Tips dan Trik Menciptakan Tokoh yang Baik untuk Menarik Minat Pembaca

161 10 0
                                    

Assalammu'alaikum semua,  maaf terlambat ya tadi ada acara lainnya

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Assalammu'alaikum semua,  maaf terlambat ya tadi ada acara lainnya.  Salam kenal semua,  nama saya Syafila/Safila/Fila. Saya pengarang novel Ana Uhibbuka Fillah, Ustaz 😊

Baik, Bismillah. Sebelum ke materi kita harus tau dulu apa itu karakter atau tokoh. Menurut Wikipedia "Karakter atau watak adalah sifat batin yang memengaruhi segenap pikiran, perilaku, budi pekerti, dan tabiat yang dimiliki manusia atau makhluk hidup lainnya. Menurut Nurcholish Madjid manusia pada hakikatnya memiliki dua sifat yang bertentangan."

Salah satu tanda bahwa karakter dalam suatu novel telah sukses dibentuk dengan baik adalah saat karakter tersebut melekat dalam ingatan pembaca dan dapat digambarkan dengan jelas oleh pembaca.

Tips menciptakan karakter atau tokoh yang menarik pembaca.

1. Berikan nama untuk karakter. Tanda pengenal untuk karakter adalah nama mereka, Carilah nama yang cocok dengan latar belakang karakter dan tidak terlihat aneh jika dihubungkan dengan peran dan posisinya.

2. Berikan usia. Usia pada karakter sangat di perlukan untuk mengenalkan karakter itu sendiri. Untuk usia tidak harus dikatakan langsung usia berapa,  tapi kamu bisa menentukan apakah karakter tersebut itu bayi,  balita, anak-anak,  remaja,  ataupun dewasa.

3. Ciptakan tanda yang khas atau bekas luka pada karakter Anda. Bekas luka berbentuk sambaran petir di dahi Harry Potter adalah contoh yang bagus dari tanda khas yang menunjukkan kepribadiannya dan menjadikannya unik.

4. Tentukan latar belakang dan kelas sosial karakter. Status sosial karakter dalam kehidupan akan memengaruhi bagaimana ia bereaksi terhadap kejadian sehari-hari.

5. Gambarkan fisik karakter seperti apa warna rambut,mata karakter Anda, tinggi dll. Penting untuk menetapkan karakteristik fisik karakter Anda, terutama warna rambut dan mata. Sering kali, deskripsi karakter berfokus pada warna rambut atau mata dan detail ini dapat membantu memberi isyarat kepada pembaca bahwa karakter berasal dari latar belakang etnis dan penampilan tertentu.

6.Ciptakan tanda yang khas atau bekas luka pada karakter Anda. Bekas luka berbentuk sambaran petir di dahi Harry Potter adalah contoh yang bagus dari tanda khas yang menunjukkan kepribadiannya dan menjadikannya unik.

7. Perhatikan gaya berpakaian karakter. Pakaian dapat menjadi cara yang jitu untuk memperlihatkan lebih dari sekadar kepribadian dan preferensi karakter kepada pembaca. Karakter yang mengenakan kaus punk, celana jin hitam, dan Doc Martens akan menimbulkan kesan sebagai karakter pemberontak, sementara karakter yang mengenakan sweter dan sepatu kulit menimbulkan kesan sebagai karakter yang lebih konservatif. Jelaskan secara spesifik saat Anda mendeskripsikan pakaian karakter, tetapi jangan mengulangnya terlalu sering dalam narasi. Membangun gaya berpakaian karakter sekali saja akan menciptakan gambaran yang jelas dalam pikiran pembaca yang dapat mereka rujuk kembali.

8.Tentukan latar belakang dan kelas sosial karakter. Status sosial karakter dalam kehidupan akan memengaruhi bagaimana ia bereaksi terhadap kejadian sehari-hari.

Kelas Literasi OnlineTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang