Panduan Genre N-R

1.3K 172 56
                                    

Kelanjutan dari panduan genre sebelumnya

Diurutkan dari N ke R

11. Non-fiction

Non-fiction adalah tulisan yang berfokus pada peristiwa orang, dan pengalaman yang nyata. Genre ini termasuk (namun tidak terbatas pada) memoar, catatan perjalanan, biografi, dan saran bisnis.

Contoh: In Cold Blood oleh Truman Capote.

Sekilas banyak yang mengira kalau Non-fiction berarti adalah tulisan ilmiah. Namun, sayangnya Non-fiction tidak sama dengan tulisan ilmiah. Untuk memahami lebih lanjut dengan Non-fiction yang dimaksud di sini, mari kita baca penjelasan dari referensi luar ini.

Non-fiction - Merupakan informasi berdasarkan fakta yang disampaikan dalam format cerita. Contoh yang termasuk dalam Non-fiction adalah tulisan esai, biografi, dan autobiografi. 

Jadi, yang dimaksud Non-fiction di sini adalah teks informatif berisi subjek yang nyata dan aktual. Berbeda dengan Historical Fiction, kisah yang diangkat di Non-fiction bisa saja terjadi di masa sekarang. 

Lalu, apa bedanya Non-fiction dengan General Fiction? Keduanya sama-sama mengangkat tema yang terjadi di saat ini. Perbedaan paling mencoloknya adalah tingkat kenyataan kisah tersebut. Dalam General Fiction, kejadian yang diceritakan hanya sebatas "bisa" terjadi pada seseorang. Sedangkan Non-fiction merupakan kejadian yang memang sudah terjadi dan dikisahkan kembali dalam format cerita.

12. Paranormal

Cerita yang terjadi pada latar dunia modern, tetapi terdapat makhluk atau kejadian yang berada di luar lingkup pemahaman ilmiah normal atau pengalaman manusia normal. Cerita Paranormal sering menceritakan tentang protagonis manusia dalam dunia paranormal, serta pertemuan mereka dengan makhluk paranormal atau individu dengan kemampuan paranormal, seperti hantu, malaikat, vampir, manusia serigala, peramal, atau telekinesis.

Contoh: Twilight oleh Stephenie Meyer, Beautiful Creatures oleh Kami Garcia dan Margaret Stohl, The Southern Vampire Mysteries oleh Charlaine Harris.

Istilah Paranormal mungkin cukup asing di telinga kita. Padahal Paranormal ini adalah sebutan lain dari Supernatural. Untuk lebih memahami tentang genre ini, silakan baca ulasan dari referensi luar.

Supernatural - Genre Supernatural merupakan cerita bertema hal-hal yang kontradiksi pada dunia normal yang kita tinggali. Cerita pada genre ini biasa memuat, tapi tidak terbatas pada, makhluk supernatural, seperti iblis, hantu, roh, zombie, malaikat, vampire, werewolf, penyihir, perubah bentuk, makhluk bayangan, naga, elf, troll, dan goblin.

Lalu muncul pertanyaan di benak kita, apa bedanya dengan Fantasy? Mudah saja, meski keduanya terdapat unsur ghaib atau hal-hal di luar nalar manusia, ada perbedaan signifikan yang bisa kita amati untuk perbedaannya. Yaitu pada genre Paranormal atau Supernatural, keganjilan merupakan suatu hal yang tidak wajar dan seharusnya tidak ada di dunia nyata. Berbeda dengan Fantasy, keganjilan merupakan bagian dari dunianya yangdianggap wajar dan lumrah.

Jadi, elemen dalam genre Paranormal adalah adanya keganjilan atau hal berbau ghaib yang terjadi di lingkungan masyarakat modern kita ini. Hilangkan saja unsur ghaib itu dalam genre Paranormal, maka cerita itu hanya akan menjadi cerita kehidupan normal biasa.

13. Poetry

Seperti yang dikatakan William Wordsworth, Poetry adalah "Aliran spontanitas dari perasaan yang kuat." Poetry menggunakan irama, bahasa, retorika, dan kiasan untuk menyampaikan pengalaman emosional imajinatif. Poetry kontras dengan prosa, atau tulisan yang biasa, dan biasanya menggunakan diksi rumit dan bahasa kiasan dengan makna yang lebih dalam.

Contoh: Fire and Ice oleh Robert Frost.

Untuk yang belum tau, Poetry itu artinya puisi. Genre ini adalah salah satu genre non-cerita di Wattpad. Untuk memahami lebih lanjut, silakan baca ulasan dari referensi lain ini.

Poetry - Berisi kata-kata yang mengikuti irama atau struktur, dan kadang-kadang sajak yang dirancang dengan emosi dan pikiran yang mencuat. Tulisan dapat seluruhnya ditulis dalam bentuk puisi, tetapi sering juga tidak ditulis seluruhnya. Pilgrim's Progress karya Dante adalah beberapa karya paling terkenal dari tulisan panjang puisi. Tulisan populer lainnya dalam genre Poetry dikenal sebagai "Chap Books" merupakan koleksi puisi pendek.

Jadi, Poetry adalah karya sastra yang mengedepankan irama dan retorika. TIdak terikat oleh plot dan belakangan Poetry di Indonesia tidak lagi terikat rima.

14. Random

Tidak setiap tulisan dapat cocok ke dalam genre-genre di Wattpad, dan kami menyadari sepenuhnya bahwa Category Content ini mungkin perlu berubah seiring waktu. Sampai hal tersebut dilakukan, kami telah menyertakan kategori "Random" untuk menjaring tulisan di luar genre yang didefinisikan.

Begitulah yang dijelaskan Wattpad. Genre ini ekslusif hanya di Wattpad, mencarinya di referensi lain tidak akan membuahkan hasil apa-apa. Untuk lebih jelasnya, Random adalah genre khusus untuk cerita yang genre-nya tidak terdapat di Wattpad atau tulisan yang bukan cerita selain puisi. Contohnya seperti tulisan ini, merupakan panduan, bukan cerita, bukan juga puisi. Di sinilah tempatnya.

Jadi, Random itu bukan genre yang mau semau kalian masukkan cerita apa saja, tetapi genre khusus untuk menampung cerita tanpa genre yang disediakan Wattpad.

15. Romance

Cerita yang menelusuri perkembangan hubungan antara dua individu dengan cinta sebagai pusat ceritanya. Seringkali menampilkan tentang perjuangan keduanya untuk menghadapi perbedaan dan masa lalu mereka. Protagonis biasanya mengalami perkembangan kepribadian, yang mana disebabkan oleh kekasihnya.

Contoh: Pride and Prejudice oleh Jane Austen

Secara dasar kita tau apa yang disebut dengan Romance. Namun, kadang ketika diminta menjelaskan, kita akan kehabisan kata untuk menjabarkannya. Oleh karena itu, silakan perbanyak referensi kalian dengan penjelasan lain berikut.

Romance - Ciri dari cerita ber-genre Romance adalah mengandung hubungan asmara antara seorang laki-laki dan seorang perempuan, sering kali dari sudut pandang si perempuan. Selalu terdapat konflik yang mengeruhkan hubungan, tapi semua dapat dihadapi hingga mencapai akhir bahagia.

Genre Romance sering dipadukan dengan genre lainnya. Keumuman tema ini membuatnya menjadi paduan genre lain yang paling sering dipakai. Setiap cerita yang melibatkan cinta atau hubungan romantis antara seorang pria dan wanita dengan akhir yang bahagia bisa mengklaim tag "Romance".

Sementara itu, Romance sebagai tema yang tersendiri, dapat berhubungan erat dengan genre Drama, karena sifatnya yang intim dan personal terhadap emosi dan konflik dari karakter dan hubungan yang realistis. Konflik di Romance dapat digambarkan sebagai Drama.

Jadi, simpulannya Romance adalah cerita yang terfokus pada hubungan asmara antara dua manusia. Biasa disisipi konflik yang menyebabkan keretakkan hubungan, tapi selalu berakhir dengan memuaskan. Apa yang dimaksud memuaskan di sini tidak harus selalu happy ending. Bisa saja pada endingnya hubungan A dengan B berakhir, sebagai gantinya mereka menempuh jalannya masing-masing, dan kita menganggap itulah jalan yang terbaik.

Silakan lanjutkan membaca ke part berikutnya untuk genre lainnya.

Sumber referensi:

https://support.wattpad.com/hc/en-us/articles/200774334-Content-Guidelines?flash_digest=4693f68e41617174eff26abb1fdf05c149e0ae4c

https://en.wikipedia.org/wiki/List_of_genres

https://book-genres.com/book-genre-finder/fiction-genres/

Panduan GPSजहाँ कहानियाँ रहती हैं। अभी खोजें