Agar Semua Orang Tahu Bahwa Aku Cantik

597 24 0
                                    

Agar Semua Orang Tahu Bahwa Aku Cantik

Oleh: Al-Ustadz Abdullah al-Jakarty

.

Cantik, itulah yang diinginkan oleh setiap wanita. Sebagian wanita melakukan apa saja agar terlihat cantik dan memesona. Mulai dari pergi ke salon, memakai make up, memilih pakaian yang modis dan seksi, memperlihatkan keindahan sebagian tubuh, sampai melakukan operasi plastik agar terlihat lebih cantik. Kalau kecantikan itu diperuntukkan bagi suaminya dan diusahakan dengan cara yang dibolehkan, tentu hal ini baik. Masalahnya, kebanyakan wanita ingin tampil cantik di hadapan semua orang, ingin tampil modis di hadapan teman sekolah prianya, dan ingin tampil memesona di hadapan semua pria, sehingga menjadi fitnah bagi kaum pria. Karena itulah mereka melakukan berbagai cara untuk mempercantik diri.

Banyak yang mempercantik diri dengan memakai pakaian ketat agar terlihat seksi. Mereka memakai pakaian-pakaian yang memperlihatkan lekuk tubuh mereka, bahkan memperlihatkan sebagian aurat mereka, sehingga menjadi fitnah bagi kaum pria.
Wahai muslimah, seperti inikah cantik yang kalian inginkan?

Ketahuilah, perbuatan tersebut justru dilarang dalam agama kita, bahkan sangat keras ancamannya. Saya bawakan sebuah hadits, semoga menjadi peringatan untuk kita semua.

Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam bersabda,

صِنْفَانِ مِنْ أَهْلِ النَّارِ لَمْ أَرَهُمَا: قَوْمٌ مَعَهُمْ سِيَاطٌ كَأَذْنَابِ الْبَقَرِ، يَضْرِبُونَ بِهَا النَّاسَ؛ وَنِسَاءٌ كَاسِيَاتٌ عَارِيَاتٌ مُمِيلاَتٌ مَائِلاَتٌ، رُءُوسُهُنَّ كَأَسْنِمَةِ الْبُخْتِ الْمَائِلَةِ، لاَ يَدْخُلْنَ الْجَنَّةَ، وَلاَ يَجِدْنَ رِيحَهَا، وَإِنَّ رِيحَهَا لَيُوجَدُ مِنْ مَسِيرَةِ كَذَا وَكَذَا

"Ada dua golongan penduduk neraka yang belum kulihat: (1) suatu kaum yang memegang cambuk seperti ekor sapi, yang mereka gunakan untuk mencambuk manusia, dan (2) para wanita yang berpakaian tetapi telanjang, mereka berjalan sambil berlenggak-lenggok (berjalan dengan menimbulkan fitnah), dan kepala mereka seperti punuk unta yang miring. Mereka (para wanita ini) tidak akan masuk surga dan tidak dapat mencium bau harum surga, padahal baunya tercium dari jarak sekian-sekian." (HR. Muslim no. 5704)

Pada hakikatnya, wanita-wanita yang berpakaian tetapi masih memperlihatkan auratnya adalah wanita-wanita yang berpakaian tetapi telanjang.

Sebagian yang lain mempercantik diri dengan menyerupai penampilan pria. Tanpa rasa malu dan risih, mereka bangga dengan gayanya. Mereka pikir, dengan hal itulah mereka terlihat lebih cantik dan menarik. Mereka tidak sadar bahwa apa yang mereka lakukan adalah perbuatan dosa besar.

Al-Imam adz-Dzahabi rahimahullah berkata, "Dosa besar yang ke-33 adalah wanita menyerupai pria, dan pria menyerupai wanita."

Al-Imam adz-Dzahabi menyebutkan beberapa hadits tentang hal tersebut, di antaranya:

لَعَنَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُخَنَّثِينَ مِنَ الرِّجَالِ وَالْمُتَرَجِّلاَتِ مِنَ النِّسَاءِ

"Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam melaknat pria yang menyerupai wanita dan wanita yang menyerupai pria." (HR. al-Bukhari)

Setelah itu, beliau berkata bahwa yang dimaksud adalah para wanita yang menyerupai pria dalam hal pakaian dan bicara mereka.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, dia berkata, "Rasulullah shalallahu 'alaihi wassalam bersabda, 'Allah melaknat wanita yang memakai pakaian pria dan pria yang memakai pakaian wanita." (al-Kaba'ir, al-Imam adz-Dzahabi, hlm. 138)

Kumpulan NasehatTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang