CREATIVE WRITING

10.9K 797 111
                                    

SAYA MO IKUTAN NGE-RANT!!! LOL

Nope, nggak sih, tapi saya kali ini lebih mau menyampaikan informasi dengan gaya yang mungkin lebih ke arah, hmm ... dekat?

Halo semua, nama saya Irene Faye dan saya akan memberi tahu kalian mengenai "Creative Writing" atau yang saya terjemahkan sebagai "Ilmu Menulis Kreatif."

Creative Writing (CW) adalah ilmu yang mempelajari tentang teknik-teknik yang digunakan untuk membuat sebuah tulisan yang menarik pembaca untuk membaca tulisan kita. Kenapa saya katakan sebagai ilmu (logos)? Karena di beberapa negara (yang sayangnya tidak termasuk Indonesia), Creative Writing adalah ilmu yang memang dapat diperdalam dan dipelajari di Universitas secara formal. Tidak hanya untuk gelar sarjana, tapi juga gelar master (S2) dan PhD (S3).

Saya tahu setidaknya Inggris dan Australia juga mengakui "Ilmu Menulis Kreatif" sebagai jurusan kuliah, dan sekalipun mata kuliah ini sering diasosiasikan dengan Bahasa Inggris, tapi di mata saya pendidikan ini merupakan cabang dari sastra, dan dapat diterapkan dalam bahasa Indonesia (saya meyakini hal ini karena saya pernah mencicipinya secara semi formal di bengkel sastra).

Saya tahu setidaknya Inggris dan Australia juga mengakui "Ilmu Menulis Kreatif" sebagai jurusan kuliah, dan sekalipun mata kuliah ini sering diasosiasikan dengan Bahasa Inggris, tapi di mata saya pendidikan ini merupakan cabang dari sastra, dan da...

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

(Sensor nama belakang demi anonimitas ahahaha. Tapi sedih juga sih mengingat saya hanya menghabiskan waktu sebulan dalam kursus ini, sedangkan mahasiswa-mahasiswa jurusan Creative Writing dapat mendapatkan materi selama setidaknya satu tahun). 

Berita baiknya? Universitas-universitas besar ini, mengunggah rekaman kuliah mereka ke Internet, dan kalian dapat mengaksesnya secara gratis di Youtube (Universitas ini tentu saja tidak hanya mengunggah kuliah mereka tentang Creative Writing jadi kalian memang harus menggali kuliah-kuliah ini dari antara video-video kuliah lainnya di Youtube).

Sebagaimana sastra adalah seni, maka jika kalian lulus dan menjadi sarjana S1 dari jurusan ini maka gelar kalian adalah Bachelor of Fine Arts (BFA) atau Baccalaureus Artium (BA--gelar yang dipakai di Inggris), dengan jurusan S2 disebut Master of Fine Arts in Creative Writing, dan yang langka adalah PhD (ini setara S3--walau masih jarang). Penulis terkenal seperti J. K. Rowling (BA--karena JK Rowling dari Inggris), dan Stephen King (BFA) adalah dua dari banyak penulis yang tak jarang menyampaikan kuliah umum creative writing di universitas-universitas. Penulis Brandon Sanderson malah menjadi pengajar di Universitas Brigham Young (BYU) paling tidak satu kali dalam satu tahun (Saya paling suka cara mengajar beliau).

Tapi memang yang sangat disayangkan, semua kuliah yang disampaikan oleh penulis-penulis besar ini disampaikan dalam Bahasa Inggris, dan jarang ada yang mau repot-repot untuk menambahakn subtitle dalam video mereka. Subtitle Inggrisnya saja tidak ada, apalagi subtitle bahasa Indonesia.

Inilah hal yang mendorong saya membuat tulisan ini di wattpad Indonesia. Karena saya benar-benar rindu berbagi ilmu yang saya dapat secara cuma-cuma dari kelas-kelas online yang kredibel ke teman-teman yang mungkin tidak terlalu pintar bahasa Inggris tapi tetap mau belajar.

Cogito et Scribo: Kumpulan Ilmu Menulis KreatifTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang