Tips Membuat Judul

134 11 0
                                    

Judul adalah hal yang paling krusial pada sebuah novel. Setelah susah payah menyelesaikan cerita, membuat judul bisa menjadi hal yang lebih sulit lagi. Nah, Impy di sini akan memberi sedikit tips yang mungkin bisa menginspirasi kalian untuk membuat judul yang good

🌻🌻🌻

1. Gunakan Nama Barang yang Penting

Jika di dalam cerita kalian mengandung sebuah barang penting yang menjadi benang merah atau sering disebutkan dalam cerita. Hal itu bisa dipertimbangkan sebagai judul dalam cerita. Misalnya, "Pedang Raja Arthur" atau "Buku Harian Vera" atau "Sepatu Merah" dan lain sebagainya.

2. Gunakan Nama atau Peran Si Protagonis

Apakah peran protagonis kalian dalam cerita? Mungkin dia seorang kesatria atau prajurit. Kalian bisa gunakan judul "Kesatria dari Silverwall" atau "Prajurit Angkasa". Mungkin dia seorang raja, kalian bisa memberikan judul "Raja dari Camelot". Atau malah protagonis kalian hanya pelajar biasa, maka kalian bisa menggunakan "Siswa Abadi" (agak menyedihkan memang ... tapi kalian dapat intinya, 'kan?)

Bahkan kalau mau lebih simple lagi, gunakan saja nama protagonis kalian. Seperti "Harry Potter" atau "Peter Pan" atau "Christopher Robin", dan masih banyak lagi contohnya. Pastikan saja nama protagonis kalian tidak sama dengan contoh-contoh di atas.

3. Gunakan Konsep, Tema, atau Garis Besar Cerita

Ini mungkin menjadi metode yang paling sulit, karena biasanya setiap cerita tidak hanya mengangkat satu tema atau konsep saja. Namun, jika direnungkan lebih jauh kalian pasti bisa menemukan garis besarnya. Contoh seperti "Alice in Wonderland" petualangan Alice sangat panjang dan beragam di Wonderland, ada Ratu Hati, ada Ratu Putih, ada Jabberwocky, dan lain sebagainya, tapi semua itu terjadi di Wonderland yang menjadi garis besar cerita.

4. Selesaikan Dulu Kisahnya

Terkadang cerita hadir berkat sebuah judul, tapi tak jarang sebuah konsep abstrak harus diselesaikan sebelum dibuatnya judul yang pas. Rampungkan dulu cerita tersebut, maka kalian akan lebih mudah menentukan judul. Jangan terburu-buru menentukan. Tidak ada yang menekan kalian, santai saja.

5. Gunakan Kata yang Sederhana

Usahakan membuat judul dengan kata yang sederhana, mudah dilafalkan, dan ringkas. "Miss Peregrine's Home For Peculiar Childern" akan lebih sulit diingat daripada "Brave" atau "Frozen". Jangan juga menggunakan kata-kata yang sulit dilafalkan seperti "Gumusservi" atau "Sprezzatura" dan lain sebagainya.

6. Pilih Kata yang Lebih Spesifik

Daripada membuat "Seikat Bunga" lebih baik diubah menjadi "Seikat Lily", pembaca akan lebih tertarik ingin mengetahui kenapa kalian menggunakan bunga lily sebagai judul, serta apa makna yang ingin kalian sampaikan dalam kisah tersebut.

7. Carilah Makna Ganda

Makna ganda dalam artian sesuatu yang melenceng dari arti sesungguhnya sehingga membuat makna baru. Seperti misalnya salah satu buku terbitan Belia Bentang berjudul "Happy Birth-Die" atau salah satu cerpenku yang berjudul "Twinzone".

8. Jangan Spoiler

"Istriku Adalah Musuh Bebuyutanku Semasa SMA" atau "Suamiku Ternyata Anak Angkat Mantan Suamimu". Dua contoh di atas tidak memberikan ekspetasi apa pun lagi kepada pembaca. Apa konflik yang menjadi efek kejut kalau semua konfliknya sudah ada pada judul, bukan? Judul adalah salah satu media penarik pembaca yang paling mutakhir, buatlah sebagus mungkin, tapi tanpa membeberkan seluruh isi cerita.

9. Gunakan Bahasa Asing

Percayalah, kata-kata paling sepele di bahasa kita mungkin terdengar lebih keren jika diubah ke bahasa lain. Bukan cuma Inggris, kalian bisa gunakan bahasa dari seluruh dunia, asalkan itu cocok, enak didengar, serta mudah dilafalkan.

10. Buat Daftar Potensi Judul

Ide bisa datang dari mana saja dan kapan saja. Ada baiknya segala ide yang masuk kepala, kalian tuang dalam tulisan. Buat daftar dan lakukan sendiri seleksi, mana yang cocok untuk menjadi judul akhir. Kalian juga bisa meminta pendapat dari teman atau keluarga, tanyakan pada mereka mana judul yang paling menarik dari daftar yang sudah kalian buat. Dengan begitu proses pembuatan judul akan lebih mudah.

Sekian Tips Membuat Judul dari Impy. Selamat menulis \^o^/

🌻🌻🌻

All About WritingOn viuen les histories. Descobreix ara