Dewa Oneiroi

2K 109 0
                                    

Oneiroi adalah para dewa mimpi dalam mitologi Yunani. Mereka ada tiga, yaitu Morfeus (ahli berubah menjadi manusia), Ikelos atau Fobetor (ahli berubah menjadi hewan), dan Fantasos (ahli berubah menjadi objek alam).Dalam mitologi  jumlah mereka adalah 999 dan tiga Oneirei yang disebut di awal adalah yang paling termasyhur. Simbol mereka adalah bunga opium.

Menurut Hesiodos, Oneiroi adalah anak-anak Niks (dewi malam). Niks melahirkan mereka sendirian sehingga Oneiroi merupakan saudara Hipnos (tidur), sedangkan Kikero berpendapat bahwa Oneiroi lahir dari hubungan antara Niks dan Erebos (kegelapan).Ovidius sendiri menyebutkan Oneiroi sebagai putra Hipnos.

Dalam Iliad karya Homeros, seorang Oneiros (anggota Oneiroi) diperintahkan oleh Zeus untuk mendatangi Agamemnon dan menyegerakannya untuk berperang.

Oneiroi tinggal di Daratan Mimpi/Dunia mimpi (Demos Oneiroi) yang terletak di dunia bawah. Tempat tersebut dekat dengan kediaman Niks (dewi malam). Ada dua gerbang di sana, yang satu dihiasi dengan gading, sedangkan satu lagi dengan tanduk. Mimpi palsu keluar dari gerbang gading, sedangkan mimpi masa depan muncul dari gerbang tanduk. Statius menggambarkan para dewa mimpi berada di dekat dewa Hipnos di gua di daerah tersebut.

Mitologi YunaniWhere stories live. Discover now