Author's Note

2.6K 163 79
                                    

Dear readers,

I'm still alive. Bagi yang masih menunggu kelanjutan cerita Mbak Nattaya mohon bersabar. Ceritanya bakal dilanjutin, kok. Sekarang masih dalam proses penulisan. Maaf kelamaan digantung karena terlalu banyak drama di dunia nyata yang memengaruhi kesehatan fisik dan mental. So, I need to working on myself. I want to heal myself.

Beberapa waktu lalu aku sakit di bagian perut, hingga dada, sampai susah kalau mau bernafas dalam, susah gerak dan enggak bisa tidur. Pas ke dokter penyakit dalam langganan (sekarang spesialisasinya endokrin) ditensi tekanan darah 140/90. Seumur hidup belum pernah punya tekanan darah setinggi itu. Kata dokter mungkin karena panik jadi tekanan darah naik. Terus, setelah diperiksa dokter diagnosanya aku kena GERD (gastroesophageal reflux disease) karena cemas (GERD anxiety). Dulu aku pernah sakit perut hingga sesak nafas sampai masuk IGD. Diagnosa dokter IGD aku kena GERD. Habis itu aku ke dokter penyakit dalam yang sama, dia bilang sakitnya karena stres. Emang belakangan ini GERD-ku sering kambuh, tapi enggak sampai menyiksa yang susah gerak, susah tidur.

Dokter menyarankan untuk olahraga atau berkebun. Adik ngasih saran kenapa enggak nulis aja. Writing is one of my passions. Kuliah ada hubungannya dengan tulis-menulis. Beberapa kali kerja yang ada hubungannya dengan tulis-menulis. So, here I am. Setelah berbulan-bulan hiatus, I'll be back soon.

Buat sesama pejuang GERD anxiety please share your story. Mungkin kita bisa bikin support group. I believe there is someone for everyone. I'm not talking about jodoh, but I'm talking about support system. Mereka bisa siapa saja, keluarga, teman atau orang yang dikenal di dunia maya. Orang yang bisa menerima dan memahami tanpa menghakimi dan mengecilkan perasaanmu.

Sebenarnya, selain GERD, aku masih punya dua masalah kesehatan lain yang berhubungan dengan hormon dan kurang tidur. Sampai pernah ditawari obat tidur sama dokter. Berhubung takut kalau kecanduan, jadi kutolak. Bukan penyakit berbahaya, tapi memengaruhi self-esteem. Adakah yang sering terbangun tengah malam, terus susah tidur? Kalau ada, apa yang kamu lakukan biar bisa tidur? Please share, because sharing is caring.

Sambil menunggu kelanjutan cerita Nattaya, bisa baca cerita baruku. Kali ini kumpulan cerita pendek. Proyek iseng-iseng gaya bebas. Satu lagi cerita yang full romance, tapi baru prolog dulu. Let's see apakah aku bisa nulis cerita full romance. Yang pengin baca bisa cek di work-ku. Pengin nulis teen-fiction juga, tapi lulus SMA udah jaman jebot. Jadinya, enggak konek sama remaja jaman sekarang.

Makasih buat pembaca yang masih setia menunggu.

Note:

The Beatles' song "Here Comes the Sun" is my happy tune right now. Buat yang lagi sedih, stres, cemas karena masalah kerjaan, sekolah atau dirumahkan karena corona, semoga lagu ini bisa memberikan motivasi.

Jangan lupa bahagia. Selalu jaga kesehatan. Rajin mencuci tangan. Pakai masker. Ikuti protokol kesehatan yang diberlakukan pemerintah. Bertanggung jawab pada diri sendiri artinya kita bertanggung jawab pada orang lain. See you soon.

Kamu telah mencapai bab terakhir yang dipublikasikan.

⏰ Terakhir diperbarui: Aug 16, 2020 ⏰

Tambahkan cerita ini ke Perpustakaan untuk mendapatkan notifikasi saat ada bab baru!

Young and RestlessTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang