Pembukaan yang Harus Dihindari

161 11 1
                                    

Pembukaan menjadi bagian yang paling fatal dalam setiap karya tulis. Pembukaan menjadi penentu apakah pembaca akan terus tinggal atau pergi. Pembukaan menjadi wajah yang memperlihatkan apakah bagian lain dalam karya kita layak dibaca atau tidak. Terutama dalam novel dan karya fiksi lainnya.

Jika pembukaan saja sudah tidak menarik, pembaca akan pesimis melanjutkan cerita kita lebih jauh. Padahal mungkin saja konflik cerita kita benar-benar menarik, tapi kerena pembukaan yang membosankan, semua itu jadi sia-sia.

Nah, berikut ini beberapa tips pembukaan yang harus kalian hindari dalam karya tulis. Terutama Fiksi.

🌻🌻🌻

1. Bangun Tidur dan segala kegiatannya

KRIIINNNGGG. suara alarm membangunkan si Siti yang sedang tertidur pulas. Siti pun bangun dari kasur, dan mandi, lalu dandan, kemudian merapikan rambut. Setelah selesai, Siti pun turun dari kamarnya dan sarapan bersama mama dan papanya ....

Huft ... Ketahuilah, pembukaan seperti itu adalah dosa besar yang bisa menjerumuskan penulis ke berbagai kesialan.

1. Naskah akan langsung dibuang oleh editor.

2. Pembaca kabur akibat kebosanan.

3. Diledekin mainstream.

4. Berpotensi dituduh plagiat, dan sebagainya.

Kenapa begitu? Imgat, pembukaan seperti ini membosankan, tidak memikat, bertele-tele, mainstream, dan sangat gak bermutu, Siapa juga yang peduli apa kegiatan orang di pagi hari?

🌻🌻🌻

2. Terlambat bangun

Ini tidak jauh berbeda dengan yang pertama. Hanya saja lebih spesifik, karena si tokoh terlambat bangun dan kegiatan selanjutnya pun dia lakukan secara tergesa-gesa. Lantas, apa yang terjadi saat tokoh terlambat bangun?

Benar ... tidak boleh masuk oleh satpam sekolah, adegan memohon masuk, tapi tetap tidak boleh, dan akhirnya bertemu "penyelamat".

Mainstream sekali ....

🌻🌻🌻

3. Deskripsi yang Terlalu Detail

Mendeskripsikan sesuatu secara detail memang bagus, tapi juga berpotensi membuat pembaca mual akibat terlalu banyak informasi, apa lagi jika diletakkan di pembukaan cerita.

Misalnya kalian mendeskripsikan suasana pagi hari sebanyak 400 kata tanpa henti, saking detailnya. Besar kemungkinan pembaca akan melewati semua penjabaran itu karena bosan.

🌻🌻🌻

4. "Pada zaman dahulu ...."

Ini sudah sangat jelas. Hanya dongeng anak-anak yang memakai pembukaan seperti ini. Selain tidak kreatif, pembukaan begini membuat cerita kalian akan cepat dilupakan.

🌻🌻🌻

5. Penjabaran Dunia, Planet, Kerajaan, DLL

World building memang sangat keren. Namun, jangan sekali-kali menjabarkan dunia buatan kalian secara detail di awal cerita. Pembaca belum mengerti apa pun dan mereka tidak akan peduli apa saja yang kalian jelaskan, bahkan bisa saja semua itu tidak mereka baca.

Jabarkan dunia kalian secara bertahap, dengan begitu pembaca tidak akan merasa digurui.

🌻🌻🌻

6. Biodata dan latar belakang tokoh

Namaku Impy, aku anak 20 tahun yang cantik, putih, mancung, glowing, serta pintar. Aku lulusan S2 di Universitas Khayalan. Ayahku seorang dokter, ibuku seorang wanita. Rambutku sepanjang mata kaki, dan mataku berwarna abu-abu ....

TIDAK

ADA

YANG

PE

DU

LI!

Semua informasi itu tidak penting, dan tidak memberi alasan kepada pembaca untuk terus membaca cerita kalian. Deskripsi tokoh bisa kalian sebutkan seiring cerita berjalan. Saat-saat di mana pembaca sudah peduli dan ingin mengenal tokoh kalian lebih dekat.

🌻🌻🌻

7. Mengatakan Bahwa Kisah Kalian adalah Nyata

"Kisah ini benar-benar terjadi saat usiaku 5 tahun ...."


Ekhem ... terus? Apakah memberitahu informasi tersebut otomatis membuat cerita kalian menarik? Tidak juga.

Buat saja dulu cerita yang menarik. Tidak peduli apakah itu kisah nyata atau bukan, jika pembaca menyukainya mereka akan menyukainya. Lagi pula, tidak semua hal yang "kisah nyata" itu menarik, tahu!

🌻🌻🌻


Nah, itu dia beberapa tips yang mungkin berguna untuk kalian sehingga tidak jatuh ke lubang yang sama sepertiku. Benar ... aku juga pernah memakai semua pembukaan di atas. Dahulu sekali sebelum mengenal dunia menulis lebih jauh.

Pembukaan menjadi elemen yang sangat penting, jika kalian sudah bisa membuatnya dengan baik, dijamin seterusnya cerita kalian akan semakin bagus. Tetaplah terbuka dengan kritik dan saran, niscaya kalian akan menjadi penulis yang baik.

Sekian dan sampai jumpa di kesempatan berikutnya ^o^/

🌻🌻🌻

Follow Impy di : Impy_Island

All About WritingWhere stories live. Discover now