2. PANIK

58.3K 1.3K 28
                                    

*WARNING: BACA DARI AWAL KARENA BANYAK YANG DIRUBAH!!!

Setelah mengejarnya beberapa saat, dia terlihat terburu-buru berlari ke arah kamar mandi. Aku pun langsung mengikutinya ke dalam. Dan saat aku masuk, dia terlihat sedang berusaha melap bagian depan kemejanya dengan tisu berkali-kali.

Melihat itu, aku benar-benar merasa bersalah. Karena tampaknya beberapa kali pun dia mencoba membersihkan noda merah bekas es kopyor tadi, noda tersebut tidak sedikit pun berkurang. Parahnya, bekas tumpahan tadi malah terlihat melebar di bandingkan sebelumnya.

"Maaf ya... gara-gara aku seragammu jadi kotor begini," seruku lirih seraya berharap dia tidak terlalu marah padaku.

Tapi... entah karena masih marah atau mungkin tak mendengar ucapanku, cewek itu sama sekali tak merespon. Perhatiannya masih pada bagian depan kemejanya yang penuh noda tersebut.

Aku jadi salah tingkah. Apalagi aku melihat ekspresi yang semula terlihat panik, tiba-tiba berganti menjadi ekspresi orang yang mau menangis.

"Mmm... gini aja. Gimana kalau kamu pakai bajuku saja. Biar aku yang gantian pakai bajumu yang basah." Bingung juga dari mana ide seperti itu bisa mampir ke kepalaku. Yang pasti, aku tak mungkin membiarkannya seharian memakai pakaian kotor dan basah hanya karena kebodohanku.

"Nggak apa-apa. Biarin aja deh gini!" jawabnya dengan nada sedih.

"Kamu kan tak mungkin seharian pakai baju basah dan kotor begini. Lagian nanti pelajaran ke empat aku ada pelajaran olah raga, jadi aku bisa pakai seragam olah ragaku saja nanti sampai pulang sekolah. Nanti di rumah aku cuci dulu bajumu baru aku kembalikan ke kamu."

Setelah mendengar perkataanku, cewek itu masih saja terlihat ragu-ragu.

"Ayolah... aku nggak enak kalau kamu masuk kelas dengan baju kotor seperti ini. Bisa-bisa kena hukum guru BP kamu nanti!" seruku mencoba meyakinkannya.

Dia pun perlahan menganggukkan kepalanya tanda setuju. Melihat itu, aku akhirnya merasa lega.

"Oh ya? Kamu anak kelas berapa ya? Soalnya besok biar aku saja yang ke kelasmu buat mengembalikan seragammu," tanyaku setelah kami berganti seragam satu sama lain.

"Kelas 2-1. Tanya saja nanti sama temanku kalau nggak ketemu aku di kelas. Namaku Erna Dharmawan."

Setelah pertemuan yang 'tidak menyenangkan' tersebut, sebenarnya kami tidak langsung menjadi dekat. Butuh waktu berbulan-bulan sampai akhirnya kami menjadi sahabat.

Diawali dari saling menyapa, mengobrol singkat, sampai akhirnya kami menemukan kebiasaan yang sama. Sungguh kebetulan, ternyata dia juga sama denganku. Dia juga ternyata suka membaca novel, walaupun memang tidak 'berlebihan' seperti kecintaanku pada buku.

Hal itulah yang membuat kami menjadi dekat dan sering menghabiskan waktu bersama, baik waktu istirahat ataupun sehabis pulang sekolah. Terkadang aku yang mampir ke kelasnya, atau kadang dia yang datang ke kelasku untuk sekedar mengobrol atau mengajakku ke kantin bersama.

Tak jarang pula, aku di ajaknya berburu novel ke toko-toko buku sampai berjam-jam lamanya sepulang sekolah. Alhasil, aku yang selalu sendirian dan tak punya teman, serasa mendapat 'durian runtuh'.

Namun, ternyata kebahagianku tidak berhenti sampai di situ saja. Tuhan ternyata masih ingin menghadiahiku seorang teman lagi dua bulan setelah pertemuanku dengan Erna.

Awal pertemuan kami bukanlah pertemuan yang termasuk kenangan yang indah bagiku. Karna kondisinya saat itu jauh lebih memalukan dari pada waktu bertemu Erna.

Waktu itu... aku sedang tergesa-gesa berlari ke toilet. Tapi karena cerita yang aku baca pas bagian yang seru-serunya. Jadi sambil lari pun pandanganku tak lepas dari novel yang aku baca. Rupanya, setelah kejadian dengan Erna pun, aku masih tidak kapok mengulangi kebiasaan burukku lagi.

PERNIKAHAN PARO WAKTU  [#wattys2022]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang