Edisi 29 : Ketulusan

38 5 0
                                    

Hari ini aku belajar satu hal.

Bahwa rasa kasih sayang yang tulus tidak akan semudah itu hilang karena kebencian.

Jika kita benar-benar mencintai seseorang, menyayanginya, apalagi menghabiskan banyak waktu bersamanya, kita tidak akan semudah itu benci padanya hanya karena satu kesalahan.

Mungkin itu kali ya sebabnya kalau ada cewek yang punya pacar suka selingkuh, bentak dia, atau nyakitin perasaan itu cewek deh pokoknya, tapi si cewek tetep aja mempertahankan hubungannya sama itu cowo. Gue yakin, kalau lo punya temen yang kayak gitu, lo bakalan ngomong sama tu cewe, "Lu bego atau dungu sih, udah disakitin berkali-kali sama doi aja lu masih juga sayang sama dia!"

Begitu kan?

Kalau ternyata kalian responnya gak begitu, ya sudah, maafkan aku 😥

[Maafkan kalau aku gak konsisten mau pake 'aku' atau 'gue'. Ku menyesuaikan sama keadaan #lah]

Ngomong-ngomong, gue abis nonton uttaran.

[Tung tarara 🎶 Tung tarara 🎶Tung tarara🎶]

Santai aja santai. Ku cuma nonton uttaran, bukan jadi emak-emak arisan. Responnya biasa aja dong ah.

Jadi, tadi tuh gue nonton Neneknya Tapasya yang diusir dan dia juga dicampakkan sama cucunya, si Muhta. Belum lagi ada si... siapa sih Tehsing atau siapalah itu namanya, mau nikahin si Muhta. Ku gak tau tulisan yang benernya gimana wahaha maafkeun.

Intinya gini deh, neneknya Tapasya itu sayang sama Muhta. Awalnya juga dia nolak buat bantu si Tehsing itu buat nikahin si Muhta. Tapi setelah tuh nenek-nenek dapat telepon dari si Muhta, dimana di situ nenek ini dihina-hina dan dicampakkan begitu saja oleh cucunya, si nenek sakit hati cuyyy! Alhasil si nenek langsung telpon si Tehsing dan bilang kalau dia mau bantu pak tua itu buat nikah sama Muhta.

Gila parah nih Uttaran!

Setelah nonton gituan, ku langsung kepikiran banyak hal. Termasuk yang udah kuomongin di awal tadi.

Bahwa rasa kasih sayang yang tulus tidak akan semudah itu hilang karena kebencian.

Kalau lo sayang sama seseorang, sayangilah dengan tulus. Sayangi semua orang, bahkan kepada mereka yang meludahimu dengan kebencian terus-menerus.

Emang bener sih, gue juga kadang mikir, "Hidup kok gini amat sih. Jadi orang bego sama jadi orang baik kok ya beda-beda tipis."

Tapi kadang... kita perlu menjadi orang bodoh. Cinta kan bodoh, bro! Lo udah disakitin, tapi tetep aja sayang sama doi kan? Wkwk tapi gue enggak sih. Biasa aja biasa.

Lagian, orang kayak gitu beneran ada kok. Orang yang udah disakitin mau kayak mana juga, tapi tetep aja sayang sama kita.

Lo tau gak itu siapa?

Hmm..

Orang yang selalu ada buat kita, tapi seringkali kita anggap sebagai gangguan.

Orang yang selalu nasehatin kita dengan segala kesabarannya, tapi justru kita tutup telinga rapet-rapet.

Orang selalu dengan sabar menghadapi masa pubermu dan keinginanmu untuk hidup bebas, tapi justru kau katakan mereka kuno.

Iya, lo bener.

Itu orang tua lo.

Sadar gak sih. Mereka itu... mau anaknya jelek kayak gimana juga, tetep juga dianggap anak. Mau anaknya nakal kayak gimana, tetep juga dianggap anak. Mau anaknya itu punya kelakuan laknat, tetep aja dianggap anaknya.

So, saran gue buat edisi kali ini. Sayangi orang yang lo sayang dengan tulus. Sayangi mereka seperti orang tua lo menyayangi lo. Jika Ayah dan Ibu saja tidak berpaling ketika kau meludahkan kebencian pada mereka, bagaimana mungkin kau melupakan jasa-jasa orang tua lo yang begitu mulianya. Mereka membesarkanmu, merawatmu, dan menyayangimu dengan cara mereka masing-masing.

Ah ya, satu lagi.

Anak paling gak suka dibanding-bandingkan sama anak lainnya. Gitu juga harusnya lo berpikir. Orang tua lo gak bakalan suka kalau lo banding-bandingin mereka dengan orang tua lainnya.

"Ah mama, masa dia aja dibolehin mamanya, trus mama malah larang aku."

"Papa kok tega sih. Aku kan baru telat pulang lima jam aja. Papanya si X aja gak pernah nyariin si X biarpun dia gak pulang-pulang."

[Kutipan yang terakhir itu... ah sudahlah 😀 Abaikan aja abaikan.]

Jangan.

Jangan bandingin mereka.

Sebelum lo ngelakuin sesuatu ke orang lain, mikir dulu, "Kalau orang yang melakukan itu ke aku, perasaanku gimana ya?"

Bukan hanya karena mereka tidak menyayangimu dengan cara yang kau mau lalu kau bisa menyimpulkan bahwa mereka tidak menyayangimu.

Ingatlah bahwa mereka selalu menyayangimu. Selalu.

Yups, gue udah ngomong panjang lebar, gak jelas dan ngelantur kemana-mana sampai ke India sana.

[Tung tarara Tung tarara Tung tarara]

Semoga edisi kali ini bisa bikin lo sadar, betapa bahagianya lo punya orang tua. Kalaupun orang tua lo udah tiada, lo tetep harus sadar, betapa bahagianya lo udah dilahirkan ke dunia.

Oke.

Seperti biasa.

Jangan lupa bahagia 😘

2 Mei 2016
Sri Hartini

CUAP CUAPWhere stories live. Discover now