FORM

2.3K 105 49
                                    

Sudah rules? 
Langsung isi form guys!

-Judul:
-Sub-judul: (jika ada)
-Nama Penulis: (yang ingin dicantumkan di dalam cover)
-Genre:
-Keadaan : sedih/senang/dll
-Cast: (jika fanfict )
-Ide Cover :
-Background :
-Jenis Cover : (simple/minimalist/manip)
-Sinopsis singkat :
-Uname Wp :

Penjelasan!

Judul,
Di sini isi judul cerita kamu yang akan dibuatkan cover. Udah tau lah ya..  Kalo bisa buat judul jangan panjang-panjang. Susah tauk nge-pasinnya di cover, wkwk

Sub judul,
Isi sub judul. Kalo ada aja, kalo nggak ada yang nggak usah di isi. Dan jangan kepanjangan juga. Mending taro di blub aja kalo panjang. Dari pada bikin cover mending bikin buku diary aja kalo sub judulnya panjang, wkwkw piss ah ✌

Nama penulis,
Kadang di sini banyak yang salah. Pas cover udah jadi pada komplen karena nama penulis salah. Kan udah ada tuh tulisan di dalam kurung (nama penulis yang dicantumkan di cover). Jadi tolong lebih diteliti ya. Uname wp dan nama di cover itu ada yang beda ada yang sama. Okre? 

Genre,
Apa genre ceritamu? Pasti tau kan? Lah kan kamu yang buay ceritanya. Tapi kalo bisa sih lebih spesifik ya. Misalnya romance comedy, happy romance, atau sad romance. Jadi aku juga bisa sesuain sama cover nanti.

Keadaan,
Nah, untuk keadaan ini kan udah ada pilihannya. Yang ditanya bukan keadaan cerita kamu tapi keadaan di cover nanti. Karena keadaan di cover itu beda-beda. Kalo kamu minta keadaan senang,  yaudah aku buatnya nuansa senang. Beda lagi kalo sedih. Nggak mungkin kan cerita teen aku buat keadaan covernya gelap kelam begitu? 

Cast,
Kebanyakan kalo pake cast itu fanfict. Hampir semua. Cast itu kebanyakan karakter artis2 gitu. Tapi ada juga sih yang teen or romance tetep pake cast. Jadi gimana selera aja sih, asal nyambung aja sama genrenya. Jangan genre fantasy tapi cast-nya tukul arwana 😂😂

Ide cover,
Ini yang paling penting. Kasih ide kalo bisa lebih dari 1 biar ada alternatif lain kalo aku nggak bisa bikin ide pertama.
Please, jangan kasih ide yang terlalu rumit. Contoh : cewek lagi nulis di bawah pohon asem terus rambutnya panjang pake poni pake payung dan lagi nangis. Nah lho? Pengen garuk jempol rasanya kalo nemu yang kayak gini 😂😂
Atau jangan kasih ide yang terlalu singkat juga. Contoh : cowok. Nah, ini maksudnya apa?  Cowok lagi jongkok apa lagi mandi?  Tolong diperjelas juga tapi tetep jangan sampe serumi yang tadi.
Ide yang baik cukup kayak gini :
-Cewek sama cowok lagi duduk.
-Seorang ratu di tengah laut.
-Dua anak SMA yang lagi kasmaran.
-Happy Couple.
-Cewek yang lagi sedih di kamar.
Nah, gitu kan enak buat dikerjainnya.

Ide cover vector,
Beda kalo untuk cover vector. Kamu cukup kasih ide mau karakter apa yang di vectorin. Contoh : cewek, cowok, couple,  dua cewek satu cowok.
NOTE : untuk 1 cover maksimal ada 3 karakter yang di vector. Selain nggak bagus kalo terlalu banyak vector dalam satu cover, jari aing juga bakalan ngambek nanti kalo nge-vector kebanyakan 😂😂

Background,
Untuk ini biasanya bagi yang pesan cover vector. Kalian bisa pilih BG kota atau gedung2 gitu atau BG polos tapo tetap kasih tau aku mau warna apa.

Jenis Cover,
Sudah dijelaskan sedikit di part 'Contoh Cover'..  Kalo nggak ngerti bisa tanya. 
Jangan sampai salah. Kalo emang mau cover tolong yang jelas, isinya 'Cover Vector'. Jangan minimalist aja,  karena nanti aku buatnya cuma jenis minimalist tanpa di vectorin.

Sinopsis singkat,
Cukup singkat aja,  jangan panjang2. Nggak usah disamain kayak blurb. Cukup pakai bahasa kamu aja.
Contoh : Rei yang badboy,  dan Mira sebagai cewek nerd. Mereka saling membenci hingga suatu saat ada sesuatu yang membuat keduanya menjadi dekat.
Simple kan? 
Karena sinopsis ini juga bisa jadi ide alternatif di cover.

Uname wp,
Wajib isi ya. Karena dari sini aku langsung cek wp kalian udah rules apa belum. Sekaligus aku cek juga secara berkala untuk STALK kalian memakai cover buatanku atau enggak.

Sejauh ini paham?

Kalo belum paham bisa tanya. Jangan diem aja. Awas masih salah lagi, wkwkwk 😁

Toko Cover (CLOSE) Where stories live. Discover now