Querencia

Av mafiakangkung

286K 32.6K 23.3K

[๐™Š๐™ฃ ๐™‚๐™ค๐™ž๐™ฃ๐™œ] #๐’๐ž๐ช๐ฎ๐ž๐ฅ ๐จ๐Ÿ ๐’๐ž๐ฆ๐ž๐ฌ๐ญ๐ž๐ซ ๐Ÿ– ๐˜˜๐˜ถ๐˜ฆ๐˜ณ๐˜ฆ๐˜ฏ๐˜ค๐˜ช๐˜ข (๐˜ฏ.) ๐˜ข ๐˜ฑ๐˜ญ๐˜ข๐˜ค๐˜ฆ ๐˜ง๐˜ณ๐˜ฐ๐˜ฎ ๐˜ธ๐˜ฉ... Mer

Mukadimah - Casts
Q01. Masuk Angin?
Q02. Semanis Sirup Kurma
Q03. Bekas Luka
Q04. Menjadi Raden Yang Baru
Q05. Gak Sesederhana Itu, Ananda!
Q06. Di Ujung Derita
Q07. Kado Terindah
Q08. Ananda & Raden Menuju Bahagia
Q09. Long "Dipingit" Relationship
Q10. Get Ready with Pengantin Baru
Q11. Panggil Mereka Ayah & Bunda Meong
Q12. Susu Murni Nasional
Q13. Bye-bye Raden Byutipul
Q14. Welcome Baby Girl
Q15. How to Fight Raden Wonwoo
Q16. Ketika Dominan Didominasi
Q17. Raden Miyu Maurasena
Q18. Officially Hot Daddy
Q19. Ayah dan Bunda, Mengapa Aku Berbeda?
Q20. Kapan Kerja Lagi?
Q21. Teror Paket Online
Q22. Teori Kebahagiaan Miyu
Q23. Nyicil Target Hidup
Q24. Happy Anniversary
Q25. Home...Home...Home...
Q26. Halo, Gigi Susu!
Q27. Ada Apa Denganmu?
Q28. Call Me Manjalita
Q29. Move Like Jaeger!
Q30. Manusia Pentol Korek Api
Q31. Bye, S2. Welcome New Member!
Q32. Kudeta Mbakyu Miyu
Q33. Little Ananda
Q34. Beruang Ngamuk
Q36. Rindu Dibayar Nyicil
Q37. Bentuk Cinta
Q38. Anak Pertama
Q39. Resolusi Baru
Q40. Jalan Jaegerku
Q41. Cinta Salah Alamat

Q35. Beruang Ngamuk [v.02]

2.6K 379 284
Av mafiakangkung

Mulai sekarang, Mbakyu jadi anaknya Nena Tegal ya?!

======================

Beberapa jam sebelum drama India terjadi....

“Hadeuh, capek juga ternyata jadi campers, istirahat dulu kali ye kite. Biarin dah Seungkwan main sendiri. Gue haus, es teh mana es teh...?”

“Nih Bos,” kebetulan Vernon baru pesen dua gelas yang niatnya akan diberikan pada si pujaan hati yang sekarang masih sibuk main voli. Tapi berhubung Mingyu adalah sumber pundi-pundi rupiahnya, maka loyalitas harus ditegakkan tanpa batas. Gampang lah ya, kalo Seungkwan haus suruh pesen sendiri aja.

“Makasih, Bro. Kaget gue ternyata Taman Menteng rame banget jam segini. Gak rekomen nih buat ajak Miyu sama Bini jalan-jalan.”

“Udah sih Bang Ananda main di Situ Gintung aja, ngapain jauh-jauh ke sini kalo cuma buat duduk kek orang ilang? Mending kalo mau tamasya di depan halaman rumah lo aja yang jelas-jelas luas.”

“Bosen, Non. Masa iya anak gue taunya wilayah Ciputat doang. Sesekali perlu lah gue ajakin ke tempat baru, walau kayaknya gak dikasih izin sama Raden sih. Soalnya Miyu kalo kepanasan kulitnya gampang merah, kadang suka gak tega kalo lagi pakein dress lucu-lucu gitu terus gue fotoin pas matahari masih cakep buat berjemur, eh malah ada bekas kebakar di kulitnya.”

“Alergi apa gimana? Kasian juga ya, lo pakein baju yang tertutup kalo gitu, Bang.”

“Ya abis gue gak tahan kalo lagi visit ke booth di mall, pas lewatin toko baju apalagi anak cewek nih modelnya lucu-lucu. Migrain gue kalo gak kesampean buat beli. Makin migrain lagi kalo gak diabadiin foto si Mbakyu gundud yang cucok meong diapain ini. Anak gadis gue emang gemesin, huhu.”

“Ih asyik banget sih lo, Bang. Gue setiap denger lo lagi bahas masalah rumah tangga apalagi anak kayak yang seru gimana..., gitu. Lo beneran udah berubah ya dalam beberapa tahun ini? Salut gue, asli.”

Mingyu mengerutkan alis. Sedikit ragu mendengar penuturan menjurus pujian dari penghuni kostannya itu.

“Tumben lo tertarik bahas masalah begini? Biasanya juga yang semangat pacar lo, mana sering minta saran ke Raden biar bikin lo peka dan ngelamar segera. Emang lo udah kepikiran mau kawin sama dia?”

“Kayaknya deh, Bang. Ini gue lagi mantepin diri dulu. Kadang setiap gue berduaan sama Seungkwan, ada hasrat pengin jujur buat ngajak serius, tapi keinget kondisi yang sekarang masih merintis. Mana penghasilan belum stabil, ya gue cuma bisa nyimak dari rumah tangga lo sama Kak Raden.”

Astaga, si Vernon emang ada-ada aja. Laganya menyimak udah macem anggota grup WhatsApp yang saban hari jadi silent readers, terus pas grup lagi rame, sekalinya muncul bilang "nyimak" doang. Dasar bule mileanial, Mingyu yang Papa Muda geleng-geleng keringetan ala lagu tiktod ini cuma bisa mengamini karena yang dikatakan Vernon benar adanya.

Jika menikah bukan hal mudah untuk jiwa-jiwa yang memilih nekat belaka.

Loh tapi Mingyu dan Wonwoo, bukankah mereka juga sama nekatnya? Di tengah kebucinan dan juga masa-masa merintis perekonomian untuk bekal di masa depan, bahkan Mingyu kala itu bisa dibilang gak cuma modal nekat, tapi modal omong doang. Luarbiasanya, uluran tangan Tuhan dengan mudah membimbing Mingyu menjadi sekarang. Asli deh, kalo nginget masa-masa bokek dulu rasanya Mingyu selalu gak nyangka. Ternyata cukup uwaw juga permasalahan hidup yang berhasil dilewati dan kini sedang dialaminya.

“Cari tempat adem deh yuk. Kaki gue pegel berdiri mulu pas tadi shooting. Nasib si Didin kagak bisa, gue sambil megang kamera juga.”

Jadi guys, sebetulnya mereka mampir ke Taman Menteng cuma iseng untuk nyari footage Seungkwan yang diam-diam membuat vlog. Bisa dibilang Mingyu, Vernon, Seungkwan, dan Dino adalah tim terbaik yang berhasil memproduksi konten-konten gemas di channel Papa Gemas.

Mingyu mengiyakan permintaan si teman karena diam-diam dia pun gatel ingin belajar teknik baru saat mengambil shoot, sedangkan objek bidikannya sibuk bermain voli. Maka, di sore hari ketika hampir mendekati Maghrib, mereka putuskan rehat dengan duduk di bawah pohon rimbun.

“Lo gak ditanyain Kak Raden emang, Bang? Udah jam 5 sore loh, entar diamuk lagi.”

“Gak papa, santai aja. Mumpung gue lagi ada waktu luang buat sharing. Ya lo tau sendiri kalo di rumah ngurus kerjaan aja colongan sambil ngasuh Miyu. Raden mah santai sekarang, gak seekstrem pas hamil Miyu yang setiap hari isinya drama mulu.”

“Iya dah, bagi-bagi tips napa. Abis kalo gue liat temen-temen lain nikah kok pada lesu mukanya. Gue jujur aja nih ya, setiap liat lo yang ada kaget. Kok makin ke sini makin oke dan anak muda banget? Kalo gue jadi temen TK lo dan ketemu lagi di masa sekarang, gak akan ngeuh sih sumpah kalo lo mau jadi Bapak anak dua.”

Mingyu tersenyum malu-malu, bisa aja emang nih bocah mujinya gak nanggung gitu.

“Ah elo gak usah perez kali, Non. Bilang aja gue keliatan tua macem bapak-bapak. Gak usah nutup-nutupin segala. Dunia bahkan tau gue ini jadi bapak anak dua.”

“Lahhh, sumpah demi Tuhan! Mana ada sih gue caper buat muji lo doang? Emang di mata gue tuh lo adalah role model dalam urusan berumah tangga. Apalagi gue tau sifat Kak Raden dari zaman masih bucin motor sampe punya anak dua. Gue takjub aja, ternyata jodoh yang bisa mengimbangi Kak Raden tuh modelan Bang Ananda. Makanya gue pengin belajar, siapa tau aja ada sisi-sisi yang mirip sama Seungkwan dan gue bisa terapkan metode pemecahan masalahnya.”

“Gini, Non,” Mingyu berdeham setelah meneguk es teh manis. “Lo udah tau lah ya, esensi nikah nih bukan karena lo jatuh cinta dan gak bisa hidup tanpa dia doang? Alias menikah adalah tanggung jawab, komitmen sehidup semati. Oke deh, katakanlah gue pas zaman lulus kuliah beberapa tahun lalu tergolong nekat ambil keputusan buat lamar Raden. Gue gak bisa menyangkal kalo gue goblok dan kemakan sisi bucin kala itu, tapi satu hal yang gue syukuri, diri gue ketika kekeuh pengin nikahin Raden masihlah sama dengan diri gue saat ini. Paham gak maksudnya? Alias gue masih jadi Ananda yang memang begini adanya. Gak ada penyesalan apalagi kalo nginget-nginget gue pernah nganggur pas Miyu baru 3 bulan. Gue ngalamin kok tekanan dari orang tua dan keadaan agar segera nyari solusi karena gak cuma gue sendiri, tapi ada anak sama istri yang harus dinafkahi.”

Vernon mengangguk, begitu menikmati wejangan Mingyu yang cukup menarik ini.

“Kalo gitu, bisa dibilang pernikahan kalian selama ini ngalamin pasang surut dong, Bang? Terus cara lo bangkit saat menghadapi titik terendah dan jadi yang sekarang gimana? Ini inspiring banget sih.”

“Gue kok kayak lagi diwawancarai sama Om Dedi Kokbusyet di podcastnya dah? Gak nyangka gue lo bakalan sekepo itu, tapi gak papa..., ilmu itu kudu dibagi-bagi, jangan dikeukeup sendiri.”

“Ikan hiu makan tomat, lo emang kayak pantun Bang, alias..., cakeeep.”

“Kalo lo nanya cara gue bertahan dan bangkit sampe bisa kayak sekarang, sebenernya gak ada hal spesial juga sih. Kuncinya ye, Bro, lo nikmati aja apapun yang akan datang setiap harinya, bahkan setiap menitnya karena kita sama sekali gak tau rencana Tuhan apa, kan? Prinsip gue cuma satu..., oke gue nikahin Raden, itu artinya gue menikahi masalah yang akan kami hadapi setiap waktunya. Ya karena bro..., ini adalah hidup, and problems will always there, so be ready. Gue juga paham bahwa orang yang gue nikahi memiliki sifat dan watak yang gak mungkin bisa gue ubah. Jadi gue pun mengambil konsekuensi, selain menikahi masalah yang akan ditemui, gue juga menikahi kekurangannya. Sampe kapanpun, seseorang gak akan mau berubah atas paksaan orang yang berusaha mengubah. Harus dari lubuk hatinya dulu. Itu sih yang gue tekanin ke Raden, kalo sifat gue emang A gak bisa jadi B kayak yang dia mau. Kecuali diri gue sendiri emang merasa, oke..., ini saatnya gue menjadi lebih baik lagi.”

“Jadi ini lebih ke masalah ikhlas dan kekuatan waktu gak sih, Bang? Gue kan belum nikah nih, wajar dong mempertanyakan karena bagi gue menikah itu gak mudah. Ada dua kepala yang harus disatukan dan kadang gak semua keputusan pun sejalan. Jadi kuncinya lo harus menerima perbedaan-perbedaan itu kan, Bang?”

“Yoi cuy,” Mingyu menangguk yakin. “Ada satu hal yang ketinggalan..., yaitu asas kepercayaan. Kalo pasangan lo adalah kutub utara sedangkan lo kutub selatan, ya tinggal percayai dia aja. Gak mesti dipaksa berubah agar jadi kutub yang sama, tapi yakini bahwa dia juga memiliki visi yang sama dalam membina rumah tangga dengan lo. Gue rasa hal gak masuk akal pun akan terjadi kalo cinta udah ikut campur di dalamnya. Saran gue, jaga dan rawat cinta itu agar visi kalian terfokus sampai goals tercapai. Dan yang terpenting lo ke dia percaya, banyak ikhlas dan menerima, sama bangun komunikasi juga. Karena gak ada yang sempurna dalam kehidupan ini, Non. Apalagi masalah ada di mana-mana..., jadi siap-siap aja. Apapun cobaannya, hadapi dengan kepala dingin dan lapang dada. Mantep kan? Huehehe.”

•••

Mantep gundulmu!

Rasa-rasanya kalo inget kalimat sok bijak saat di Taman Menteng sore tadi, rasa malu dan hasrat ingin menghujat diri sendiri makin tak terbendung lagi. Bisa-bisanya gitu ya si ganteng Ananda yang paling hits se-Ciputat Raya melakukan tindak paling berbeda dengan apa yang diucapkannya. Mana sok-sokan bilang gak papa, tapi pas masalah datang untuk memberi pelajaran, Mingyu malah mental breakdown duluan. Parahnya, dia udah melukai hati Miyu yang sebetulnya belum begitu paham.

Tapi, cuy. Jujur banget ini adalah kali pertama dalam sejarah kebucinan, seorang Mingyu mengalah lebih tepatnya mundur alon-alon mergo sadar kenyataan jika Nabda ganjen pada anak gadisnya. Sebut dia lebay, tapi Mingyu tidaklah sedewasa itu untuk bersikap santai kala Wonwoo menunjukkan hasil jepretan Eisha. Iman Mingyu setipis bulu, yang tebal cuma rasa cemburu.

Kalau dulu zaman pacaran bisa sampai adu mulut karena tak sudi melihat orang lain ganjen pada Wonwoo, atau jiwa posesif bangkit dengan mengusir Rowoon agar berhenti halu jadi suami dan bapak kedua Miyu, maka hal luarbiasa justru terjadi ketika bocah ingusan menyentuh kesayangannya itu. Walau sebatas kecup singkat, tapi Mingyu gak rela dunia akhirat. Rasanya seperti dikhianati ketika lagi sayang-sayangnya. Kepercayaan Mingyu dianggap candaan belaka oleh Wonwoo yang mengira semua adalah hal biasa.

Sungguh Raden..., apa yang kamu lakukan pada Ananda itu jahat!

“Udahlah, emang di dunia ini gak ada yang sayang Yanda. Cuma Mamas Tipul yang mengerti kekalutan hati Yanda, makasih loh untuk pelukan hangatnya. Setidaknya Yanda gak bobok sendirian malam ini huhu.”

“Meong,” balas si kucing belang yang kini ada di pangkuan Mingyu. Seolah mengerti perasaan Yanda hooman, Tipul menepuk elusan tangan Mingyu di perutnya.

“Mamas Tipul janji gak akan ninggalin Yanda? Mamas Tipul akan terus jadi anak meongnya Yanda kan?”

“Meonggg~”

“Huweeee, makasih Mamas! Yanda sentimentil sekali malam ini. Mamas emang terbaik pokoknya. Yuk kita bobok yuk, mending kita lupakan hal menyebalkan yang terjadi hari ini.”

Nurut dong Tipul yang langsung nemplok di bahu ketika digendong Mingyu yang berjalan ke kamar tamu setelah beberapa menit tadi merenung di kamar cintanya dengan Wonwoo. Kayaknya emang bukan keputusan oke memilih tidur di tempat yang mengingatkan dengan segala hal berbau Miyu. Maka untuk malam ini aja, izinkan waktu memulihkan hati Mingyu. Entah sampai kapan, dia gak mau memaksakan diri karena kondisi yang berbeda.

Mingyu cuma gak mau menambah rumit masalah yang ada.

Begitu emosi melalap habis kesadarannya, bisa aja kalimat menyakitkan lain akan terlontar dan melukai dua Raden kesayangannya. Itulah sifat paling buruk yang Mingyu punya dan belum ada solusi untuk menyembuhkan selain menghindarinya. Padahal nggak tau aja jika sedari tadi Miyu menangis tersedu-sedu di ruang keluarga.

Wonwoo susah payah menenangkan. Mau se-Tom dan Jeri apapun hubungan mereka, begitu menyadari perubahaan sikap Mingyu, Mbakyu cantik ini berubah sedih dan semakin menambah beban pikiran Wonwoo yang pening untuk mencari jalan keluar. Di satu sisi, dia paham jika Mingyu yang super drama pasti butuh waktu untuk kembali sedia kala. Namun memberikan pengertian melalui kata-kata saja tidak cukup bagi puteri cantiknya, lantas Wonwoo memilih pasrah begitu tubuh Miyu yang sedari tadi dipeluknya lari ke kamar.

Apalagi jika bukan untuk mencari Ayahanda tercinta.

“Yayah...,” Miyu memanggil dengan suara parau. “Kok nga ada? Yayah di manaaaa?”

Tidak ada balasan, kamar orang tuanya sepi begitupun kamar tidur Miyu yang gelap tanpa penghuni. Namun Raden cilik ini belum mau menyerah, kembali berlari kecil membuka setiap pintu kamar yang ada di sekitar rumah. Benar saja, di sebuah kasur terdapat gundukan makhluk bongsor yang tidur membelakanginya.

Senyum tipis Miyu terkembang ketika memanjat ranjang, sudah pasti itu adalah Ayah Ananda yang selalu membucinkannya. Lantas dipeluk dari belakang, Miyu pun berbisik mesra.

“Yayaaaaah, mamapin Iyuuuu.”

Oh, tidak. Mingyu tertegun kala mendengar kalimat super lucu itu. Jiwa uwunya diuji ketika merasakan gerakan si anak yang menggoyang-goyangkan tubuh agar Mingyu mau menatapnya.

“....”

“Yayah nga boyeh mayah-mayah, Iyu kan da biyang maap.”

“....”

“Yayaaaah ihhhh banuuuun.”

“Tipul denger suara gak? Kok kayak ada yang manggil-manggil Yanda ya? Serem deh.”

“Meong?”

“Yayah yiat Iyuuuu tepetaaaan.”

“Bobok aja deh kita, Mas. Udah malem juga, besok jadwalnya balik beraktivitas.”

“Meong....”

“Yayah.....?”

“Met Bobok Mamas Tipul sayang.”

Kurang ajar emang manusia bernama Ananda Mingyu. Bisa-bisanya dia nyuekin balita lucu yang dalam sejarah ketsunderean akhirnya mau memohon maaf atas kesalahan yang bahkan tidak terhitung sebagai kesalahan. Hanya perkara foto hasil jepretan Eisha di mana Miyu yang gemas dengan Kakak Nabda memberikan ciuman tanda sayang sebagai teman.

Toh Miyu masih dua tahun, mana paham apa yang dilakukan bahkan mungkin di usia dewasa nanti sudah terlupakan. Mingyu doang emang yang membuat semua semakin runyam. Sampe anak cantiknya memeluk dari belakang dan sesekali mengecup pipi, si kepala rumah tangga masih saja kekeuh memupuk keegoisannya. Ya, dia masih juga mendiami Miyu yang mulai putus asa.

“Yayah, Iyu nga cuka Yayah bobok cama Mamac. Iyu penin bobok cama Yayaaah. Yayaah, Iyu mau tiuuuum Yaaaah, hiks. Yayah.”

“Raden Miyu, badan kamu berat. Ayah mau bobok duluan ya? Miyu sama Buna aja boboknya. Dadah.”

Parah sih, Miyu yang menahan agar tidak menangis akhirnya menyerah dan berlari ke kamar dalam beberapa menit. Namun kembali lagi dan entah kenapa tidak langsung merecoki Mingyu yang masih tidur dengan posisi membelakangi. Sebetulnya si Papa muda ini belum tidur alias hanya pura-pura. Sebetulnya pula Mingyu tak sampai hati untuk mengabaikan anak cantiknya. Namun tak bisa dimungkiri untuk saat ini dia butuh waktu. Tidak bisa semudah itu bersikap layaknya tidak terjadi apa-apa.

Wonwoo jelas pusing dengan kelakuan suaminya hanya bisa berdiri di dekat pintu, melihat Raden cilik tercinta sedang sibuk bermain. Sudah pasti dengan hati yang terluka karena mendapat penolakan dari Mingyu, buktinya Miyu sibuk berbicara sendiri dalam bahasa balita.

Ya Tuhan, kasihannya Mbakyu dicuekin Yanda 😭

Wonwoo gak tega, akhirnya turun tangan. Masih bisa bersikap tenang, dia duduk di ruang kosong ranjang kamar tamu. Tangannya menepuk halus punggung Mingyu.

“Ananda, liat deh itu anak gadisnya main sendiri. Kasian dari tadi maunya sama Yanda terus.”

“Maaf, Raden. Ananda gak denger, Ananda udah di dunia mimpi.”

“Mana ada di dunia mimpi bisa nyaut!”

Bye, Buna. Bye, Adek Mieru..., Yanda bobok dulu.”

Oh gila, rasanya nyut-nyutan kepala Wonwoo harus dihadapkan dengan sifat kekanakan Mingyu yang semakin di luar batas. Perasaan senyebelin-nyebelin Wonwoo pas hamil Miyu dulu, bahkan sempat menghebohkan kancah perfanfikan cabang Ciputat gak sampe tuh bertindak jahat pada anak sendiri. Bener-bener cobaan banget pas hamil Adek Mieru ini, Wonwoo berasa kurus setiap liat Mingyu kumat oleh hal-hal sepele.

Padahal hal sepele yang dianggap Wonwoo jelas-jelas hal luarbiasa bagi Mingyu. Mungkin perbedaan pandangan ini yang harus datang sebagai ujian di saat menunggu due date lahiran. Wonwoo bukannya tenang, malah semakin stress memikirkan apakah ketika anggota keluarga meong bertambah satu, Mingyu masih saja bertindak sebocah sekarang?

“Oke, Raden tau ini salah. Harusnya Raden gak nurutin permintaan Jun sama Eisha buat pemotretan. Iya, ini semua adalah kesalahan Raden karena lalai gak bisa memantau dan menjaga Miyu pas Ananda gak ada. Salah Raden yang menganggap semuanya gak papa, tapi satu hal yang harus Ananda tau, Raden cuma gak mau berdebat. Ada banyak hal yang lebih layak untuk dipikirkan, jadi maaf banget untuk hal ini Raden gak mau ambil pusing. Udahan ya ngambeknya? Kasian loh Miyu dari tadi nangis pengin main sama Yanda. Gak tega Raden liatnya, sekarang aja lagi main sendiri tuh ihhhh, Nda.”

Lain di Wonwoo, lain lagi di Mingyu. Sebetulnya jika bisikan malaikat yang masih eksis di hati lebih dominan barangkali memilih memaafkan adalah hal membahagiakan kali ini. Tapi inilah jeleknya Mingyu, dia masih saja egois untuk tidak melunak. Perasaannya masih campur aduk, marah karena hal sesederhana ini ternyata lebih menyakitkan dari dihadapkan dengan hal luarbiasa.

Bagi Mingyu, Miyu di usia dua tahun hanya boleh mencium orang tuanya, kakek juga neneknya, dan keluarga lainnya. Bukan malah dengan bocah yang sejak kecil sudah Mingyu wanti-wanti. Betapa dia tak suka candaan Bang Hoshi yang masih kekeuh menjodohkan anak-anak. Rasanya masih terlalu dini, setidaknya daripada berbondong-bondong mengatur hal gak penting, kenapa tidak mendidik anak dalam hal yang lebih positif?

Wonwoo pun paham jika dia salah, maka dari daripada semakin stress, hal sepele yang dianggap masalah besar oleh sang suami tidak ingin dia pikirkan lagi. Capek tau, bawaan hormon dan fisik yang jadi lebih ngos-ngosan sudah menjadi pengorbanan tersendiri. Ini ditambah rajukan Mingyu? Mau nangis aja Wonwoo tuh!

“Unaaaa, Iyu antuk. Ayok bobok.”

“Iya sayang, sebentar ya. Buna bilang sesuatu dulu sama Ayah, sini punggungnya Buna elus-elus. Aduh kasian Mbakyunya Buna.”

Benar aja, Miyu sama sekali tidak melirik pada Mingyu yang akhirnya mau bangkit dari tidur pura-puranya. Sedangkan Tipul sudah pulas dengan dengkuran halus, bisa dilihat kecemburuan dari mata Miyu yang langsung mengalihkan pandangan. Bahaya! Mamas Tipul bisa-bisa dilabrak Mbakyu kalau begini ceritanya.

“Raden bobok aja sama Miyu gih. Ananda kan udah bilang tadi, semuanya butuh waktu. Raden bukannya tau kalo Ananda lagi berusaha meredam amarah biar gak kelepasan? Ananda susah payah nahan diri karena gak mau di tengah rasa marah malah tanpa disadari melukai kalian. Semoga secepatnya Ananda bisa kembali seperti sedia kala.”

“Tapi..., sampe kapan?” Wonwoo menatap nanar. “Nda, tolonglah. Sebentar lagi Adek lahir. Bahkan mungkin dalam hitungan minggu..., tapi Ananda masih butuh waktu?”

Mingyu mengangguk, sebisa mungkin mencoba tenang. “Maka dari itu, Raden sama Miyu bantu Ananda dengan kasih waktu. Udah ya, Ananda gak mau berdebat.”

“Yanda janan mayahin Una. Una Yaden nga calaaaah.”

Astaga, padahal sebisa mungkin Mingyu nggak menaikkan suara, namun insting seorang Ibu dan anak yang selalu kuat. Ya, buktinya aja Mingyu cukup kaget ketika melihat mata Wonwoo berkaca-kaca, seperti hendak menangis lantaran menahan emosi sedari tadi. Mingyu hanya bisa mengalihkan pandangan, mengutuk drama yang makin kompleks ini.

“Besok Ananda tanya ke Mamak, katanya minggu depan mau stay lama Ciputat.”

“....”

“Ah, dan satu lagi,” Mingyu akhirnya melihat si Raden cantik yang juga sama galaunya itu. “Selama ada Nena di rumah, Mbakyu gak boleh nakal.”

Wonwoo bersumpah, malam ini adalah malam paling menyesakkan sepanjang berumah tangga dengan Mingyu.

Di tengah pulasnya tidur Miyu, Wonwoo menangis sembari memeluk malaikat mungilnya itu. Entah akan sampai kapan perang dingin terjadi, yang pasti perubahan sikap sang suami berhasil membuatnya sedih.

“Maafin Buna ya, Mbakyu. Maaf karena udah bikin Ayah cuekin kamu.”

•••

Tiga hari kemudian, sebagaimana wacana menyambut kelahiran cucu tercinta, Mamak Yuli memutuskan untuk tinggal sementara waktu di kediaman Keluarga Meong. Awalnya merasa baik-baik saja, Yuli tidak begitu memerhatikan kondisi rumah tangga anak dan menantunya.

Namun di hari kedua, ketika Yuli benar-benar sudah segar bugar setelah beristirahat dari perjalanan panjang via kereta Tegal-Jakarta, dia menemukan hal janggal. Terutama sifat Mingyu yang lebih diam dari biasanya. Awal mengira jika si Ananda bungsu sibuk dengan kerjaan, tapi nggak juga tuh. Yang keliatan keteteran di sini justru Wonwoo.

Dengan kondisi sedang mengandung 9 bulan, menantu kesayangannya justru lebih banyak turun tangan mengurus bahkan menemani Miyu. Membuat Yuli gak tega, karena terlihat sekali raut kelelahan di wajah cantiknya. Terutama kantung mata yang sedikit sembab dan menghitam. Apakah ini ada sangkut pautnya dengan perubahan diam Mingyu? Apakah anak bungsunya sudah membuat menangis sang menantu?

“Mainannya Buna beresin ya, udah sore tuh Mbakyu mandi dulu. Sebentar Buna siapin dulu airnya, Miyu mau sambil berendam sama bebek yang dikasih Aunty Nining kan?”

“Mamau Una, Iyu mau main cama ade beibi aja.”

“Ih, Mbakyu kalo gak mandi nanti merah-merah lagi loh. Gatel lagi kulitnya digaruk gara-gara biang keringat nakal.”

“Mamau!!!! Iyu mamau maniiii.”

Semakin terketuk hati Yuli yang melihat Wonwoo menghela napas lagi. Sangat bukan pemandangan seperti biasa di mana Mingyu akan turun mengasuh Miyu. Meski usianya baru dua tahun, namun Miyu cukup aktif dibanding anak perempuan lainnya. Apalagi kondisi Wonwoo yang hamil besar, tentu dilimpahkan tugas sebanyak ini akan kelimpungan.

“Ananda ke mana toh? Tadi kayaknya Mamak liat abis dari Griya GSM, emangnya masih ada shooting?”

“Lagi sibuk, Ma,” jawab Wonwoo menutup-nutupi. “Miyu juga lagi pengin sama Raden terus.”

“Ya, tapi ndak semuanya harus Raden juga yang turun tangan. Dari pagi kamu terus yang megang Miyu. Macem-macem emang suami kamu, minta dijewer kupingnya.”

Wonwoo hanya bisa tersenyum, tidak tau harus mengatakan apa karena memang tidak sepatutnya Mamak Yuli tau perdebatan yang terjadi beberapa hari kemarin.

“Ayok Mbakyu anak baik anak cantik, mandi dulu ya, nanti main boneka-bonekaan lagi.”

“Ah, Mbakyu mau mandi sama Nena nggak?” akhirnya Yuli turun tangan, benar aja Miyu langsung tertarik dan mengalihkan pandangan dari mainan. “Nena kemarin beli sesuatu buat Mbakyu loh, tapi lupa belum dikasih. Nanti selesai mandi, kita buka yuk?”

“Mau Nenaaaaa, ayok maniiii. Unaaaa, anukna mana?”

“Ada di kamar Mbakyu. Nanti Mbakyu sama Nena pilih sendiri aja ya mau pake baju apa.”

“Ciaaaaap, Iyu nti mau bobok cama Nena.”

“Ya ampuuuun, anak cantik Nena pinternya mau bobok bareng. Nanti kita dongeng ya di kamar. Boleh kan Buna, Nena pinjem Miyunya?”

Wonwoo mengangguk dengan senyum lega. Sangat berterima kasih karena kehadiran Mamak Yuli benar-benar meringankan tugasnya.

“Boleh dong, Nena kan mau lama di Ciputat. Jadi Mbakyu boleh banget kalo mau bobok sama Nena.”

“Iyu mauna bobok cama Nena di kamay Nena! Nga mau di kamay Iyuuuu.”

“Loh kenapa? Kan di kamar Mbakyu ada mainan banyak.”

“Mamau! Iyu mamau temu Mamac Ipuy. Iyu nga cukaaaa.”

Hayoloh, Mamak Yuli penasaran kenapa tumben sekali dalam sejarah perbucinan keluarga meong, Miyu mencetuskan kalimat yang cukup membuat penasaran. Padahal selama ini, dia dan Tipul laksana si kembar beda dunia. Yang satu berbulu belang, satunya lagi tidak. Tapi akurnya Miyu dengan Tipul kadang membuat Wonwoo lebih santai untuk curi-curi waktu istirahat. Memang aneh, sejak Mingyu ngambek berimbas pada dua Raden yang langsung bersekutu tanpa sebab.

“Miyu cemburu kayaknya, Ma. Udah beberapa hari ini Ananda tidur sama Tipul terus.”

“Tuh kan, pantesan Mamak merasa aneh banget itu anak dari kemarin Mama dateng kok lebih diem. Kumat kenapa lagi si bongsor?”

“Ananda marah sama Raden karena beberapa waktu sebelumnya Miyu sempet bantuin Jun sama Eisha buat jadi model sample brandnya. Pas ada Nabda main, ya namanya juga anak-anak..., Miyu yang gemes cium Nabda. Terus Ananda gak suka, sedangkan Raden bilang itu cuma ciuman tanda sayang sama teman. Emangnya Raden salah ya, Ma?”

“Ampuuuun, Ananda. Dia cemburu sama anak kecil sampe diemin istri yang lagi hamil gede gini? Keterlaluan emang, liat aja nanti Mamak marahin!”

“Um, jangan, Maaaa. Nanti yang ada Ananda makin marah sama Raden. Gak papa kok, sebentar lagi Ananda juga balik moodnya. Udah terbiasa juga Raden gini, harus banyak-banyak ngerti.”

“Iya, sayang. Mamak paham, paham banget kalo si Ananda satu itu emang kudu didiemin dulu sampe akhirnya mikir dan introspeksi. Tapi dia nggak sadar dengan diemin kamu yang ada malah nambah masalah makin runyam. Istri sebentar lagi lahiran, bukannya makin siaga dan bantuin tugas ngurus anak, malah lari begini. Aduhhh, Ananda..., kamu tuh ya kok bisa-bisanya. Mamak minta maaf banget loh di tengah kondisi begini Raden harus ngadepin sifat jelek dia.”

Wonwoo menggeleng pasrah. “Gak papa, Ma. Raden juga gak selamanya baik di depan Ananda, saling-saling introspeksi diri aja. Malah Raden yang berterima kasih banget Mama mau tinggal di Ciputat. Makasih udah nemenin Miyu sampe nanti Adek lahir.”

“Mama tuh udah ada insting pengin banget ke sini, pengin ketemu dan bantuin jaga Miyu kalo Raden mulai sibuk ngurus Mieru. Ternyata emang si Bapaknya mbajug lagi, awas aja kalo gak sadar juga tak pites kamerane ben ra usah dolan vlog maning. Macem-macem banget deh heran sama menantu kesayangan Mama! Anaknya siapa sih Anandaaaa!”

Ya jelas anaknya Mamak Yuli atuh ya. Tapi alih-alih memasang wajah seram, di usianya yang sudah menginjak kepala 4 malah terlihat gaul dengan berpose bak anak muda.

Salam metal perdamaian! -Mamak Yuli

“Nenaaa, ayo mani. Iyu da uka ajuuuu.”

Kaget dong Wonwoo dan Yuli saat melihat kelakuan cucu cantiknya yang kini bertelanjang lalu berlari kecil ke kamar mandi. Dengan sigap, segala urusan Miyu dari memandikan, menyuapi, bahkan mengajak main sembari belajar dihabiskan bersama Nena Tegal. Sedangkan Wonwoo memilih istirahat mengingat sejak tiga hari sebelumnya lebih banyak habiskan waktu dengan Miyu.

Sampai malam hari, Yanda tercinta belum juga pulang. Miyu dan Yuli kini berpindah ke kamar tamu karena permintaan sang cucu. Jam 9 malam dan Miyu sudah minta dikelonin meski kenyataannya kini malah sibuk dengan mainan.

“Mbakyu, Nena mau tanya boleh nggak?”

“Apa Nena? Iyu cambiy macak ya, Nena anya aja.”

“Gemesin banget sih cucuku udah pandai bicara. Jadi anak pinter ya, Nak. Yang murah hati, murah senyum, berbakti sama orang tua. Mbakyu kesayangan Nena sama Yangkung Tegal aduh endud banget pipi....heeee kok lebam? Pipi Mbakyu kenapa?”

Miyu menatap bingung, tidak mengerti dengan raut panik wanita dewasa yang sudah melahirkan sang Ayah. Memang tadi saat main sendiri, Miyu tak sengaja terkantuk sesuatu namun hebatnya tidak menangis karena yang paling menyakitkan bagi Raden cantik ini hanya dicuekin Ananda Mingyu.

“Iyu nga papa, Nena. Iyu uat, Iyu nak Una Yadeeen.”

“Gemesin kamu tuh,” Yuli mencium pipi Miyu. “Mulai sekarang, Mbakyu jadi anaknya Nena Tegal ya?”

Dan anggukan datang membuat Yuli makin merasa sayang pada cucu pertamanya. Lantas memeluk dan menatap kegiatan sang balita yang sibuk dengan dunianya.

“Katanya Mbakyu mau bobok, yuk pindah ke kasur yuk biar Nena bisa pokpokin punggungnya.”

“Nena da antuk?”

“Iya, sayang. Nena ngantuk nih, bobok yuk?”

“Yuuu bobok. Iyu mau dipeyuk Nena ya?”

“Siap, cantik. Sini Nena peluk.”

Saking menggemaskannya, Yuli pun membiarkan balita cantiknya memeluk sedangkan mereka tidur dengan sang Nena yang menyenandungkan nina bobok. Namun setengah jam berlalu, bukannya memejamkan mata. Miyu malah bergerak gelisah, hingga tanpa disadari di tengah keheningan ruang kamar, terdengar bunyi paling lucu dari perut mungil Miyu.

Kruyuk

“Mbakyu lapar ya?”

“Iyaaaa, Nena. Iyu yapey mau mam.”

“Kasiannya cucu Nena. Ayok bilang Mbakyu mau makan apa?”

“Icang oyeng.”

“Eh? Bukan biskuit?”

Miyu menggeleng. “Mau icang oyeng Nena!”

“Ya udah, Mbakyu tunggu di sini ya. Nena mau siap-siap dulu bikinin pesenan Mbakyu.”

“Dadaaaa Nenaaaaa, maaci.”

Akhirnya tinggal sendiri di ruang kamar, Miyu yang sebetulnya jauh dari kata mengantuk mulai mengeksplor segala hal. Tangannya tak mau diam mengambil barang-barang berisi skincare untuk balita. Hingga menemukan botol minyak telon yang masih tersisa banyak.

Entah karena bosan menunggu pisang goreng datang, awalnya menaruh satu tetes di telapak tangan lalu menggosoknya ke tangan seperti yang dilakukan Mingyu setiap Miyu selesai mandi, lama kelamaan botol tak berdosa itu menjadi korban kebarbarannya. Miyu dengan sangat riang meneteskan ke lantai hingga genangan minyak telon merembes ke karpet. Yang paling ekstrem lagi, genangan tersebut dimainkan oleh tangan dan mengoleskan ke baju bahkan pipinya yang lebam.

Aduh, kalo ketauan Wonwoo bahaya!

Bisa-bisa bakalan ada pertumpahan darah terjadi di rumahnya!

Bosan dengan minyak telon, Miyu pun menemukan bedak tabur yang langsung ditumpahkan ke wajah boneka dengan nama Adek Beibi. Sungguh yang namanya barbar, ini bahkan lebih barbar dari kenakalan bocil usia dua. Disadari atau tidak, sudah tiga hari Miyu tidak mendapat kecup di kening sebelum tidur dari Ayahanda tercinta. Mungkin itu yang membuatnya sensitif dan mudah bosan dengan mainan yang ada.

Karena begitu Yuri masuk kamar, sepasang matanya praktis melotot ketika melihat kondisi kamar yang berantakan. Bed cover sudah terjatuh ke lantai yang basah oleh minyak telon. Lalu jejak bedak tabur laksana debu menahun di rumah kosong yang kini mengisi sprei warna biru. Sumpah demi cintanya untuk Pak Ananda Yongki, ini adalah hal paling mengejutkan yang Mamak Yuli temui.

“Mbakyu lagi apa sayang, kok mukanya berantakan?”

Dan dengan watadosnya, Miyu hanya menatap Yuli sedangkan tangan masih mengocok botol bedak tabur guna menumpahkan seluruh isinya.

“Iyu agi macak, hihi.”

“Ya ampun sayangnya Nena, ini basah kenapa? Minyak telonnya sampe abis dong, sprei juga berdebu banget. Aduh, nanti kita boboknya gimana?”

Begitu menyadari raut kecewa sang Nena, lantas mengingatkan pada ekspresi Mingyu beberapa hari lalu. Jujur hal itu membuat mood Miyu berantakan, lalu botol pun dibuang dan dia duduk dipojokkan.

“Ya udah gak papa, nanti kita ganti spreinya sama yang baru ya. Mending Mbakyu mam pisang goreng nih udah Nena buatin.”

“Mamau! Iyu mamau icang goyeng!”

“Heeee? Tadi katanya mau digorengin pisang tepung?”

“Mamauuuu!”

Aduh, salah lagi. Yuli baru kali ini melihat Miyu berubah cranky. Sepengetahuannya dulu pun Miyu memang tidak pernah menunjukkan sisi menyebalkan. Cucu cantiknya selalu menurut pada orang tua maupun orang-orang yang hidup di lingkungannya.

“Dikit aja ya cicipnya? Kasian loh perut Mbakyu tadi lapar, kalo nggak diisi bisa sakit.”

“Api cedikit mamna!”

“Iyaaa, sedikit kok. Udah Nena tiupin nih, ayok bilang aaaaa.”

“Nenaaaaaa, icangna kebanakan. Cedikit ajaaa!”

“Segini?” Yuli memotong setengahnya tapi Miyu menggeleng lagi. “Ah, segini?”

Sayang sekali, bukan menjawab dengan kalimat jelas dan pasti, Miyu malah menangis dengan kaki memukul-mukul kasur. Dari isakannya terdengar jika Miyu menyebut potongan pisang yang terlalu besar, padahal jika aunty dan uncle online tau, potongan itu gak sampai sebesar biji ketumbar. Alias sangat kecil bahkan hampir menyaingi makhluk berukuran super mini.

“Mbakyu sayangnya Nena kok nangis? Eh, iya Nena jadi inget deh kata-katanya Mbakyu kemarin pas ketemu mau janji gak akan marah-marah kalo udah besar. Maaf ya Nena gak akan suapin kok, mending kita bobok lagi aja yuk?”

“Mamauuuuu!! Iyu mau bobok cama Yayah.”

Dor!

Tercubit hati Yuli saat melihat wajah Miyu yang semakin merah ketika tantrum. Jelas membangunkan Wonwoo yang sedari Miyu habiskan waktu bersama Yuli memilih istirahat. Reaksi yang sama ketika melihat penampakan kamar yang berantakan. Jujur, ini adalah kali pertama Miyu berulah hingga membuat kepala Wonwoo semakin pening dibuatnya.

Ternyata, semakin bertambah usia sang anak, Wonwoo paham tindakan Miyu yang paling parah adalah adegan drama malam ini yang merupakan saksi dari segala keekstreman yang ada.

“Ayah belum pulang, Mbakyu. Bobok sama Buna aja mau?”

“Nga!!! Iyu mamau cama Nena, Iyu nga mau cama Una. Iyu mau Yayah aja. Iyu anen Yayah huhuhu.”

“Iya, sebentar lagi ya, Mbakyu nanti bilang sama Ayah kalo udah pulang mau bobok bareng malam ini.”

“Yayah nga cayang Iyuuuu. Yayah nga tium pipi Iyu agiiii.”

“Loh kata siapa? Ayah sayang kok sama Miyu, sayang banget. Udah ya, jangan nangis lagi, nanti Buna ikutan nangis nih—aduh..., Ananda ke mana sih?”

Yuli gak tahan langsung keluar kamar dan memanggil kontak sang anak yang sedang dalam perjalanan. Bener-bener keterlaluan, bukannya pulang malah kelayaban di luar. Kerja sih kerja, tapi meninggalkan masalah dan melimpahkan pada istri juga gak bisa dibenarkan!

Sedangkan Wonwoo sudah kebingungan dengan cara apa lagi membuat Miyu yang menangis ini tenang, hanya bisa menahan air mata sebab dia pun tak tahan kala mengingat semua yang dilakukan Miyu adalah imbas dari merindukan sang Ayah tercinta.

Hal ini membuatnya semakin kepikiran. Bagaimana jika Mieru lahir nanti, Miyu yang pernah begitu antusias menunggu sang adik malah berganti membencinya? Jujur, Wonwoo takut dan lelah. Dia tidak mau mendapatkan penolakan.

Lebih tepatnya tidak mau baby boy yang sudah sejak lama dinantikan malah mendapat penolakan dari sekitarnya.

“Ananda, kenapa jadi rumit begini?”

•••

^ gatau Raden, Ananda juga bingung -Ananda

Yha, Nena Kangkung apalagi bingung bingits kenapa kok bisa begini? 😱😭

Udah gak apdet 3 bulan, dikasih konflik. Ayok teriakin aja teriakin pevita biar sadar diri. Tapi gimana atuh oti angkel onlen sekalian, namanya hidup yakan palagi keluarga meong yang belum ada hilal tamat, wajar ada kerikil-kerikil nyebelin yang membuat pucing parenthood Raden Ananda.

Alhamdulillah, hutang-hutang saya sudah berkurang. Alias work tahun sebelumnya sudah dilunaskan, menyisakan Querencia yang niatnya akan kembali diaktifkan sampai tagar #menujuRadenAnandaEnding2020 terwujud. Aamiin, yuk bantu do'akan yuk 😘

Udah lama kan nggak apdet rutin di lapak ini? Syukur-syukur gitu Nena Kangkung bisa update Querencia seminggu satu bab. Semoga temen-temen yang masih setia menunggu, masih mau bertahan dengan keluarga meong sampai cerita ini tamat ya 🙏

Makasih juga untuk kesetiaan dan penantian yang disertai kesabaran. I miss you guys, semoga update-an kali ini bisa sampai rasa kangennya ueueue

Oh iya, btw adegan Miyu numpahin minyak telon dan nolak disuapin pisang goreng dicomot dari kisah nyata. Ponakan saya lebih drama lagi ternyata, bahkan saking dramanya bikin Emak Bapak Kakek dan Neneknya pusing liat kelakuannya.

Tapi gapapa ya Mbakyu, namanya juga kangen sama Yanda makanya jadi cranky gini. Emang jelek banget sih sifat Yanda nih. Dari dulu gak berubah-ubah suka lari dari kenyataan. Atlet marathon bukan. Awas pokoknya kalo bikin Raden kenapa-kenapa, kita kompak hujat aja bab depan 😭

Oiya, buat lahiran Dek Mieru juga bab depan yaaaaw. Mohon bersabar..., walau Nena Kangkung syudah tidak sabar mau kenalin anggota barunya keluarga meong. Aw aw aw see you next chapter! 😘💛

Happy reading dan maaf kalau ada typo ya kesayangan yang sinam-sinam!

Luv,

Tiger Kung 🐯

Fortsรคtt lรคs

Du kommer ocksรฅ att gilla

191K 29.6K 54
Jennie Ruby Jane, dia memutuskan untuk mengadopsi seorang anak di usia nya yang baru genap berumur 24 tahun dan sang anak yang masih berumur 10 bulan...
MPREG NCT Av ola

Fanfiction

86.6K 1K 5
ONESHOOT!! request? dm! kumpulan oneshot nct, mpreg alias cowok hamil sampai proses melahirkan. 21+ dosa ditanggung masing-masing xoxo.
366K 38.4K 35
Menceritakan tentang seorang anak manis yang tinggal dengan papa kesayangannya dan lika-liku kehidupannya. ยฐ hanya karangan semata, jangan melibatkan...
28.7K 2.8K 18
Plak!!! Lisa terdiam merasakan panas di pipinya, saat kekasihnya yang dia cintai menamparnya. Hatinya terasa begitu sakit. Apalagi, dia melihat sang...