prolog

238 94 18
                                    

Dear the old me,
Apapun yang ada didepanmu, kamu harus mengikhlaskan itu dan kamu harus tau, seberapa hebat dan besarnya musuhmu tidak akan bisa berhasil menjatuhkanmu kalau itu memang bukan kehendak Tuhan. Tuhan tidak mungkin memberi kehendak yang berupa kecelakaan untukmu, jadi kalau kamu merasa dijatuhkan, Tuhan cuma menginginkan dirimu menjadi lebih bergantung pada-Nya dan Tuhan mau kamu tahu kalau dalam keadaan apapun Tuhan tidak pernah meninggalkanmu.

Ingat ya, Tuhan tidak akan memberi ular beracun pada anak yang meminta roti, tetapi bisa saja Tuhan mengubah ular beracun menjadi roti pada anak yang meminta. Tuhan juga tidak mungkin memberimu cobaan yang melebihi kemampuanmu. Justru cobaan itulah yang membuatmu lebih percaya akan adanya mujizat. Kamu harus ingat, jangan sedih kalau kamu merasa hatimu disayat-sayat karena berlian harus disayat supaya jadi berkilau.

Aku tahu mungkin kamu sudah tidak ada semangat untuk meraih sukses, tapi memang mungkin bukan kamu yang ingin menjadi orang hebat, melainkan Tuhan ingin membuktikanmu kalau dirimu lebih kuat dibandingkan yang kamu bayangkan.

Oh ya, banyak-banyaklah mengampuni orang dan jangan dendam. Balas dendam hanya akan mengotori dirimu sendiri dengan dosa akan kebencian masa lalu yang pada dasarnya tidak bisa diubah. Ikhlaskanlah, supaya kamu damai dan diapun punya kesempatan untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Jangan pernah merasa kamu tidak berharga, karena tanpa kamu sadar kamu adalah mujizat. Kenapa? Karena mustahil bagi manusia untuk memberi hembusan napas kehidupan dari tanah, hanya Tuhan lah yang mampu berbuat seperti itu. Tidak usah iri kepada orang lain, karena sesungguhnya Tuhan menciptakan manusia sudah baik, menurut kehendak-Nya. Semoga dengan menghapus rasa iri, kamu bisa menjadi lebih sportif dalam proses mengubah dirimu menjadi orang yang lebih bermakna.

Jangan pernah menyesal atas apapun. Karena sebesar apapun rasa penyesalanmu itu tidak bisa mengubah masa lalu yang telah lewat. Apalagi menyesal karena teman atau pacar. Ingat yah, manusia bisa berubah 180° dalam waktu singkat, tapi percayalah, Tuhan akan menggantikan mereka dengan orang yang lebih baik lagi.

Yang terakhir, jangan pernah menyerah dengan semua ini, karena aku percaya walaupun kamu menangis setiap hari, sebenarnya itulah cara agar kamu tambah kuat setiap hari. Dan walau kamu bangun dengan sakit hati, tapi kamu masih diizinkan Tuhan bangun dan melihat betapa indahnya hari ini.
Disetiap peristiwa yang buruk, ada sesuatu yang baik yang Tuhan siapkan setelah itu. Jangan khawatir sebab Tuhan yang paling hebat dan sempurna.

Sincerely,
Me.

God Sees My StrengthWhere stories live. Discover now