9.

15 3 5
                                    

Karena gua besok ada ujian, jadi gua mau cerita hal yang singkat aja hari ini.


Gua itu punya temen deket, kita panggil aja dia Savage ya, karena gua enggak pernah punya nickname buat bocah satu ini. Dia itu sejak dulu gampang banget minjemin uang ke orang. Bahkan pas orang yang minjem itu make alasan yang enggak masuk akal buat minjem alias udah jelas-jelas kalau alasannya itu karangan, si Savage tetap aja minjemin uangnya. Tapi dia enggak pernah nagih. Jadi ada banyak banget orang yang minjem ke dia tapi enggak pernah ngembaliin.

Sampai suatu saat gua geram banget ngeliatnya. Enggak terima dong gua, temen gua kok kaya dimanfaatin gitu. Mentang-mentang dia selalu minjemin, terus orang yang minjem seenaknya enggak pernah ngembaliin. Tapi juga enggak mungkin dong kalau gua yang nemuin itu orang-orang terus minta mereka ngembaliin uang si Savage, enggak ada hak lah gua, adanya sneaker.

Jadi ya gua Cuma bisa ngedesak si Savage buat nagih utang orang-orang yang minjem uang ke dia. Dan jawaban Savage ke gua mengubah pandangan gua ke dia 180 derajad. Kalau kalian dari cerita di atas berpikir bahwa anak ini adalah sosok yang baik sekali, selamat, kita sama-sama ketipu.

"Nanti aja. Di akhirat. Jaga-jaga kalau timbangan gua kurang."

Itu jawaban si Savage pas gua nyuruh dia nagih utangnya.

Pesan moral di sini, kalau punya utang gua saranin lu catet, lu inget-inget, dan jangan lupa lu bayar. Karena gua yakin, orang kaya si Savage enggak cuma satu di dunia ini. Daripada lu dikulitin di akhirat, mending lu lunasin utang di dunia yang masih bisa pakai rupiah, ya 'nggak? kalau gua sih iya, ogah bener pahala gua diambil gegara utang yang enggak lunas. Na'udzubillah.


Semoga kita yang masih punya hutang-hutang ini dipermudah Allah untuk melunasinya ya, biar tidak ada lagi tanggungan di akhirat. Aamiin.

Let Me Tell You Stories I Ever HeardWhere stories live. Discover now