarga maupun yang belum.

Sekarang, Kakek akan cerita sedikit tentang penderitaan. Bukan berarti kakek ingin menakut-nakuti kalian dalam menjalani hidup ini. Melainkan Kakek ingin mengajak kalian melihat kehidupan ini seperti apa adanya. Bukan seperti apa yang seharusnya kalian inginkan.

Misalnya saja tentang formasi tubuh kita ini yang tersusun antara tulang, daging, kulit yang disambungkan dengan jutaan syaraf. Semua sentuhan atas permukaan kulit kita, akan menimbulkan sensasi yang menyenangkan dan menyakitkan. Apabila sentuhannya itu adalah lembut, maka maka sentuhan itu menyenangkan. Dan apabila sentuhan itu keras, maka akan menimbulkan rasa sakit. Untuk itu, orang-orang sangat mendambakan belaian. Sebaliknya orang-orang akan menolak untuk dipukul.

Perlu juga kalian ketahui bahwa susunan badan kita yang 'organik' ini, mudah sekali sakit dan rusak cucuku. Saat kalian sudah memahami susunannya memang demikian, maka kalian akan selalu waspada dan hati-hati dalam pergerakan kalian sehari-hari. Apabila kalian salah bergerak, maka kalian akan merasakan kesakitan. Kalian juga perlu merawat tubuh ini seperlunya, agar tubuh kalian tidak cepat rusak.

Pada saat kalian sedang jatuh sakit karena penyakit, kalian tidak seharusnya menggerutu dan panik. Karena yang namanya organik ya begitu. Bakteri dan virus bahkan bisa hidup di dalam tubuh kita ini. Karena sifat parasitnya, maka badan kita akan sakit. Dan karakter susunan tubuh kita juga mudah rusak. Kena benda tajam sedikit saja, dia akan rusa dan menimbulkan rasa sakit. Dan perlu kalian ketahui semua, seluruh jaringan tubuh ini hidup, berkembang dan mengalami proses penuaan.

Dari pengertian sedikit tentang tubuh ini, kalau kalian ditawari produk anti penuaan, tinggal pergi saja. Orang-orang seperti itu sudah dilatih untuk mempengaruhi orang. Mereka sudah menyiapkan begitu banyak jawaban dari begitu banyak kemungkinan pertanyaan. Yang kakek khawatirkan bukan masalah kalian tertipu atau dirampok oleh orang-orang ini. Melainkan mental kalian yang bisa terpengaruh dan rusak. Saat kalian mulai berharap awet muda dan umur yang panjang dengan cara-cara yang aneh dan tidak masuk akal, saat itulah mental kalian sudah rusak.

Begitulah seharusnya tubuh ini berproses. Saat kalian tidak suka sakit, menolak rasa sakit, maka kalian belum memahami susunan tubuh ini seperti apa adanya. Cucuku, apabila kalian punya harapan, bahkan sampai berdo'a agar tidak menderita sakit, maka kalian termasuk rombongan orang bingung. Mengapa kakek sebut bingung? Karena keinginanmu itu sungguh aneh dan tidak masuk akal! Kalian harus tahu bahwa susunan tubuh ini tidak memungkinkan kondisi seperti itu!

Nah, kalau kalian sudah mulai memahami sedikit uraian kakek tadi, marilah kita sedikit lebih teliti lagi. Saat kalian amati, tubuh ini punya reaksi sensasi yang menyenangkan dan menyakitkan. Sensasi yang menyenangkan itu ternyata hanyalah sedikit sekali. Sedangkan sensasi kesakitannya itu lebih banyak. Misalnya saja saat dibelai itu menyenangkan dan dipukul itu menyakitkan, maka dia menjadi berimbang.

Di luar itu, masih banyak lagi. Terlalu panas, badan akan sakit. Terlalu dingin, badan juga akan sakit. Ada virus bisa tumbuh di dalam tubuh ini, ada gatal, ada panu, kurap, jamur dan bagian-bagian tubuh ini bisa rusak dengan sendirinya. Bukankah sudah jelas, bahwa sakit itu lebih dominan ketimbang kenyamanannya?

Karena tubuh ini mengalami proses penuaan. Tulang yang keropos, gigi yang tanggal misalnya. Maka kakek menyebutnya 'Rangkaian Penderitaan', dan kesenangannya hanyalah bunga-bunga yang kadang-kadang saja muncul. Mengapa rangkaian? Karena penderitaan ini seolah disusun sepanjang hari dan silih berganti. Mengapa silih berganti sepanjang hari? Karena kita selalu bergerak sepanjang hari. Saat kita berhenti bergerak, maka kita akan tertidur. Dan saat tidur, kita tidak bisa menikmati kenyamanan tanpa gerak itu.

PESAN KAKEKWhere stories live. Discover now