Profil,Biodata,& Fakta

1K 26 0
                                    

SHINee(샤이니) adalah boy grup asal Korea Selatan yang dibentuk olehSM Entertainment. SHINee awalnya terdiri dari 5 anggota Onew, Jonghyun, Key, Minho dan Taemin. Tapi, pada tanggal 18 Desember 2017, Jonghyun meninggal dunia. SHINee debut pada tanggal 23 Mei 2008 dengan album mini pertama bertajuk ‘Noona Neomu Yeppeo (Replay)’. Namun, debut paggungnya baru pada tanggal 25 Mei di panggung SBS Inkigayo membawakan lagu “Reply”. Pada bulan Juni, SHINee mendapatkan penghargaan pertamanya dalam ajang “Cyworld Digital Music Awards” untuk kategori ‘Rookie of the Month’. Kemudian dibulan Agustus, mereka kembali mendapatkan penghargaan kategori “Hot New Star” di Mnet 20’s Choice Awards 2008. Sukses besar, SHINee langsung mengeluarkan album penuh pertamanya bertajuk ‘The SHINeeWorld’ yang di rilis pada tanggal 1 September 2008. Pertengahan bulan November, mereka kembali menyabet penghargaan di Mnet Asian Music Awards yang ke-10 untuk kategori “Best New Male Group”.

Setelah sukses dengan album pertamanya dan meraih banyak penghargaan, SHINee kembali merilis album mini kedua berjudul ‘Romeo’ pada 25 Mei 2009 dan album mini ke-3 ‘2009, Year Of Us’ pada 19 Oktober 2009 dengan pemimpin track “Ring Ding Dong”

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Setelah sukses dengan album pertamanya dan meraih banyak penghargaan, SHINee kembali merilis album mini kedua berjudul ‘Romeo’ pada 25 Mei 2009 dan album mini ke-3 ‘2009, Year Of Us’ pada 19 Oktober 2009 dengan pemimpin track “Ring Ding Dong”. Di akhir tahun, mereka kembali meraih penghargaan category “Popularity”di Golden Disk Awards bersama dengan Super Junior dan di bulan Februari 2010, mereka mendapatkan “Bonsang Awards” di Seoul Music Awards ke-19.

Pada tanggal 19 Juli 2010, mereka comeback dengan album penuh kedua berjudul ‘Lucifer’. Beberapa jam setelah dirilis, album mereka merajai beberapa tangga musik di Korea. Tiga bulan kemudian mereka promosi lagu “Hello” yang merupakan bagian dari repackage album sebelumnya. Tak hanya di Korea, SHINee juga debut di Jepang pada tahun2011. Album mini keempat Sherlock diluncurkan pada 21 Maret 2012. Album penuh SHINee ke-3 dirilis dengan 2 versi.Pertama, Dream Girl – The Misconceptions of You pada 19 Februari2013. Sedangkan bagian keduanya, WhySo Serious? – The Misconceptions of Me baru dirilis pada 29 April 2013.

Kurang lebih satu setengah tahun, SHINee tidak merilis sebuah lagu baru karena kesibukan masing-masing anggota, akhirnya SHINee kembali merilis album keempat berjudul ‘Odd’ yang rilis pada 18 Mei 2015 dengan pemimpin track “View”. Kemudian, album mini repackagenya ‘Married to theMusic’ baru diluncurkan pada tanggal 3 Agustus. Di album ini total lagunya ada 15 lagu, 11 lagu dari album ‘Odd’ dan empat lagu baru.

Pada tanggal 5 Oktober 2016, SHINee akhirnya comeback dengan mengeluarkan album ke-5 berjudul 1 Of 1. Album ke 5 ini berisikan total 9 buah lagu, dengan lead track “1 Of 1”. Kemudian dibulan September, mereka menggelar konser solo kelima bertajuk ‘Shinee World V’ di Seoul. Pada tanggal 22 Februari 2017, SHINee meluncurkan album Jepang kelimanya berjudul ‘Five’ dan menggelar tur disana dari Januari sampai akhir bulan April 2017. Masih ditahun yang sama, kabar mengejutkan dari salah satu anggota SHINee yaituJonghyun. Bukan kabar baik atau comeback solo, melainkan kabar buruk. Dia ditemukan meninggal pada tanggal 18 Desember 2017 di rumah singgah yang terletak di Gangnam, Seoul karena keracunan gas monoksida. Pemakamanya digelar secara tertutup dan hanya dihadiri oleh keluarga dan koleganya saja.

Nama Grup : SHINee (샤이니)Label : SM EntertainmentJumlah Anggota : 4Mantan Anggota : Jonghyun (Meninggal)Debut : 25 Mei 2008Lagu Debut : ReplyFanclub : SHAWOLWarna : Pearl Aqua

Biodata SHINeeWhere stories live. Discover now