Minimalist dan Simple

129 9 2
                                    

Sorry,
Aku bukan mau open RC..  Tapi aku mau jelasin jenis cover yang kalian masih suka salah kalo lagi isi form.

Sebenernya untuk jenis cover yang benar dan sesuai, aku pun nggak tau pasti ya..  Tapi setidaknya aku tau secara garis besarnya jenis cover yg sering di request sama kebanyakan orang. Atau diliat dari cara buat dan hasil covernya.

Nggak mungkin di form untuk request cover itu nggak ada yg namanya 'Jenis Cover'..  Semua lapak Cover Shop (CS) pasti ada.
Sebenarnya setiap lapak CS pasti udah dikasih tau contoh-contoh cover berserta jenisnya. Cuma kenapa ya, masih ada ajaaaaa yang suka salah 😂🤔 mungkin kalian lupa atau sedang lelah? 😅

Pertama,
Genre cerita itu kadang suka berpengaruh bgt sama jenis cover yang kamu pesan. Kamu harus pinter-pinter mencocokkan antara genre cerita kamu dan jenis cover yg kamu mau. Kebanyakan nih ya, teenfict itu lebih cocok sama jenis cover simple or minimalist. Romance? Hampir sama kayak teenfict. Tapi gimana konsepnya. Kalo teenfict lebih ke banyak permainan warna. Tapi kalo romance biasanya yg gelap-gelap dan adem kalo diliat.
Fantasy? Lebih banyak simple sama manipulasi. Horror atau sci-fi lebih sering simple tapi tergantung gambar yg harus disesuain sama isi ceritanya.

Kedua,
Menurut versi aku, minimalist itu ada 2 macem. Ilustrasi sama vector. Tapi kayaknya nggak cuma itu sih. Ada banyak cover yg juga bisa disebut minimalist.

Dan lagi aku nggak tau sebutan orang lain tentang cover kayak gini kayak gitu harusnya apa. Tapi karena ini lapak aku dan bagi kamu yg mau request di sini, jadi ya pake cara aku aja lah..  Wkwk

Eh, tapi kalo di antara kamu ada yg bener2 ngerti tentang jenis cover, share ksni juga gapapa..  Kasih tau kalo aku salah juga gapapa kok..  Seneng malah ada yang mau berbagi pengetahuan..

Langsung aku kasih contoh2nya aja deh ya...

Dari judulnya udah tau kan ya

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.


Dari judulnya udah tau kan ya..  Kalo mau request cover model kayak gitu, jangan sampe salah isi di kolom Jenis Cover itu dengan Minimalist Vector...

Kalo model yg ini, aku bilangnya Minimalist Ilustration..  Sejujurnya aku lebih suka tipe cover yang kayak gini. Lucu-lucu gitu.





Nah, yang ini simple. Kenapa? Karena aku hanya perlu masukin gambar yang dicari di pinterest, terus tinggL tambahin jdul, nama penulis, dll. Atau kalo sekiranya memungkinkan juga bisa di edit sedikit dengan menambahkan efek. Asal jangan berlebihan aja. Namanya juga simple cover...


Sebenernya ini juga simple. Tapi bedanya ada manipulasi sedikit dari cara pembuatannya.
Cover Bangun Cinta, itu sbnernya aku dpt gambarnya cuma ukuran kecil. Jadi aku harus cari cara gimana gambar bisa menuhin satu uk cover wattpad. Jadi atasnya aku clon. Kalo diperhatiin ada perbedaan sama bentuk bangunannya.
Cover Bukan Syurgaku, aku menggabungkan satu gambar cewek menangis dengan satu overlay. Efeknya juga aku tambahin sedikit.
Cover Sindangkasih, aku menyatukan 3 gambar berbeda dalam 1 cover..  Plus efek juga biar 3 gambar itu punya nuansa yang sama.

Sampe sini paham nggak?
Kalo ada yang mau ditanya atau menambahkan, dipersilakan banget kok :)

Sedangkam untuk Cover tipe Manipulasi, yg terbaru aku belum ada contohnya. Ya, karena nggak ada yang request jenis cover tsb. Kalo mau tau, kamu bisa buka lagi part "Contoh Cover" di awal-awal work ini. Di sana ada cukup banyak contoh manipulasi. Dan tipe manip ini lebih cocok ke genre fanfict. Atau fantasy dan horror juga bsa. Tapi ya itu, fanfict pastinya pake manipulasi cover karena bisa menyatukan bias2 yang kamu pakai di cerita kamu.

Ada yang mau request cover?

Tapi aku belum open ya, baru nanya doang, wkwkw
Kalo ada banyak yg mau request, aku bakalan cepet. Sedangkan cuma dikit, opennya nanti-nanti aja, haha

Apalagi ya...

Itu aja deh..

Eh,
Jangan ada yang minta aku buat kasih tutot cover yak,  apalagi vector..  Bukannya males atau apa, hanya saja aku paliiiiiiing nggak bisa yg namanya bikin tutor..  Bingung sendiri aku jadinya.. 
Kalo kalian mau belajar bikin cover, kalian bisa cari di wattpad pake hashtag #tutorialcover #tutorcover #tutorialpicsart .. Pokoknya yg berhubungan dengan itu.
Bisa aja nanya ke aku, tapi kalian harus SS apa yang mau ditanyain..  Aku bingung soalnya kalo cuma sekedar pertanyaan, sementara yg namanya tutorial kan harus dipraktekin gitu..  Kecuali nanya soal materi kepenulisan bisa langsung d jwab kalo aku tau..

Udah deh ya..

Semoga part ini bermanfaat dan nggak biikin kalian salah lagi ketika akan request cover dsni..

Bye bye!!!

Toko Cover (CLOSE) Where stories live. Discover now