Tips Menulis Cerita Remaja Dengan Konflik & Pesan Moral Baik

243 14 0
                                    

Salam kenal semuanya

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Salam kenal semuanya. Aku cut putri atau cutputrikh. Senang kenalan sama kalian. Oke dehhh kita langsung masuk aja ya ke tema kita hari ini.

"Tips menulis cerita cinta remaja dengan konflik dan pesan moral yang baik."

To be honest, aku tidak terlalu seberilmu itu dalam dunia kepenulisan. Tidak bermaksud sok tahu, aku cuma ingin membagikan pengetahuan berdasarkan pandangan dari aku pribadi dalam menulis cerita. Benar atau salahnya, kalian yang menilai.

Sekarang, mulai banyak banget orang yang mulai nulis cerita di wattpad, atau segala macam bentuk platform lainnya. Dan genre yang paling sering aku temui, dan menurutku banyak digemari kebanyakan itu salah satunya cerita cinta remaja. Novel cerita cinta remaja ini popularitasnya semakin lama semakin berkembang, berikut juga pasarnya yang semakin besar. Karena itu juga banyak banget orang, yang suka nulis dengan mengambil tema itu. Anyway, gimana caranya menulis cerita cinta remaja yang baik? Dengan konflik dan pesan moral yang baik juga tentunya. So, here we go!

1. Sering-sering baca cerita bertema cinta remaja

Kenapa harus sering baca? Karena semakin kita sering membaca cerita-cerita dengan genre tersebut, kita semakin bisa lebih paham dengan genre cinta remaja itu. Kita bisa mempelajari teknik-teknik menulis penulis cerita cinta remaja itu. Semakin banyak sering baca, semakin sering nambah wawasan. Inget ya, dipelajari, bukan diplagiati. Kita boleh ikutin teknik penulis itu gimana caranya dia menuang tulisan cinta remaja dalam tulisan, lalu kita kembangkan dengan teknik tulisan ala kita sendiri. Jadi, sering-seringlah membaca.

2. Analisis karakter tokoh utama dan orang yang ia cintai

Kamu harus tau bagaimana pengembangan tokoh utama dalam cerita kamu. Kalau dimulai dari induknya, kamu bisa catat watak atau sifat yang ingin kamu lihat pada karakter-karakter utama. Usahakan jangan sampai out of character, karakter mereka perlahan melenceng di tengah-tengah atau akhir. Usahakan tokoh utama mempertahankan karakternya dari awal. Lalu, kamu bisa buat kedua karakter utama itu memiliki sifat yang bertentangan namun saling melengkapi.

3. Ciptakan konflik atau ketegangan

Cerita cinta yang bagus harus memiliki konflik dan ketegangan. Konflik sendiri merupakan masalah yang ditimbulkan penulis untuk membuat cerita tetap bergerak. Kehadiran konflik ini sangat penting, karena merupakan nyawanya sebuah cerita.

Memang, bikin konflik kadang memusingkan. Apalagi untuk penulis pemula yang masih membutuhkan banyak pertimbangan untuk menulis. Maklum aja, karena mengolah konflik menjadi sesuatu yang “greget” itu nggak mudah. Sering-sering aja banyakin latihan untuk bisa membaca hal-hal di sekitar kita, yang bisa dijadiin sebagai konflik dalam cerita.

Beberapa tips dalam membuat konflik yang baik

A. Coba dengan konflik ringan/kecil

Konflik kecil ini nggak harus dipikirkan secara mendalam. Semakin banyak konflik kecil yang nyaris nggam terlihat, maka semakin banyak bahan tulisan yang bisa digarap dan dikembangin. Intinya hanya harus mengingat apa saja konflik-konflik kecil yang terjadi pada tiap bab atau beberapa paragraf.

Kelas Literasi OnlineTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang