Problematika Juna : Perasaan Aneh

4.6K 591 261
                                    

“Lah,lo ngapain,Kas?” Ardan baru aja memarkirkan mobil mengkilapnya itu di depan kos,turun dari mobil dengan langkah riang dan ringan sekali karena doi mendapatkan barita bagus.

Namun langkahnya terhenti karena melihat adik teknik sipilnya itu berjongkok dengan baju Upin Ipin juga celana bola Juventus sedang tangannya yang satu memegang ponsel dan yang satunya memegang ranting kayu kecil,menggores-gores tanah halaman mereka. Kalo orang awam melihat,mungkin dikira si Kasa lagi nyari undur-undur.

Fyi,dulu ada rumor satu undur-undur senilai 50k.

Bocah itu mengadah,menatap balik abangnya yang baru balik dari kampus di waktu yang harusnya udah kosong akademik itu. “Eh,Bang Ardan. Gu-gue lagi nggak ngapa-ngapain kok.” Abis ngomong gitu,Kasa lanjut ngegaruk-garuk tanah,kali ini pake tangannya. Sampai kuku-kuku menghitam yang kalo ketahuan sama guru SD bakal dipukul pake penggaris kayu.

Muka Ardan mendadak males,harusnya doi tau kadar kerandoman alien yang satu ini udah terbukti SNI juga berlogo sertifikat Halal. Kerandoman Kasa datang dari langit,suci bersih keadaannya dan tak ternoda. Randomnya empuk dan cukup sifat.

Karena udah nggak mood,dan bodo amat sama Kasa yang lagi garuk-garuk tanah,akhirnya Ardan memutuskan masuk ke dalam kos sebelum otak jeniusnya terkontaminasi lebih lanjut.

Di ruang tengah,mata Ardan menangkap Wicak lagi nonton tv dengan tangan yang sibuk nyemilin indomi mentah, itu lho yang cuma dikremes trus ditaburin bumbunya.

Tapi Ardan memilih buat langsung masuk kamarnya dan berganti baju,tentunya dengan kaos oblong juga celana boxer gambar Ultraman kesukaannya. Setelahnya memutuskan ke dapur buat ikut nyemilin indomi mentah. Namanya juga udah hidup lama bareng,si Wicak ngapain yaa adeknya ngikutin.

Tapi sekali lagi,mata minus Ardan menangkap ada yang aneh. Pintu yang terhubung ke halaman belakang mereka terbuka, padahal biasanya selalu tertutup biar bau parit dari sana nggak masuk. Galih suka mencak-mencak soalnya acara makan sakralnya terganggu. Dengan rasa penasaran,doi mengintip keluar.

Dan kali ini menangkap Juna yang sama seperti Kasa, berjongkok dengan ranting kayu di tangan. Bedanya yang doi garuk-garuk bukan tanah,tapi kubangan air di bawah pohon sukun di belakang kos.

Doi juga cuma pake kaos oblong kedodoran sama boxer yang di bagian pantatnya ada tambalan kain jaitan mana warnanya beda sendiri lagi,dulu sempet dirobek sama Sam fyi. Kalo Kasa terlihat seperti anak SD nyari undur-undur,maka Juna sedang berburu kecebong.

Agak naik sedikit, maka Ardan bisa melihat Sam yang duduk anteng di dahan pohon sukun sambil mainin ponselnya. Nggak heran, namanya juga kera. Bedanya yang ini kera milenial.

Tapi sedikit lebih baik dari dua adiknya yang bungsu. Walau nggak jauh-jauh dari naluri hewan dan ke-bocah-an mereka.

Tapi lagi,Ardan nggak mau ambil pusing. Jadi,anak juragan tanah itu langsung mengambil Indomi nya dan bergabung bersama Wicak,menonton tv tanpa beban.

“Tumben kos sepi.” Ardan memecah keheningan,tangannya sibuk meremas mie tak berdosa itu. Ardan bisa aja makan spaghetti aglio olio di restoran mewah bintang tujuh—karena bintang lima udah terlalu mainstream buat Ardan,tapi doi memilih makan indomi,mentah pulak. Katanya sih biar merakyat.

“Salah,Tam. Mereka lagi rehat aja,” balas Wicak seadanya,bikin Ardan bingung.

“Maksudnya?”

Wicak menghela napas sebentar sebelum melirik sebal ke arah sobatnya itu. Ralat,sangat sebal.

“Mereka baru aja ngeledakin kamarnya.”

Alis Ardan naik satu,bingung. Doi tau sekali kalo trio troublemaker itu barbarian sejati —yang kalo pergi ke nikahan orang,biduannya bisa minder karena kalah heboh, tapi doi nggak tau kata ‘ngeledakin’ yang dibilang sama Wicak ini secara konotasi atau denotasi? Walau kedua artinya sama-sama hiperbola,sih.

Balada Mahasiswa Teknik [SUDAH TERBIT]Where stories live. Discover now