Panduan Genre S-Z

1.2K 151 52
                                    

Bagian terakhir dari panduan genre sebelumnya.

Diurutkan dari S ke Z

16. Science Fiction

Science Fiction biasanya terjadi di sekitar dunia futuristik atau jaman luar angkasa, dimana inovasi ilmiah dan teknologi imajinatif mungkin terjadi dalam hukum alam di cerita. Science Fiction berkaitan dengan konsekuensi dan dampak sains (nyata atau khayalan) pada tingkat individu dan masyarakat, dan sering termasuk perangkat canggih, seperti mesin waktu, atau bentuk kehidupan lain, seperti alien.

Contoh: The War of the Worlds oleh H.G. Wells, I, Robot oleh Isaac Asimov.

Penjelasan dari Wattpad barusan merupakan penjelasan kecil dari Science Fiction. Berikut adalah referensi lain yang menjelaskan dengan lebih detail.

Science Fiction - Cerita yang melibatkan elemen kuat dari teknologi, dijelaskan dengan detail menyeluruh dan masuk akal (bila berdasarkan fakta-fakta dan bukti ilmiah, Science Fiction menjadi Science Fiction Hardcore). Secara umum, cerita berpusat pada efek dan konsekuensi dari komputer dan mesin. Cerita Science Fiction dapat melibatkan perjalanan melalui ruang, waktu, atau alam semesta alternatif, serta, melibatkan bentuk-bentuk kehidupan asing.

Sains berat seperti interverensi/restrukturasi DNA (yaitu rekayasa genetika) atau eksperimen medis lainnya termasuk dalam genre Science Fiction juga. Hal ini dapat menyebabkan Science Fiction mengarah ke genre Suspense, Thriller, atau Horror, terutama ketika percobaan mengalami kegagalan.

Dari simpulan di atas, dapat ditarik simpulan bahwa elemen dalam cerita Science Fiction meliputi:

           a. Mengambil latar masa depan, ruang angkasa, dunia lain, atau di dimensi berbeda.

           b. Prinsip-prinsip ilmiah yang baru atau bertentangan dengan hukum fisika yang diterima, misalnya perjalanan waktu, lubang cacing, dan perjalanan atau komunikasi yang lebih cepat dari cahaya.

           c. Adanya dampak penemuan teknologi terhadap kehidupan individu, kelompok, atau bahkan dunia.

           d. Penting untuk dicatat bahwa Science Fiction memiliki hubungan dengan prinsip-prinsip ilmu pengetahuan. Cerita ini melibatkan hukum atau teori-teori ilmu pengetahuan, sebagian benar dan sebagian hanya fiktif. Hal tersebut tidak harus dibuat sangat mustahil, karena hal itu akan lebih mengarah ke fantasi.

17. Short Story

Short Story adalah karya narasi singkat, yang biasanya berfokus pada sejumlah karakter dan insiden plot tunggal. Secara signifikan lebih pendek dan lebih padat dari novel, Short Story meninggalkan pembaca dengan snapshot atau sepotong kehidupan.

Seperti genre-nya, penjelasannya pun pendek. Karena itu mari kita tambahkan referensi dari luar.

Short Story - Dibuat dari koleksi cerita pendek yang disatukan berdasarkan penulisnya atau permasalahan subjeknya (atau genre) yang digabungkan dalam total kata yang setara dengan novel. Kebanyakan cerita pendek berkisar 1.000-20.000 kata-kata. Cerita dalam Short Story adalah cerita dengan jumlah kata lebih sedikit yang membawa pembaca menjelajah bersama tokoh menuju resolusi ending terbuka.

Resolusi ending terbuka memberikan kesempatan pada pembaca untuk membayangkan lebih banyak tentang cerita itu dalam pikirannya, pada dasarnya memberikan kesempatan pada pembaca untuk berpartisipasi pada hasil dan jalan keluar mereka sendiri. Cerita pendek dapat ditulis dalam genre apa saja dan sering terdapat kekhasan yang dapat menunjukkan ciri-ciri si penulis.

Kesamaan pada dua penjelasan tersebut adalah dibatasinya jumlah kata dalam Short Story. Dalam referensi lain juga menyebutkan kalau Short Story merupakan cerita yang tidak lebih dari 10.000 kata. Kumpulan cerpen juga termasuk dalam genre Short Story.

Panduan GPSWhere stories live. Discover now