Edisi 6 : Pinokio

71 8 8
                                    

Kenapa gue kasih judul 'Pinokio' untuk edisi kali ini? Simple-nya sih karena gue pengen bahas tentang kebohongan. Menurut gue [gatau kalau menurut lo], Pinokio kan identik atau relevan gitu sama kebohongan. Jadi... ya gitu deh. Hehe.

Oke, langsung ke topik.

Lo bisa sebut gue sebagai salah satu manusia pinokio ciptaan Tuhan.

By the way, pinokio ditulis pake huruf kapital atau enggak sih di awalnya? Gue tulis pake huruf kecil aja deh ya biar enak, tapi kalau salah ya lo tinggal kasih tau gue aja. Biar ntar bisa gue benerin.

Sebenernya sih definisi pinokio yang ada di diri gue sama pinokio yang ada di film anak-anak itu beda sih. Konteksnya doang yang sama. Pinokio dan gue itu sama-sama gak bisa bohong! Tapi bukan berarti hidung pesek gue tiba-tiba jadi mancung pas gue bohong ya. Bukan gitu.

Jadi gini nih. Gue itu orangnya gak bisa bohong. Bukan gak bisa bohong sih. Nggg... gimana ya. Gue itu dapet ganjarannya mungkin lebih cepet daripada orang kebanyakan.

Kalau lo gak ngerti maksud gue, kita pakai permisalan yang lain dulu deh. Misal gue laper. Trus gue makan. Dimana-mana mahh orang laper ya makan kan. Eh tapi gue gatau sih kalau misalnya kalau lo itu tipe orang yang kalau laper malah pasang status dulu. Lo pikir masang status 'gue laper' bisa bikin si doi tiba-tiba nongol depan pintu, nganterin makanan special gitu buat lo? Haha. Ciee yang baper.

Hush! Kembali ke topik.

Misal gue laper, trus makan. Hanya dengan satu piring aja, gue langsung kenyang. Nah di sini berarti gue langsung kena efeknya kan, yaitu kenyang. Sementara orang lain [misal] kudu makan sampe tiga-empat-lima piring dulu baru kenyang. Gak sampe sebanyak itu juga sih. Kan misal doang. Nah orang lain itu efeknya lebih lambat dari gue, kan?

Sama juga dengan ganjaran dari kebohongan.

Sekali gue bohong, gue bakalan langsung dapet balasannya. Tergantung seberapa besar kebohongan yang gue buat sih. Semakin gede ya semakin gede juga dong balasannya. Kalau di rumus-rumus ipa, itu tuh yang namanya berbanding lurus.

Duh, gue masih belum ngerti. Langsung ke contoh aja deh, gak usah basa-basi.

Wait. Gue mikir dulu ulah pinokio yang pernah gue lakuin. Gue kan udah insaf dari kebohongan.

Ngg...

Ngg...

Ngg...

Ah, iya!

Ada satu kebohongan yang paling gedeeee banget dampaknya ke gue sampe sekarang.

Gue itu dari zaman SD gak pernah nyontek. Kalau kerja sama sih pernah. Ups! Zaman SMP doang yang bener-bener gak ada nyonteknya sama sekali.

Trus waktu gue duduk di kelas X SMA, gue kepepet nih. Bahan pelajaran banyak, gue sakit-sakitan, dan satu hari itu ulangannya bikin gue tepar. Mana gue sanggup belajar kalau mepet gitu. Dan jujur aja waktu itu mental gue mental TEMPE banget. Masih kebawa sama sifat labil SMP kayaknya.

Trus yaudah gue nyontek lah waktu ulangan semester. Bukan nyontek pake buku atau nanya-nanya ke temen. Gue punya taktik nyontek sendiri dan itu gak perlu gue jabarin. Kan bahaya kalau lo malah ikut-ikutan pake cara nyontek modern punya gue 'dulu'.

Dampaknya apa?

Bukan nilai ulangan gue jelek, bukan. Bukan itu. Nilai gue jelas bagus banget dong. Kan nyontek. Masa udah nyontek, dapet nilai jelek pula. Itu sih gak profesional namanya.

Dari situ gue nyantai aja, gak ada apa-apa yang terjadi sama gue. Saat tiap habis kertas ulangan gue dibagikan, gue selalu mikir, "Ugh, aman. Gue masih aman-aman aja."

Eh gataunya...

Pas gue bagi raport...

Peringkat gue turun, guys!

Kalau boleh jujur, turunnya dari satu ke dua aja sih. Hehe. Tapi sumpah waktu itu gue nangisnya parah banget ya ampun. Lo gak tau aja temen-temen gue udah ngeliat gue dengan tatapan kayak gimana. Tatapan belas kasihan tingkat dewa, mungkin. Sampe kakak kelas aja ada yang bela-belain datangin gue supaya gue bisa berhenti nangis. Aduh, mana itu cowo lagi. *salahfokus

Lanjut.

Gimana gue gak nangis coba. Pengumumannya itu di lapangan, bro! Semua orang liat gue maju ke depan dengan gelar peringkat dua itu tadi.

Kalau lo mau tau kenapa gue sedepresi itu, gue bakalan cerita di episode selanjutnya. Itu sih kalau lo mau. Gue mah tergantung pemirsa. Gue ragu juga mau ceritain itu ke elo. Takutnya ntar lu malah ngira gue anak sombong lagi. Jadi mendingan koment dulu deh. Lo mau tau latar belakangnya atau gak? Kalau enggak, yaudah mungkin lain waktu. Kalau iya, biar satu orang aja yang bilang iya, gue bakalan tulis di edisi 8.

Sebenarnya masih banyak lagi sih contoh kebohongan gue yang lain. Berdampak negatif sih ke gue. Tapi ya kecil aja, gak sampe bikin gue jadi nangis kejer kayak cerita yang barusan.

Gue ceritain di edisi 7 deh cerita kebohongan kecil gue yang lainnya. Gue gak mau bikin edisi panjang-panjang. Pegel duluan nulisnya. Hehe.

Makanya elo jangan langsung kabur. Liat dulu edisi selanjutnya ya.

Salam dari sriihartini
JANGAN LUPA BAHAGIA :))
5 Januari 2016

CUAP CUAPWhere stories live. Discover now