Konsekuensi

885 159 19
                                    

Kalian sudah tau beda tiap genre, kalian sudah tau harus memilih genre yang mana, tapi kalian masih ngotot ingin salah genre? Kalau begitu, silakan tanggung konsekuensinya.

Tahukah kalian kalau tidak tepat dalam memilih genre akan berpengaruh pada popularitas cerita kalian? Apakah mungkin cerita Teen Fiction akan populer di kalangan cerita Fantasy? Jawabannya tidak. Siapa yang mau repot-repot baca cerita Teen Fiction kalau yang mereka cari adalah cerita Fantasy? Berlaku pula untuk genre lainnya.

Kalau memang ada cerita salah genre yang malah nge-top di genre lain, bersiaplah untuk konsekuensi kedua. Di Wattpad, para staff bekerja untuk memindahkan cerita-cerita yang salah genre itu setiap harinya. Cerita salah genre dan berada di posisi atas genre lain pasti akan sangat menarik perhatian. Sudah menjadi tugas mereka untuk membetulkan letak cerita salah itu kembali ke habitatnya. Lalu apa yang terjadi? Tentu saja ranking yang kalian cari-cari meski harus menyeberang genre itu akan menghilang.

Meski sudah dipindahkan ke tempat yang benar, terkadang masih ada penulis yang sengaja mengembalikan ceritanya tadi ke genre yang salah. Kalau kalian melakukan hal ini, bersiaplah untuk konsekuensi ketiga. Cerita yang terlalu sering dipindahkan oleh staff Wattpad tidak akan bisa lagi dipindahkan genre-nya secara permanen.

Dengan kata lain, publish cerita tidak pada genrenya secara sengaja itu buang-buang waktu saja. Ranking yang kalian dapatkan hanya sesaat, karena Wattpad bisa memindahkan cerita kalian kapan saja kembali ke tempat asalnya dan menghapus ranking kalian. Dalam kondisi paling parah, staff Wattpad bahkan memiliki wewenang untuk menghapus cerita  bermasalah termasuk akunnya. Selama tidak ada masalah apa-apa, Wattpad tidak akan menghapus akun kalian, jadi tidak perlu takut.

Setelah membaca semua penjelasan sampai sejauh ini, saya menghimbau pada kalian semua untuk sadar genre. Tempatkanlah cerita kalian di genre yang tepat. Apabila kalian menemukan cerita yang kalian rasa salah genre-nya, silakan ikuti petunjuk pada part berikutnya.

Panduan GPSМесто, где живут истории. Откройте их для себя