Beradab sebelum berilmu

25 2 0
                                    

*_Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarakatuh_*

"Ahmad kemarin dijewer sama Ustadz. Soalnya ketahuan main-main ke kelas sebelah!" Begitu Muhammad mengadu kepada Umi perihal adiknya yang mendapat hukuman dari guru ngaji. Muhammad dan Ahmad memang mengaji pada Ustadz yang sama.

Tentu saja aduan ini disampaikan dalam suasana yang sangat cair, dan disambut gelak tawa seluruh anggota keluarga termasuk si Ahmad sendiri dan saya yang kebetulan ikut mendengar.

Bagi saya, salah satu bentuk kasih sayang seorang guru kepada muridnya adalah dengan memberi peringatan. Karena mengingatkan itu menunjukkan adanya perhatian.

Pun salah satu bentuk ketaatan seorang murid kepada gurunya adalah menerima dengan senang hati segala bentuk peringatan dari beliau.

Karena taat kepada guru adalah akhlak yang tak bisa ditawar lagi bagi setiap penuntut ilmu. Dahulu para ulama memuliakan guru mereka setara dengan memuliakan orang tua sendiri. Alangkah dahsyatnya! Ulama berkata,

"Orang tua adalah penyebab keberadaan kita di dunia yang fana, sedangkan guru adalah penyebab keberadaan kita di surga yang kekal."

Ya Rabb. Benarlah bahwa antara orang tua dengan guru sama mulianya. Siapakah gerangan yang meragukan pernyataan indah di atas?

Maka ketika saya menyaksikan jagoan kecil saya yang nomor dua ini menerima dengan ridha teguran guru ngajinya tersebut, sungguh saya sangat bersyukur karena dalam usia semuda itu ia sudah mengerti bagaimana menghormati gurunya.

Sebait syair yang merdu tiba-tiba terdengar pada kedua telinga saya,

قُـمْ للمعلّمِ وَفِّـهِ التبجيـلا، كـادَ المعلّمُ أن يكونَ رسولا

"Beradablah pada gurumu dan patuhlah, karena seorang guru hampir-hampir berkedudukan seperti rasul."

Hal ini tidak lain karena seolah-olah tugas seorang guru mendekati tugas seorang rasul, yaitu menyeru kepada Allah, mengajak menuju surga, dan menjauhi api neraka.

Semoga Allah mempertemukan kita dan anak-anak kita semua kepada guru-guru yang saleh. Serta menanamkan pada hati ini adab dan akhlak sebaik-baiknya kepada mereka. Aamiin.

⏰ Jangan lupa untuk votecoment juga yah Syukron😍

khasanah islamiWhere stories live. Discover now