Bagian 2 - Kepala Keamanan

86 5 2
                                    

Seperti yang kalian ketahui aku dulu selalu jadi kepala keamanan dikelas.

Tugas ku adalah untuk melindungi dan menjaga ketertiban di kelas, selalu mengawal bendahara apabila sedang menagih uang kas, memastikan bahwa semua regu piket melaksanakan tugasnya dengan baik dan menjadi pemisah antara dua kubu yang sedang bertengkar karena berebut tempat duduk yang paling depan, karena dikelas ku siapa yang duduk paling depan dan paling rapi akan diperbolehkan untuk pulang duluan dibanding yang lainnya.

Pasti kalian dulu juga pernah untuk saling berlomba siapa yang paling rapi dan tenang duduknya akan pulang duluan kan? jika tidak pernah sungguh masa sd kalian hambar hehehe. Mendapatkan jatah pulang duluan sangatlah menyenangkan bagi anak sd, yaitu dimana kalian bisa sampai rumah lebih cepat dari teman-teman kalian dan bisa menonton acara benteng takesi lebih lama di televisi.

Sebenarnya menjadi kepada keamanan cukup menyenangkan bagiku, aku yang memiliki badan yang besar layaknya Ade Rai tapi versi anak sekolah dasar bisa menjadi seorang pahlawan apabila ketika guru sedang mengajar dikelas dan ada murid yang berisik dikelas.

Waktu itu sedang ada pelajaran bahasa Inggris dikelas, dan aku sudah naik kelas 5.
Ibu Aminah atau sering dipanggil miss Amin sedang mengajar dikelas pada hari Rabu sekitar jam 09.00. Miss Amin mengajar bahasa Inggirs tentang grammar dikelas, supaya kita kalau bertemu bule tidak hanya bisas berbicara "yes" "no" "i dont now babar blass".

"Good morning student" miss Amin menyapa.
"Morning miss" semua murid menjawab.
"How are you today?"
"Iam fine thank you, and you?"
"I'm fine too thank you"

Selalu itu kata-kata yang diucapkan ketika miss Amin masuk kelas dan mulai mengajar.
Ya sebenarnya tidak salah juga jika ia mengatakan kata itu terus, tapi yang  jadi masalah adalah ketika kita para murid ditanya "how are you today?" pasti jawabannya adalah "iam fine thank you,and you" karena kita tidak ada pilihan jawaban lain selain kalimat itu.

Pernah waktu itu Bekjur masuk sekolah dengan keadaan sakit, tetapi dia tetap masuk sekolah. Wajahnya yang nampak pucat dan beberapa kali dia batuk menunjukan bahwa dia sedang sakit flu, alasannya dia berangkat sekolah adalah karena bahasa Inggris sedang ada ulangan harian dan jika tidak masuk akan mengikuti ulangan harian susulan dan mengerjakannya harus di ruang guru yang dimana seluruh gerak gerik mu akan selalu terpantau.

Saat miss Amin membagikan kertas soal ulangan tersebut, semua nampak tegang karena bab bahasa Inggirs ini sulit dan sebelum mengerjakan soal semua murid diminta untuk membaca doa terlebih dahulu agar dilancarkan waktu pengerjaan dan tidak ada yang saling bercocok tanam jawaban. Saat ku coba lihat dan baca soalnya secara keseluruhan betapa kagetnya aku dan reflek beristigfar.
"Astaghfirulllahaladzim soall model uooopooooo ikiiiii?" yang artinnya astaghfirulllahaladizm soal macam apa ini?.
Soalnya sangat lah sulit, semalam ketika aku belajar rasanya sia-sia sajah karena tidak ada satu pun yang keluar pada soal. Di tambah lagi kalau miss Amin sedang mengawasi ulangan harian/ujian semester sangat lah ketat seperti pendaftaraan cpns.

Yang bisa ku lakukan hanyalah mengisi form nama, nomor absen, dan mata pelajaran. Setelah mengisi form aku hanya menengok kanan, kiri, bertanya depan belakang dan memasang muka melas mengharap belas kasihan kepada teman berharap ada yang bisa menolongku. Tapi hasilnya nihil teman-teman ku tidak berani memberikan jawabannya kepadaku karena takut ketahuan miss Amin, aku hanya bisa pasrah menghadap kertas jawaban yang masih putih bersih seperti pantat bayi.

Sedangkan Bekjur yang dari tadi mengeluarkan suara batuk dengan tempo yang padat membuat miss Amin menghampirinya dan bertanya.

"Bekjur you look pale, how are you today?" miss Amin bertanya kepada Bekjur karena melihat wajahnya yang pucat
Karena Bekjur tidak bisa berbicara bahasa Inggirs kalau dia sedang sakit maka dia mengatakan hal yang sering dikatan dikelas apabila mendapatkan pertanyaan "how are you today?".
"Iam fine miss thank you, and you?" suara Bekjur terdengar serak.

Balada Ketua KelasWhere stories live. Discover now